Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi Pembelajaran Toleransi

Authors

  • Kiki Ayu Hermawati Institut Agama Islam Negeri Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159

Keywords:

Model Pembelajaran Inkuiri, Pendidikan Agama Islam, Pendidik, Peserta Didik, Toleransi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi toleransi. Menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus serta data dikumpulkan dengan wawancara mendalam pada guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dan Kepala sekolah. Data diolah dan dianalisis dengan reduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah; penerapan model pembelajaran inkuiri dalam materi toleransi dengan memberikan kesempatan pada peserta didik pertanyaan terkait kasus intoleran berupa terorisme; membentuk kelompok kecil untuk peserta didik 4-5 orang, mengarahkan mereka melakukan diskusi dan menarik sebuah kesimpulan dari masalah materi toleransi dengan mengaitkan dasar firman Allah dalam al-Qur’an. Di samping itu mengembangkan pembelajaran berupa pengamatan materi yang dipelajari dengan perkembangan masyarakat. Hasil penelitian ini berimplikasi pada pengembangan “teori model pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran toleransi” dalam pembelajaran pendidikan agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggriani, Fetti. “Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan PAI Siswa Kelas VIII B SMP 1 Bengkulu.” Jurnal Akademika 15.2 (2019): 53–54.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.

Bahri, Samsul. “Pengembangan Pendidikan Islam di Era 4.0.” Jurnal Transformatif 3. 2 (2019): 165-174.

Buchari, Agustini. “Peran Guru dalam Pengelolaan Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Iqra' 12.2 (2018): 196-205 doi:http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i2.897.

Budiman, Agus, dan M. Munfarid. “Penerapan Metode Kontekstual Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Educatin 1.1 (2017): 35-54. ,doi:http://dx.doi.org/10.21111/educan.v1i1.1298.

Dalimunthe, Putri Ani. “Peserta Didik dalam Persepktif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab 3.2 (2017): 88–89.

Fadli, Failasuf. “Penerapan Metode Inkuiri dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di MTS Al-Amin Pekalongan.” Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan 4.1 (2019): 22–24. doi:http://dx.doi.org/10.17977/um039v4i12019p019.

Fitriani, Atika, dan Eka Yanuarti. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa.” Jurnal Pendidikan Islam 3.2 (2018): 165-173. doi:http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v3i2.527.

Ginanjar, Eggi G., et al. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Rendahnya Partisipasi Belajar Peserta Didik di SMK.” Journal of Mechanical Education 6.2 (2019): 207–208, doi:https://doi.org/10.17509/jmee.v6i2.21797.

Gunarto. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unisula Press, 2013.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.16759.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1528.

Harahap, Musaddad, dan Lina Mayasari Siregar. “Konsep Pendidikan Islam dalam Membentuk Manusia Paripurna.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.2 (2017): 98-116. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1040.

Harapap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik dalam Perspeektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.2 (2016): 176-185. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625.

Hemiati. Model Pembelajaran. Aswajapress Sindo, 2012.

Hidaya, Noer, dan Lulu’atul Mudrikah. “Building Awarenes of Islamic Education: A Case Study in Wiyurejo Village, Pujon District,

Malang Regency.” Didaktika Religia: Journal of Islamic Education 8.2 (2020): 222–226, doi:10.30762/didaktika.v8i2.2700.

Ibrahim. Metodologi Penelitian Kualitatif ,. Alfabeta, 2018.

Irman RN, Bustanul. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada SMP Negeri di Kecamatan Soreang Kota Parepare.” Jurnal Istiqra’, vol. 7, no. 1, 2019.

Jaenuri. “Pengembanngan Soft Skill Guru.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 05, no. 01, 2017, doi:10.21274/taalum.2017.5.1.123-140.

Maryance. “Penerapan Metode Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran PAI dalam Meningkatkan Aktivitas Belajar Siwaa di SMA Negeri 10 Palembang.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, 2018, hlm. 342–43, doi:https://doi.org/10.29313/tjpi.v6i2.4628.

Muhali. “Arah Pengembangan Pendidikan Masa Kini Menurut Perspektif Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Seminar Nasional, vol. 1, no. 1, 2018.

Mujiburrohman. “Implementasi Model Pembelajaran Inquiry Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Penjasorkes Pada Permainan Bola Basket Siswa XII MIA 2 di MAN Subang Tahun Pelajaran 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Guru FKIP, vol. 1, no. 2, 2018.

