Pengembangan Modul Al-Quran Hadits Menggunakan Canva pada Materi Keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat

Authors

  • Tanti Prasetiowati Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Isti Rusdiyani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia
  • Fadlullah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Banten, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12207

Keywords:

Pengembangan, Modul, Canva

Abstract

Era Society 5.0 memberikan kemajuan pada manusia untuk berkembang dengan pemanfaatan teknologi yang semakin canggih karena manusia sebagai objek pertama dalam menggunakan teknologi. Perkembangan teknologi harus dimanfaatkan dengan baik oleh pendidik dalam pembelajaran. Penelitian ini berjudul “Pengembangan modul Al-Quran Hadits menggunakan canva pada materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat” bertujuan untuk mengembangkan modul Al-Quran Hadits menggunakan canva pada materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) atau sering disebut RND mengunakan metode deskriptif kualitatif dengan model R2D2 (Recursive, Reflective, Design, and Development-Dissemination) yang memiliki tiga fokus utama namun penelitian ini hanya fokus  pada desain dan pengembangan. Hasil penelitian ini menghasilkan pengembangan modul Al-Quran Hadits dengan Aplikasi Canva yang berpotensi menjadi media pembelajaran sebagai konten yang menunjukkan dan menjelaskan terkait materi keseimbangan hidup di dunia dan akhirat serta latihan soal

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdulloh, M. Manajemen Dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Aswaja Pressindo, 2014.

Ali Sadikin, asni johari, lili suryani. “Pengembangan Multimedia Interaktif Biologi Berbasis Website Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0.” Jurnal Pendidikan, Biologi Dan Terapan, vol. 5, no. 1, 2020.

Cikarge, Ghia Pisti, and Pipit Utami. “Analisis Dan Desain Media Pembelajaran Praktik Teknik Digital Sesuai Rps.” Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), vol. 3, no. 1, 2018, pp. 92–105, https://doi.org/10.21831/elinvo.v3i1.20509.

Daryanto. Menyusun Modul. Gava Media, 2013.

Fadhli, Muhibuddin. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar.” Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajraan, vol. 3, no. 1, 2016.

Gunawan, Rudy. Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar/Modul Pembelajaran. CV Feniks Muda Sejahtera, 2022.

---. Modul Pelatihan Pengembangan Bahan Ajar/Modul Pembelajaran. CV Feniks Muda Sejahtera, 2022.

Haibah, Mujahidatul, et al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 5, no. 2, 2020, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341.

Halifa Haqqi, Hasna Wijayati. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, Da Transformasi Kehidupan Di Era Disruptif. Remaja Rosda Karya, 2019.

Hamirul. Metode Penelitian Dalam Kerangka Patologi Birokrasi. STIA Setih Setio, 2020.

Hartono, Rudi. Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Diva Press, 2013.

Komang Wisnu Baskara Putra, Dkk. “Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Mata Pelajaran ‘Sistem Komputer’ Untuk Siswa Kelas X Multimedia Smk Negeri 3 Singaraja.” Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, vol. 14, no. 01, 2017, p. 41.

Kustandi, Cecep, Darmawan, Deddy. Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana, 2020.

Leryan, L. P. A., Damringtyas, C. P., Hutomo, M. P., & Printina, B. I. “The Use of Canva Application As an Innovative Presentation Media Learning History.” Prosiding Seminar Nasional FKIP 2018, 2018, pp. 190–203.

Maha, Lailan Nahari, et al. “Pengembangan Modul Pembelajaran Al-Quran Hadits.” Research and Development Journal of Education, vol. 8, no. 1, 2022, pp. 417–23.

Mahfud, Choirul, et al. "Digital Trends of Social Religious Humanities: Understanding Discourse on Religious Moderation, Pancasila and Citizenship Education in Indonesia." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9.2 (2022): 445-452.

Mahfud, Choirul, et al. "Islamic cultural and Arabic linguistic influence on the languages of Nusantara; From lexical borrowing to localized Islamic lifestyles." Wacana, Journal of the Humanities of Indonesia 22.1 (2022): 11.

Mahfud, Choirul, Muyasaroh Muyasaroh, Ratna Rintaningrum, Niken Prasetyawati, Dyah SY Agustin, Ni Wayan Suarmini, Moh Saifulloh, Syahraini Tambak, Ika Yunia Fauzia, and Ahmad Munjin Nasih. "Digital Trends of Social Religious Humanities: Understanding Discourse on Religious Moderation, Pancasila and Citizenship Education in Indonesia." MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 9.2 (2022): 445-452.

