Kecerdasan Spiritual, Kepatuhan Peraturan dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Fenomenologi

Authors

  • Ajeng Linda Liswandari Universitas Negeri Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).6219

Keywords:

Kecerdasan Spiritual, Kepatuhan Peraturan, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Penelitian bertujuan mengkaji kecerdasan spiritual, kepatuhan peraturam dan pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi dan melibatkan guru, peserta didik dan guru bimbingan konseling sebagai informan penelitian. Data dikumpulakn dengan wawancara mendalam dan dianalisis menggunakan display data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini adalah peserta didik mematuhi peraturan sekolah berdasarkan teladan yang diberikan oleh guru berikut dengan kekonsistenan penegakan aturan yang dilaksanakan. Kecerdasan emosional peserta didik dapat aberkembang dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan agama Islam yang dilakukan secara konstan dalam kehidupan sehari-hari. Guru pendidikan agama Islam mengembangkan keselarasan kecerdasan spiritual dengan pengetahuan berjalan secara holistik. Di samping itu menyamaratakan hukuman atau sanksi dengan jelas untuk pelanggar Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan spiritual yang dimiliki oleh peserta didik melalui penerapan oleh guru pendidikan agama Islam mampu mengembangkan kepatuhan pada aturan dalam kehdiupan. Penelitian ini berkontribusi dalam mengembangkan pendidikan Islam dalam membentuk kecerdasan spiritual dan kepatuhan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Haris. “Dinamika Kelompok Pendidikan Di Lembaga Pondok Pesantren Jaisyul Quran Nagreg.” Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 9, no. 1, 2021, pp. 45–59, doi:10.30603/tjmpi.v9i1.1923.

Afifah, Anis. “Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Jurnal Kajian Keislaman Dan Pendidikan, vol. 12, no. 1, 2020, pp. 19–35.

Amal, Islakhul, and Diana Rusmawati. “Hubungan School Well-Being Dengan Kepatuhan Menaati Tata Tertib Pada Siswa Smp N 4 Petarukan.” Empati, vol. 8, no. 1, 2019, pp. 49–54.

Amin, Alfauzan, et al. “Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup Dan Budaya Di Sekolah Menengah Pertama.” Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), vol. 1, no. 1, 2019, pp. 96–113, https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/1917.

Annisa, Fadillah. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Disiplin Pada Siswa Sekolah Dasar.” Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, vol. 10, no. 1, 2019, pp. 69–74, doi:10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102.

Anwar, Mohammad Shohibul. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Upaya Pembentukan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Anak SMP.” Journal Of Islamic Education Counseling, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 187–93.

Apud, Apud. “Pengembangan Profesi Guru Madrasah Swasta Di Kota Serang.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 62–79, doi:10.31538/ndh.v5i1.519.

Barlian, Eri. Metodologi Penelitian Kualitati Dan Kuantitatif. Edited by Sukabian, Pertama, Sukabina Press, 2018.

Darmalaksana, Wahyudin. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 2020, pp. 1–6, http://digilib.uinsgd.ac.id/32855/1/Metode Penelitian Kualitatif.pdf.

Fadhl, Muhammad. “Internalisasi Nilai-Nilai Kepemimpinan Profetik Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, vol. 10, no. 2, 2018, pp. 116–27, https://www.ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/169/114.

Fatah, Rahmat Abd, and Julhija Rasai. “Model Pendidikan Kader Berbasis Wawasan Kebangsaan Di Era-Post-Trust: Studi Kasus Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Maluku Utara.” Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, vol. 7, no. 1, 2021, pp. 40–62, doi:10.35326/pencerah.v7i1.966.

Fauzi, Ahmad. “Emotional Intelligence Dan Perilaku Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2, 2018, pp. 114–28, doi:10.33650/al-tanzim.v2i2.393.

Fischer, A. Paige, and Lorien Jasny. “Capacity to Adapt to Environmental Change: Evidence from a Network of Organizations Concerned with Increasing Wildfire Risk.” Ecology and Society, vol. 22, no. 1, 2017, doi:10.5751/ES-08867-220123.

Habsy, Bakhrudin All. “Seni Memehami Penelitian Kuliatatif Dalam Bimbingan Dan Konseling : Studi Literatur.” JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, vol. 1, no. 2, 2017, p. 90, doi:10.31100/jurkam.v1i2.56.

Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Edited by Hasan Sazali, Pertama, Wal Ashri Publishing, 2020, https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results.

Idris, Husni. “Aplikasi Teknologi Pendidikan Di Era Global.” Jurnal Ilmiah Iqra’, vol. 3, no. 2, 2018, doi:10.30984/jii.v3i2.555.

Indahsari, Reni, et al. “PERAN GAYA KEPEMIMPINAN PATH GOAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA KARYAWAN THE ROLE OF PATH GOAL LEADERSHIP STYLE IN IMPROVING EMPLOYEE MOTIVATION Reni.” Jurnal Visionida, vol. 8, 2022, pp. 60–71.

Juhji, Wawan Wahyudin, Eneng Muslihah, Nana Suryapermana. “Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, Dan Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 111–24.

Maisyanah, Maisyanah. “Analisis Dampak Desentralisasi Pendidikan Dan Relevansi School Based Management.” Quality, vol. 6, no. 2, 2018, p. 1, doi:10.21043/quality.v6i2.5773.

Malik, Abdul, and Muhamad Afandi. “Peningkatan Disiplin Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching Kelas Vii Mts Nu Al Ishlah Binabaru.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 7, no. 1, 2020, p. 60, doi:10.30659/pendas.7.1.60-67.

