Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah

Authors

  • Mohammad Jailani Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Wantini Wantini Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Suyadi Suyadi Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta
  • Betty Mauli Rosa Bustam Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115

Keywords:

Bahasa Arab, pendekatan neurolinguistik, peserta didik.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pembelajaran bahasa Arab dengan pendekatan neurolinguistik di madrasah aliyah. Peserta didik kesulitan dalam memahami, menghafal, dan mempraktekkan mufrodat dan muhadatsah Bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus, dengan informan adalah kepala madrasah, wakil bidang kurikulum, dan guru Bahasa Arab. Data dikumpulkan dengan observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan neurolinguistik membantu peserta didik dalam memahami pembelajaran Bahasa Arab melalui fungsi otak pada bahasa. Optimalisasi sistem saraf pada bahasa mampu mengintegrasikan peran otak terhadap kemampuan belajar Bahasa Arab dalam aspek kognitf, afektif, dan psikomotorik. Pendekatan neurolinguistik memudahkan peserta didik dalam memahami mufrodat yakni dalam hal keterampilan qiro’ah, kitabah, istima’, dan kalam. Dengan demikian, pendekatan neurolinguistik sebagai alternatif pembelajaran Bahasa Arab dapat meningkatkan potensi peserta didik yang bertumpu pada otaknya. Pendekatan neurolinguistik akan berimplikasi luas terhadap diskursus pengembangan pembelajaran Bahasa Arab di masa revolusi industri 4.0

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azis Abdullah, Siswanto Masruri, Khoiruddin Bashori. “Islamic Education and Human Construction in the Quran, International Journal of Education and Learning 1.” International Journal of Education and Learning 1.1 (2019): 27–32.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2018.vol15(2).2374.

Ahmad, Muhammad Yusuf, and Syahraini Tambak. "Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akidah Melalui Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 24-41. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1581.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Mira Syafitri. "Etika Pergaulan Islami Santri Madrasah Aliyah (MA) di Pesantren Jabal Nur Kecamatan Kandis Kabupaten Siak." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 13.2 (2016): 206-226. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2016.vol13(2).1524.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585.

Beatty-Martínez, Anne L., and Paola E. Dussias. “Revisiting Masculine and Feminine Grammatical Gender in Spanish: Linguistic, Psycholinguistic, and Neurolinguistic Evidence.” Frontiers in Psychology 10 (2019): 236-241.

Fauzi Muhammad Ilfan. “Pemanfaan Neurosains Dalam Desain Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab 4.1 (2020): 1-12.

Ferretti, Todd R. et al. “How Discourse Constraints Influence Neurolinguistic Mechanisms during the Comprehension of Proverbs.” Cognitive, Affective and Behavioral Neuroscience 20.3 (2020): 14–23.

Habibi, Burhan Yusuf. “Integrasi Kurikulum Bahasa Arab Pesantren Tradisional Dan Modern Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan.” Journal of Arabic Studies: (2019): 161.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589. https://doi.org/10.11591/edulearn.v14i4.16759.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(1).1528.

Hilmi, Danial. “Sistem Pembelajaran Al-Qawa’id AlSharfiyah Di Indonesia Dalam Perspektif Neurolinguistik.” Tarbiyatuna 2.1 (2017): 40–68.

Hilmi, Danial. “Impact Of Arabic Online Learning In The Perspective Of How The Brain Learns.” Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning 4.1 (2020): 59–73.

Iljina, Olga et al. “Neurolinguistic and Machine-Learning Perspectives on Direct Speech BCIs for Restoration of Naturalistic Communication.” Brain-Computer Interfaces 4.3 (2017): 186–199. https://doi.org/10.1080/2326263X.2017.1330611.

Jailani, Mohammad et al. “Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 11.1 (2021): 43–55.

Jailani, Mohammad, Suyadi, and Dedi Djabedi. “Menelusuri Jejak Otak dan ’Aql dalam Al-Qur’an Perspektif Neurosains dan Pendidikan Islam Di Era Pandemi COVID-19.” Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 16.1 (2021): 1–19.

Jundi, Muhammad, and Zohra Yasin. “Penilaian Sejawat Dalam Pembelajaran Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab Pada Mata Kuliah Pembelajaran Mikro.” Maharat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 2.2 (2020): 51–70.

Kharisma Noor Latifatul Mahmudah, Suyadi. “Akal Bertingkat Ibnu Sina Dan Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan Islam Perspektif Neurosains.” Edukasi Islamika: Jurnal Pendidikan Islam 5.1 (2020): 21–38.

Lias Hasibuan. Kurikulum Dan Pemikiran Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada. 2017.

Mochamad Ismail. “Peranan Psikolinguistik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab.” At-Ta’dib 8.2 (2013): 178-189.

Muhammad Miftakhuddin. “Pengembangan Model Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Empati Pada Generasi Z.” J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam 17.1 (2020): 1–16.

Mutia, Lilis, Gimin Gimin, and Mahdum Mahdum. “Development of Blog-Based Audio Visual Learning Media to Improve Student Learning Interests in Money and Banking Topic.” Journal of Educational Sciences 4.2 (2020): 436.

Noer, Ali, Syahraini Tambak, and Harun Rahman. "Upaya Ekstrakurikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 21-38. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).645.

