Implementasi Karakter Religious dalam Kegiatan Keagamaan di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12115Keywords:
Karakter religious, kegiatan keagamaan, guru pendidikan agama IslamAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkonstruk implementasi karakter religius dalam kegiatan keagamaan di sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dengan wawancara pada informan guru, dan dianalisis dengan display data, reduksi, dan verifikasi. Implementasi karakter religius dalam kegiatan keagamaan dilakukan dengan ikrar yang disebut dengan testimony dan kegiatan shalat dhuha, kegiatan tahfidz yang dipimpin langsung oleh wali kelas masing-masing, kegiatan tilawati, dan melaksanakan kegiatan Friday blessing sebagai bagian dalam mengembangkan karakter religious peserta didik. Terdapat hubungan yang positif yakni dampak baik terhadap karakter religius peserta didik melalui kegiatan keagamaan telah berjalan hingga menjadi rutinitas. Kegiatan keagamaan efektif dalam menumbuhkan dan menerapkan karakter religius. Penanaman karakter melalui kebiasaan positif akan membentuk kebiasaan penghayatan terhadap suatu ajaran, nilai-nilai, pemikiran-pemikiran atau ideologi bahkan sebuah doktrin sehingga menjadi sebuah keyakinan dan membentuk kesadaran diri akan realitas atau nilai-nilai norma yang diwujudkan dalam bentuk sebuah perilaku dan sikap. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan karakter religious di sekolah dengan harapan dapat diterapkan pada semua sekolah di Indonesia
Downloads
References
Ahsanulkhaq, Moh. “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Prakarsa Paedagogia, vol. 2, no. 1, 2019, pp. 21–33.
Amalia, Umamah Rizky, et al. “Implementasi Program Tahfidz Camp Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri Di Pondok Pesantren Daarul Qur ’ an Putri Cikarang.” Bandung Conference Series : Islamic Education, vol. 2, 2022, pp. 349–53.
Amin, Muhammad, and Muhamad Ramli. “Implementasi Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al Qur’an Pada Anak-Anak Di Tpa Al Falah Unit 081 Kota Banjarbaru.” Al Falah, vol. Vol. 19 No, 2019, pp. 161–78, file:///C:/Users/Asus/Downloads/124-289-1-PB.pdf.
Asa, Agam Ibnu. “Pendidikan Karakter Menurut Ki Hadjar Dewantara Dan Driyarkara.” Jurnal Pendidikan Karakter, vol. 9, no. 2, 2019, pp. 245–58, https://doi.org/10.21831/jpk.v9i2.25361.
Badry, Intan Mayang Sahni, and Rini Rahman. “Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius.” An-Nuha, vol. 1, no. 4, 2021, pp. 573–83, https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.135.
Bakhruddin, Mukhammad, et al. “STRATEGI BELAJAR MENGAJAR (Konsep Dasar Dan Implementasinya).” วารสารวิชาการมหาวิทยาลัยอีสเทิร์นเอเชีย, edited by Iqbal Tawakkal, Cetakan I, vol. 4, no. 1, CV AGRAPANA MEDIA, 2021, https://www.researchgate.net/profile/Shoffan-Shoffa/publication/350190724_STRATEGI_BELAJAR_MENGAJAR_Konsep_Dasar_dan_Implementasinya/links/605f1c62a6fdccbfea0bc927/STRATEGI-BELAJAR-MENGAJAR-Konsep-Dasar-dan-Implementasinya.pdf.
Burhanuddin, Ahmad. “Dampak Kegiatan Keagamaan Rohis Melalui Kajian Kitab Kuning Bagi Akhlak Peserta Didik.” HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, vol. 5, no. 1, 2019, pp. 43–56, https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v5i1.1837.
Erlanda, Merja, et al. “Sosiologi.” Equilibrium : Jurnal Pendidikan, vol. IX, no. 3, 2021, pp. 310–18.
Fadli, Muhammad Rijal. “Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif.” Humanika, vol. 21, no. 1, 2021, pp. 33–54, https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075.
Fitriani, Iis Khaerunnisa. “Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Madrasah Tsanawiyah.” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 3, 2022, pp. 4612–21, https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2913.
Haeruddin, Haeruddin, et al. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren An- Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 60–73, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3203.
Hariyani, Dewi, and Ainur Rafik. “Pembiasaan Kegiatan Keagamaan Dalam Membentuk Karakter Religius Di Madrasah.” Al-Adabiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 1, 2021, pp. 32–50.