Musrifah. “Analisis Kritis Pendidikan Islam Indonesia di Era Global.” Journal of Islamic Studies and Humanities, vol. 3, no. 1, 2018, hlm. 70–71, doi:https://doi.org/10.21580/jish.31.2341.

Ni’amah, Khoirotul. “Paradigma Pendidikan Islam Perspektif Al-Ghazali.” Jurnal Heutagogia, vol. 1, no. 1, 2021.

Ningsih, Tutuk. “Peran Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Era Revolusi Industri 4.0 pada Madsrasah Tsanawiyah Negeri 1 Banyumas.” Jurnal Insania, vol. 24, no. 2, 2019, doi:https://doi.org/10.24090/insania.v24i2.3049.

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.

Nurdyansyah. Inovasi Model Pembelajaran. Nizama Learning Center, 2016.

Nurfadilah. “Teori dan Konsep Peserta Didik Menurut Al-Qur’an.” Jurnal EduProf, vol. 1, no. 01, 2019, doi:https://doi.org/10.47453/eduprof.v1i2.16.

Nurmayani, Lia, dkk. “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Kemampuan Berpikir Peserta Didik.” Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, vol. 4, no. 1, 2018, doi:http://dx.doi.org/10.29303/jpft.v4i.548.

Nursoh, Siti, dan Eva Luthfi Fakhru Ahsani. “Analisis Kesulitan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Cara Mengatasinya.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 05, no. 01, 2020, doi:http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v5i1.1145.

Prihartini, Eka, dkk. “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Pendekatan Open Ended.” Jurnal Matematika, vol. 1, no. 2, 2015.

Priyanto, Adun. “Pendidikan Islam dalam Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, 2020.

Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 2015.

Ramayulis. Metodologi Pendidikan Agama Islam. Kalam Mulia, 1990.

Saharullah, dkk. “The Implementation of Inquiry: Based Learning to Imptove the Learning Result of Fotball.” Journal of Education Science and Technology, vol. 5, no. 1, 2019, doi:https://doi.org/10.26858/est.v5i3.11008.

Saputra, Anri. “Pendidikan Teknologi dan Tantangan dan Kesempatan.” Jurnal Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan 3.1 (2020): 56-69.

Sariah. “Impelementasi Pembelajaran Inkuiri pada Bidang Studi Aqidah Akhlak.” Jurnal Kependidikan Islam 3.1 (2017): 155–166. http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v3i1.3489.

Solichin, Mohammad Muchlis. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Tadris 12.2 (2017): 189-197.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453. https://doi.org/10.5220/0009370404460453.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.552

Suryabrata, Suryabrata. Metode penelitian. Rajawali Press, 1987.

Sutopo, Wahyu, dan Hoedi Prasetyo. “Industri 4.0: Telaah Klasifikasi Aspek dan Arah Perkembangan Riset.” Jurnal Teknik Industri 13.1 (2018): 17–28. https://doi.org/10.14710/jati.13.1.17-26.

Syamsuar, dan Reflianto. “Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Ilmiah Teknologi 6.2 (2018): 176-189. https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101343.

Syarif, Miftah. “Hakekat Manusia dan Implikasinya dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama IslamAl-Thariqah 2.2 (2017): 144–155. :https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(2).1042.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84. https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.5954.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.0.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).

Tayeb, Tamhrin. “Analysis and Benefits of Learning Models.” Jurnal Auladuna 4.2 (2017): 145-159. https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a5.2017.

Usman, A. Samad, dan Abdul Hadi. “Hakikat Peserta Didik dalam Pendidikan Islam (Suatu Kajian Teorik).” Jurnal Mimbar Akademika 5.2 (2020): 165-174.

Yuliharti. “Soft Skills Guru Pendidikan Agama Islam di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Kota Pekanbaru.” Jurnal Murabby 2.1 (2019): 67-81. doi:10.15548/mrb.v2i1.326.

Zulmy, Biqih. “Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Raushan Fikr 9.2 (2020): 81–82.

Zulvawati, Aini, dkk. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Islam di SMP Muhammadiyah 4 Palembang.” Jurnal PAI Raden Patah 1.1 (2019): 65–66. doi:https://doi.org/10.19109/pairf.v1i1.3011.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Hermawati, K. A. . (2021). Implementasi Model Inkuiri dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti: Analisis pada Materi Pembelajaran Toleransi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 56–72. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159