Ronny Mahmuddin, and Chamdar Nur. “Teknik Pembelajaran Ilmu Nahwu Berdasarkan Teori Integrasi.” NUKHBATUL ’ULUM: Jurnal Bidang Kajian Islam 6.1 (2020): 36–44.

Rusdy Tu’aimah. Marjak Fi Ta’limil Lughoh Al Arabiyah Linnaatiqiin Bi Lughotin Ukhro.

Sahkholid Nasution. Pengantar Linguistik Bahasa Arab. Pertama. ed. Mohammad Kholison. Siduarjo Jawa timur: CV. Lisan Arabi. 2017.

Schiller, Niels O. “Neurolinguistic Approaches in Morphology.” Oxford Research Encyclopedia of Linguistics (2020): 1–23.

Shalihin, Rahmat Ryadhush, Suyadi, Desfa Yusmaliana, and Diyan Faturahman. “Rational Brain Transmutation Into Intuitive Brain Based on Neuroscience in Islamic Education.” In Rational Brain Transmutation Into Intuitive Brain Based on Neuroscience in Islamic Education, Bukittinggi, Indonesia: BICED, IAIN Bukittinggi. (2021): 1–10.

Sitohang, Kusmadi.. “Pengembangan Metode Pemrograman Neurolinguistik Berbantuan Literasi Informasi Dalam Pembelajaran Berpidato Siswa Sekolah Menengah Atas.” Universitas Pendidikan Indonesia. 2019a

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education 9.4 (2020): 1079-1087.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Strengthening Islamic Psychosocial and Self-confidence in Develophing Student Thinking Creative." ICoSEEH 2019 4 (2019): 446-453.

Suyadi. 2016. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini Dalam Kajian Neurosains. pertama. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyadi. “Constitutional Piety : The Integration of Anti-Corruption Education into Islamic Religious Learning Based on Neuroscience.” Jurnal Pendidikan Agama Islam 6.1 (2019): 38–46. http://ejournal.uin-malang.ac.id/index.php/jpai.

Suyadi. “Immunology Pedagogical Psychology of Pesantren Kindergarten: Multicase Study at Pesantren Kindergarten in Yogyakarta.” Addin 13.1 (2019): 57. https://doi.org/10.21043/addin.v13i1.3510.

Suyadi, Zalik Nuryana, and Niki Alma Febriana Fauzi. “The Fiqh of Disaster: The Mitigation of Covid-19 in the Perspective of Islamic Education-Neuroscience.” International Journal of Disaster Risk Reduction 51.2 (2020): 1–15. https://doi.org/10/1016/J.ijdrr.2020.101848.

Suyadi, and Hendro Widodo. “Millennialization Of Islamic Education Based On Neuroscience In The Third Generation University In Yogyakarta Indonesia.” QIJIS: Qudus International Journal of Islamic Studies 7.1 (2019): 173–202.

Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, Desi Sukenti, and Abd. Rahman bin Abd. Ghani. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al - Thariqah 5.2 (2020): 79–96. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Muhammad Ali Noer, Siti Humairoh, and Mawardi Ahmad. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Etika Bergaul Islami Dalam Keluarga “Nilai Pendidikan Etika Berlaku Adil Orangtua dengan Anak dalam Pergaulan Keluarga Perspektif Hadits”." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 4.1 (2019): 1-20. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).2910.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.0.

Tambak, Syahraini, Amril M, Zuriatul Khairi, and Desi Sukenti. "Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective." International Conference on Islamic Education (ICIE 2018). Atlantis Press, 2018. https://doi.org/10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini, et al. "Exploring Malay Culture in Madrasah Learning: Revealing the Value of Malayness in Madrasah Tsanawiyah Curriculum." Madania: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman 10.2 (2020): 87-104.

Tambak, Syahraini. "Jihad Pendidikan: Konsep dan Upaya Memajukan Pendidikan Indonesia." Al-Hikmah 7.14 (2010): 1-15.

Tambak, Syahraini. "Filsafat Idealisme dan Implikasinya pada Teori Pendidikan." Al-Hikmah 11.1 (2014): 61-75.

Taufik Pasiak. Brain Based Learning Merupakan Teknik-Teknik Pembelajaran Yang Mengacu Pada Kerja Otak Dengan Mengelola Gaya Belajar, Mengolah Informasi, Pola Respon Dan Penggunaan Imajinasi. Bandung: PT Mizan Pustak. 2012.

Tri Budianingsih. “Peran Neurolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa.” Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora 3.2 (2015): 37–49.

Vogel, Stephan E., Celia Goffin, and Daniel Ansari. “Developmental Specialization of the Left Parietal Cortex for the Semantic Representation of Arabic Numerals: An FMR-Adaptation Study.” Developmental Cognitive Neuroscience 12.1 (2015): 61–73. http://dx.doi.org/10.1016/j.dcn.2014.12.001.

Warren S. Brown and Brad D. Strawn. The Physical Nature of Christian Life: Neuroscience, Psychology, and the Church. New York: Cambridge University Press. 2012.

Winarto, Winarto, Ahmad Syahid, and Fatimah Saguni. "Effectiveness the Use of Audio Visual Media in Teaching Islamic Religious Education.” International Journal of Contemporary Islamic Education 2.1 (2020.): 81–107.

Yunita, Yenni, and Rojja Pebrian. “Metode Komunikatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Al-Kalam Di Kelas Bahasa Center for Languages and Academic Development.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 56–63.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. M. R. . (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151–167. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115