Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi

Authors

  • Muhammad Nur Adnan Saputra Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Muhammad Nurul Mubin Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Ahmad Minhajul Abrori Universitas Islam Negeri Mulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia
  • Rika Handayani Institut Agama Islam Negeri Kudus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109

Keywords:

Deradikalisasi, Kurikulum, Pendidikan Islam, Moderasi

Abstract

Berbagai isu dan bukti adanya penyusupan ideologi radikalisme di lingkungan pendidikan, dan perlu penguatan kurikulum pendidikan Islam yang moderat sebagai penangkal hal tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji deradikalisasi pemahaman radikal dan implementasinya di Indonesia melalui penguatan kurikulum pendidikan Islam berbasis moderasi Islam. Metode dalam penelitian ini adalah systematic literature review, dengan content analysis. Lembaga pendidikan dituntut untuk dapat menanamkan nilai moderasi (memiliki pola berfikir, bertindak, dan berperilaku yang memiliki ciri-ciri tawassuth, tawazun, dan i’tidal) melalui pembelajaran. Guru merupakan peran sentral dalam menanamkan nilai-nilai serta pengamalan ajaran-ajaran agama Islam di sekolah. Penanaman nilai-nilai moderasi secara praktis ada beberapa aspek untuk melaksanakan hal tersebut berbasis moderasi Islam antara lain yaitu, kebijakan sekolah, materi dan strategi pembelajaran, penjaga atau pegawai sekolah,  orang tua dan guru, kelima komponen tersebut harus senantisa bersinergi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini berimplikasi dalam mengembangkan teori kurikulum pendidikan Islam berbasis moderasi beragama

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-AlSyaibany, Omar Muhammad. Falsafah Pendidikan Islam. Bulan Bintang, 2009.

Ali, Muhammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Raja Grafindo Persada, 2016.

Baidhawi, Zakiyudin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga, 2005.

Covey, Stephen R. The 7 Habits of Highly Eflective People: Restoring the Character Ethic. RosettaBooks, 2004.

Davies, Dan, et al. “Creative Learning Environments in Education—A Systematic Literature Review.” Thinking Skills and Creativity, vol. 8, Elsevier, 2013, pp. 80–91.

Dixon-Woods, Mary. “Systematic Reviews and Qualitative Methods.” Qualitative Research: Theory, Method and Practice. 3rd Edn. London: Sage, 2010, pp. 331–46.

Djamaludin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Setia, 2008.

Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar, vol. 25, no. 2, 2019, pp. 95–100.

Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara, 2011.

Hilmy, Masdar. “Whither Indonesia’s Islamic Moderatism? A Reexamination on the Moderate Vision of Muhammadiyah and NU.” Journal of Indonesian Islam, vol. 7, no. 1, 2013, pp. 24–48.

Hiqmatunnisa, Hani, and Ashif Az Zafi. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning.” Jipis, vol. 29, no. 1, 2020, pp. 27–35, http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/546.

Hornby, A. S. Oxford Advenced, Dictionary of Current English. Oxford University Press, 2000.

Karwadi, Karwadi. “Deradikalisasi Pemahaman Ajaran Islam.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, vol. 14, no. 1, 2014, pp. 139–56.

Katni, and Al Ikhwanah. “CONFERENCE on ISLAMIC.” Masa Keemasan Anak Dan Cara Meresponnya, no. 62253, 2017, p. 47.

Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 1990.

Kementrian Agama RI. Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019, https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/buku-moderasi-beragama.

Kisbiyanto, Kisbiyanto. “Manajemen Kurikulum Dalam Perspektif Anti-Radikalisme.” Addin, vol. 10, no. 1, 2016, p. 181, doi:10.21043/addin.v10i1.1134.

Koehler, Daniel. “Understanding Deradicalization.” Understanding Deradicalization, Routledge, 2017, doi:10.4324/9781315649566.

Lickona, T. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Random House Publishing Group, 2009, https://books.google.co.id/books?id=QBIrPLf2siQC.

Mubin, Muhammad Nurul. “Konstruksi Pendidikan Nilai Al-Tawassut WaL I’Tidal Dalam Deradikalisasi Pemahaman Agama.” PROSIDING GLOBALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Multikulturalisme, Moderasi Beragama, Inklusif, Dan Deradikalisasi PAI, Adab Pres, 2021, pp. 183–92, http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/announcement/view/52.

Muqowim. “Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama, Prosiding Webinar Nasional 2021 ‘Globalisasi Pendidikan Agama Islam.’” Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, vol. 1, no. 1, 2021, p. 146.

Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Membangun Kesadaran Inklusif Multikultural Untuk Deradikalisasi Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2013, p. 134.

Nuhrison, M. “Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Paham/Gerakan Islam Radikal Di Indonesia.” Jurnal Multikultural & Multireligius, vol. 8, no. 1, 2009, p. 35.

Rubaidi, A. Radikalisme Islam, Nahdatul Ulama Masa Depan Moderatisme Islam Di Indonesia. Logung Pustaka, 2007.

Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian RI, cet. I, 2019.

Saifudin, Ahmad. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MODERASI ISLAM WASATHIYYAH.” Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, vol. 3, 2015, pp. 103–11.

Saputra, Muhammad Nur Adnan, and Muhammad Nurul Mubin. “URGENSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FENOMENA RADIKALISME DI INDONESIA.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, vol. 3, no. 1, 2021, pp. 16–28.

Sutrisno, Edy. “Aktualisasi Moderasi Beragama Di Lembaga Pendidikan.” Jurnal Bimas Islam, vol. 12, no. 2, 2019, pp. 323–48.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Riau Malay Culture in Developing the Morals of Madrasah Ibtidaiyah Students." Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI 7.1 (2020): 69-84.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan

Additional Files

Published

15-12-2021

How to Cite

Nur Adnan Saputra, M. ., Nurul Mubin, M. ., Minhajul Abrori, A. ., & Handayani, R. (2021). Deradikalisasi Paham Radikal di Indonesia: Penguatan Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Moderasi. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(2), 282–296. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).6109