Mhd. Fuad Zaini, Zulfahmi, Asnil Aidah Ritonga, Azmar, Sri Rahayu Nasution,. “Tafsir Tematik Manajemen Pendidikan Islam: Leadership Dan Administrasi Pendidikan Dalam Perfektif Al-Qur’an.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 6, no. 1, 2022, pp. 274–83, doi:10.33487/edumaspul.v6i1.2780.

Mu’anayah, Nur Alfi, Wahyu Setiyoko. “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Perilaku 5S Pada Peserta Didik Smkn2 Temanggung.” STAINU Purworejo: Jurnal Al Ghazali, vol. 3, no. 2, 2020, pp. 1–21, https://www.ejournal.stainupwr.ac.id/index.php/al_ghzali/article/view/184.

Nahrowi, Firman, et al. “Upaya Meningkatkan Kedisplinan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Melalui Kegiatan Tadarus Al- Qur ’ an Di Sdn Kotabatu 08.” Prosiding Al Hidayah Pendidikan Agama Islam, no. 3, 2018, pp. 192–207.

Nasution, Rohimah Nur. “Pengaruh Disiplin Belajar Dan Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMA N 1 Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal.” Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Ekonomi, vol. 1, no. 3, 2021, pp. 12–25, doi:10.47747/jbme.v1i3.93.

Oviensy, Vegia, and Luqyana Azmiya Putri. Ru-Ar-B ( Rumah Augmented Reality Dan Braille ) Untuk Meningkatkan Hasil Balajar Pendidikan Agama Islam ). 2021, pp. 175–87.

Prasetyo, Muhammad Anggung Manumanoso. “Pesantren Efektif: Studi Gaya Kepemimpinan Partisipatif.” Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, 2022, pp. 1–12, doi:10.31538/munaddhomah.v3i1.159.

Rahmah, Hardiyanti. “Pengaruh Dukungan Sosial Dan Religiusitas Terhadap Kualitas Hidup Remaja Penyandang Disabilitas Fisi.” Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, vol. 11, no. 23, 2018, p. 19, doi:10.35931/aq.v0i0.2.

Rina Maelani, Tajuddin Noor, Taufik Mustofa. “Implementasi Nilai Karakter Kedisiplinan Peserta Didik Dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di Kelas VIII SMP Islam Karawang.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 6, no. 3, 2020, pp. 295–307, doi:10.5281/zenodo.3737983.

Rizkita, Karine, and Achmad Supriyanto. “Komparasi Kepemimpinan Pendidikan Di Indonesia Dan Malaysia Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, vol. 8, no. 2, 2020, pp. 155–64, doi:10.21831/jamp.v8i2.32362.

Sabri, Rachmad. “Peran Kepemimpinan Pendidikan Islam Dalam Manajemen Perubahan Organisasi Pendidikan (Mini Riset Di Mts Al-Muhajirin Patuk Yogyakarta).” TRANSFORMASI: Jurnal Kepemimpinan Dan Pendidikan Islam, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 58–72.

Shofiyah, Shofiyah. “Prinsip – Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.” Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, 2018, pp. 122–30, doi:10.33650/edureligia.v2i2.464.

Sri Kunarsih, Tampilen. “Peranan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Disiplin Siswa Terhadap Peraturan Sekolah Di SD Swasta Harapan 2 Medan T.A 2018/2019.” Wahana Inovasi, vol. 9, no. 2, 2020, pp. 25–32.

Supliyadi, et al. “Penerapan Model Guided Discovery Learning Berorientasi Pendidikan Karakter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018.” Jurnal Profesi Keguruan, vol. 3, no. 2, 2017, pp. 205–12.

Suryaman, Maman. “Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar.” Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra, vol. 1, no. 1, 2020, pp. 13–28, https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13357.

Syadzili, Muhamad Fatih Rusydi. “Model Kepemimpinan Dan Pengembanganpotensi Pemimpin Pendidikan Islam.” CENDEKIA: Jurnal Studi Keislaman, vol. 04, no. 02, 2018, pp. 128–38, http://ejurnal.staiha.ac.id/index.php/cendekia/article/view/54/54.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tampubolon, Saur Mangapul. “PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, LINGKUNGAN KERJA, DAN HARAPAN DOSEN TERHADAP KEPUASAN KERJA Saur Mangapul Tampubolon •.” Jurnal Manajemen Pendidikan, no. 3, pp. 111–19.

Ulinnuha, Nur Raisah. “Karakteristik Kepemimpinan Pendidikan Islam.” Tarlim : Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, 2019, p. 141, doi:10.32528/tarlim.v2i2.2606.

Wedyawati, Nelly, et al. “Sosialisasi Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Di Stkip Persada Khatulistiwa Sintang.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Khatulistiwa, vol. 3, no. 1, 2020, pp. 32–40, doi:10.31932/jpmk.v3i1.673.

Zul Fahmi Fakaubun, Anwar Sa’dullah, Mutiara Sari Dewi. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Madrasah Aliyah Raudah Tual.” VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 5, 2021, pp. 102–14.

Zulfakar, Zulfakar, et al. “Implementasi Supervisi Akademik Dalam Meningkatkan Kinerja Guru.” JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), vol. 5, no. 2, 2020, p. 230, doi:10.31851/jmksp.v5i2.3833.

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Ajeng Linda Liswandari. (2022). Kecerdasan Spiritual, Kepatuhan Peraturan dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Fenomenologi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 478–490. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).6219