Mahfud, Choirul. "Chinese Muslim Community Development in Contemporary Indonesia: Experiences of PITI in East Java." Studia Islamika 25.3 (2018): 471-502.

Muhaemin. Al-Quran Dan Hadits. Grafindo Media Pratama, 2008.

Najuah, Pristi Suhendro Lukitoyo, dan Winna Wiranti. Prosedur Penyusunan Dan Aplikasinya. Yayasan Kita Menulis.

Prastowo, Andi. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Press, 2011.

Purwaningsih, Sri. “PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU SERTA OPTIMALISASI PROGRAM KEPENGAWASAN AKADEMIK DAN KECAMATAN KEBONAGUNG KABUPATEN PACITAN TAHUN.” Wahana Kreatifitas Pendidik, vol. I, no. 2, 2018.

Putra, Pristian Hadi. “Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0.” Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 19, no. 2, 2019, pp. 99–110.

Rahma Elvira Tanjung, Delsina Faiza. “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, vol. 7, no. 2, 2019, pp. 79–85.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 2015.

Rasjid, Sulaiman. Fiqih Islam. Sinar Baru Algensindo, 2015.

Resmini, S., Satriani, I., & Rafi, M. “Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembuatan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.” Jurnal Abdimas Siliwangi, vol. 4, no. 2, 2021, pp. 335–43.

Restika, R. R., Ibrahim, M., & Kuswanti, N. “Validitas Media Prezi the Zooming Presentation Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Manusia.” Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi, vol. 5, no. 3, 2016, pp. 213–19.

Sarjoko, Demitra. “Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Handep Berpasangan Berdasarkan Kaidah Quantum Teaching.” Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 6–14.

Setiawan, Albi Anggito dan Johan. Metodologi Penelitian Kualitatif. CV Jejak, 2018.

Solikhah, Putri Irma. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif, R&D Dan Kombinasi). IV, CV Alfabeta, 2019.

Sukarno, Mohamad. “Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Era Masyarakat 5.0.” In Prosiding Seminar Nasional Milleneial 5.0 Fakultas Psikologi UMBY, 2020.

Tambak, Syahraini, Amril M, et al. Development of Madrasah Teacher Professionalism by Strengthening the Khalifah Concept and Islamic Psychosocial Perspective. 2018, doi:10.2991/icie-18.2018.7.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, et al. “Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism.” AKADEMIKA, 2020.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. "Effectiveness of Blended Learning Model Based on Problem-Based Learning in Islamic Studies Course." International Journal of Instruction 15.2 (2022): 775-792

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. "Profesionalisme Guru Madrasah." Yogyakarta: Graha Ilmu (2020).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tanjung, R., & Faiza, D. “Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika.” Jurnal Vokasional Teknik Elektronika Dan Informatika, vol. 7, no. 2, 2019, pp. 79–85.

Triyono, Slamet. Dinamika Penyusunan E-Modul. CV Adanu Abimata, 2021.

Tuti Septa Lusiana, Noviarta Briliany, Lia Tiara Purdhani, Dkk. “Edukasi Guru Dalam Pembuatan Infografis Media Pembelajaran Anak Usia 4-6 Tahun Menggunakan Aplikasi Canva Di TK Tunas Harapan.” Indonesian Journal of Community Services in Engineering & Education (IJOCSEE), vol. 1, no. 1, 2021, pp. 9–14.

Umar, Husein. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Kedua, Rajawali Press, 2013.

Wijaya, Henky. Analisis Data Kualitatif. sttjaffray, 2018.

Yuhdi, Achmad, and Nadra Amalia. “Desain Media Pembelajaran Berbasis Daring Memanfaatkan PortalSchoology Pada Pembelajaran Apresiasi Sastra.” Basastra, vol. 7, no. 1, 2018, p. 14, https://doi.org/10.24114/bss.v7i1.9320.

Zelhendri, Syafril dan. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Kencana, 2017.

Additional Files

Published

01-07-2023

How to Cite

Tanti Prasetiowati, Isti Rusdiyani, & Fadlullah. (2023). Pengembangan Modul Al-Quran Hadits Menggunakan Canva pada Materi Keseimbangan Hidup Dunia dan Akhirat . Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 133–148. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12207