Pengembangan Media Prezi Video dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Rahmat Mulyadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Nandang Faturohman Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Lukman Nulhakim Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12563

Keywords:

Media Pembelajaran, Prezi Video, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media prezi video pada pembelajaran pendidikan agama Islam khususnya materi surat pendek pada Al-Quran yaitu surati Al-Fill, surati Al-Ikhlas dan surat Al-Kautsar. Metodei yang idigunakan ialah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RND) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang berfokus pada tiga tahap ADD yaitu analysis, design, dani development. Hasil penelitian ini menghasilkan pengembangan media prezi video yang menunjukkan presentasi guru beserta teks iuntuk imemudahkan isiswa dalam menerimai materii yang disampaikani oleh guru. Maka dapat disimpulkan bahwa media prezi video berpotensi menjadi media pembelajaran yang mampu menarik perhatian siswai dalam ibelajar pada mata ipelajaran Pendidikani Agama Islami (PAI) materi surat pendek yang disampaikan dalam prezi video. Rekomendasi penelitian ini digunakan sebagai bahan ajar guru dalam pembelajaran pendidikan agama Islam untuk memberikan variasi suasana belajar bagi siswa untuk tetap menumbuhkan minat belajar dan motivasi belajar yang tinggi

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aghniya, Husnul, et al. “Kinerja Kepala Sekolah Dan Kinerja Mengajar Guru Dalam Peningkatan Mutu Sekolah Dasar Negeri.” Jurnal Administrasi Pendidikan, vol. 24, no. 1, 2017, pp. 25–35, https://doi.org/10.17509/jap.v24i1.6508.

Agustina, D. R., & Wibawa, R. P. “Peran Pendidikan Berbasis Higher Order Thinking Skills (Hots) Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama Di Era Society 5.0 Sebagai Penentu Kemajuan Bangsa Indonesia.” Ilmiah Ekonomi Dan Pembelajarannya, vol. 7, no. 2, 2019, p. 137, https://doi.org/10.25273/equilibrium.v7i2.4779.

Akgun, Ozcan E., Babur, Aslihan & Albayrak, Ebru. “Effects of Lectures with PowerPoint or Prezi Presentations on Cognitive Load, Recall, and Conceptual Learning.” International Online Journal of Educational Sciences, vol. 8, no. 3, 2016, pp. 1–11.

Ali Sadikin, asni johari, lili suryani. “Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Website Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, vol. 5, no. 1, 2020.

Ali, Zainuddin. Metode Penelitian Hukum. Sinar Grafika, 2011.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Astuti, Sri Andri. “Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Program Prezi Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis Di Madrasah Aliyah.” Al-Tarbawi. Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, 2019.

Dantes, Nyoman. Metode Penelitian. ANDI, 2012.

Darmawan, Cecep Kustandi, Daddy. Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana, 2020.

Daryanto. Media Pembelajaran. Gava Media, 2010.

Dian Fitri Argarini, Yunis Sulistyorini. “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PREZI PADA MATAKULIAH ANALISIS VEKTOR.” KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, 2018, pp. 209–22.

Fitri Argarini, Dian. Sulistyorini, Yunis. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Pada Matakuliah Analisis Vektor.” KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 3, no. 2, 2018.

Gabor Kiss. “MS Power Point vs Prezi in Higher Education.” Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, vol. 15, no. 3, 2016, pp. 126–30.

Haibah, Mujahidatul, et al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 5, no. 2, 2020, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341.

Hamirul. Metode Penelitian Dalam Kerangka Patologi Birokrasi. STIA Setih Setio, 2020.

Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. “Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar Dengan Model Pembelajaran Abad 21 Dalam Perkembangan Era Society 5.0.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 4, no. 2, 2022, pp. 3011–3024, https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589.

Iswanto, Hendi. & Ruhiat, Yayat. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi Video Pada Materi Sistem Ac Mobil.” VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, vol. 13, no. 2, 2022.

Khaeroni. Metodologi Penelitian & Pengembangan (Pendekatan Praktis Disertai Contoh Pengembangan Model 4D Dalam Bidang Pendidikan). Media Madani, 2021.

Kustandi, Cecep. Darmawan, Daddy. Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana, 2020.

Marzal, Jefri. “Desain Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Siswa Komunikasi.” Tekno-Pedagogi, vol. 4, no. 2, 2014, pp. 32–44, https://online-journal.unja.ac.id/pedagogi/article/download/2291/1627.

Nurul Zahriani Jf, Sukiman. “Pengembangan Media Flipchart Tema Kelestarian Alam Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Naturalistik Anak Di TK IT Zia Salsabila Medan.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, vol. 6, no. 1, 2020.

Prawiradilaga, Dewi Salma. Wawasan Teknologi Pendidikan. Kencana, 2016.

Restika, R. R., Ibrahim, M., & Kuswanti, N. “Validitas Media Prezi the Zooming Presentation Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 5, no. 3, 2016, pp. 213–19.

Rodhi, M. Y., &. Wasis. “Pengembangan Media Pembelajara Berbasis Prezi Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Kalor.” Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), vol. 2, no. 137–142, 3AD.

Rosiyanti, Hastri, et al. “Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon.” FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 77–86, https://dx.doi.org/10.24853/fbc.6.1.77-86.

Rusyfian, Z. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini Untuk Pelajar, Mahasiswa, Dan Pebisnis. 1st ed., Informatika Bandung, 2016.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana, 2014.

Sodik, Mohamad, et al. “Pengaruh Kinerja Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Alquran Hadis.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, 2019, p. 97, https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.359.

Solehudin, Tohir, Retno Triwoelandari, and Ahmad Mulyadi Kosim. "Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Prezi untuk Menumbuhkan Karakter Rasa Ingin Tahu." Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 2.2 (2020): 163-171.

Solikhah, Putri Irma. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2017.

---. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, R&D Dan Kombinasi). IV, CV Alfabeta, 2019.

Sujarwo, A., & Kholis, N. “Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Prezi Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer Di SMK Negeri 3 Buduran.” Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, vol. 5, no. 3, 2016, pp. 897–901.

Supriyono, Ambyah Harjanto, Putut Wisnu K, Connyta Elvadolla. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dengan Aplikasi Prezi Di Sekolah Dasar. Naturalistic.” Jurnal Kajian Penelitian Dan Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 6, no. 1, 2021.

Susi Susanti, Putu Ida Arsani Dewi, Nanda Saputra, Dkk. Desain Pembelajaran SD/MI. Penerbit Muhammad Zaini, 2021.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Kedua, Rajawali Press, 2013.

Wijaya, Henky. Analisis Data Kualitatif. sttjaffray, 2018.

Wijiyono, Wijiyono. “Hubungan Pengambilan Keputusan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Guru Madrasah Tsanawiyah Di Kabupaten Tangerang.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 5, no. 02, 2019, p. 145, https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.1979.

Yanty Putri Nasution, Eline. dan Fauziah Siregar, Nur. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Prezi.” Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 15, no. 2, 2019.

Yuhdi, Achmad, and Nadra Amalia. “Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan PortalSchoology Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra.” Basastra, vol. 7, no. 1, 2018, p. 14, https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9320.

Zurahman, Rusfiyan. Prezi: Solusi Presentasi Masa Depan. Informatika Bandung, 2016.

Additional Files

Published

06-07-2023

How to Cite

Rahmat Mulyadi, Nandang Faturohman, & Lukman Nulhakim. (2023). Pengembangan Media Prezi Video dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 174–188. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12563