Imtihanudin, Dede. “Model Penanaman Karakter Dalam Pembelajaran Al Qur’an Metode Tilawati.” Cakrawala Pedagogik, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 106–12, https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.146.
Khannah, Nur Siti, and Muh Saat Ibnu Waqfin. “Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri Di TPQ Darussalam Kepanjen Jombang.” Journal Of Education and Management Studies, vol. 2, no. 6, 2019, pp. 1–6, https://www.ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/view/162%0Ahttps://www.ojs.unwaha.ac.id/index.php/joems/article/download/162/114.
Mahmudy, A., and M. Bakhruddin. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Ibadah Shalat Fardhu Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Surabaya.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, 2018, p. 4, http://103.114.35.30/index.php/Tadarus/article/view/1631.
Manshur, Ahmad. “Strategi Pengembangan Kedisiplinan Siswa.” Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam Volume 4 Nomor I, Edisi Januari – Juni 2019, vol. 4, 2019, pp. 95–113.
Mustofa, Ali, and Abdul Ghofur. “Pembiasaan Sholat Dhuha Dan Membaca Al-Qur’an Era New Normal Dalam Peningkatan Akhlak Di SDN Blimbing Gudo Jombang.” Jurnal Tarbiyah - Syari’ah Islamiyah, vol. 29, 2022, pp. 1–18.
Narimo, Sabar, and Muhtar Sanusi. “Budaya Mengintegrasikan Karakter Religius Dalam Kegiatan Sekolah Dasar.” Jurnal VARIDIKA, vol. 32, no. 2, 2020, pp. 13–27, https://doi.org/10.23917/varidika.v32i2.12866.
Pradana, Yudha. “Pengembangan Karakter Siswa Melalui Budaya Sekolah (Studi Deskriptif Di SD Amaliah Ciawi Bogor).” Untirta Civic Education Journal, vol. 1, 2016, p. 28, file:///Users/andreataquez/Downloads/guia-plan-de-mejora-institucional.pdf%0Ahttp://salud.tabasco.gob.mx/content/revista%0Ahttp://www.revistaalad.com/pdfs/Guias_ALAD_11_Nov_2013.pdf%0Ahttp://dx.doi.org/10.15446/revfacmed.v66n3.60060.%0Ahttp://www.cenetec.
Pratiwi Dinda, Rhea Hartika, Mitami dan Magdalena Ina. “Pelaksanaan Desain Pembelajaran Instruksional Pada Pandemi Covid-19 Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Indonesia, vol. 2, no. 4, 2021, p. 6.
Rahayu, Wanti, et al. “ANALISIS PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PENINGKATAN AKHLAK SISWA (STUDI KASUS MTsN KOTA BOGOR).” JPPGuseda | Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, vol. 2, no. 1, 2019, pp. 01–06, https://doi.org/10.33751/jppguseda.v2i1.995.
Rakhmawati, Eni. “Kegiatan Tahfidz Sebagai Wujud Dalam Membentuk Karakter Anak Yang Cinta Alquran Dan Berakhlakul Karimah Di MI Mambaul Hikmah Tegal.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling, vol. 4, 2022, pp. 2104–11.
Ronald Tambunan, James. “Pengembangan Pendidikan Karakter Dan Budaya Bangsa Berwawasan Kearifan Lokal.” Jurnal Widya, vol. 1, no. 2, 2021, pp. 1–14, https://doi.org/10.54593/awl.v1i2.3.
Rosad, Ali Miftakhu. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Pembelajaran Di Lingkungan Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, vol. 5, no. 02, 2019, pp. 173–90.
Sa’adah, Ola Nisa Iqtisodiyah, and M. Imam Pamungkas. “Analisis Kegiatan Mentoring Dalam Pembinaan Karakter Religius.” Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, vol. 2, 2022, pp. 127–32, https://doi.org/10.29313/jrpai.v2i2.1515.
Saryadi, Saryadi, et al. “Pembiasaan Sholat Dhuha Berjama’Ah Terhadap Pendidikan Karakter Siswa Di Smp Muhammadiyah 4 Sambi.” Buletin Literasi Budaya Sekolah, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 120–25, https://doi.org/10.23917/blbs.v2i2.12839.
Setiawan, Deni, et al. “Memaknai Kecerdasan Melalui Aktivitas Seni : Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, 2022, pp. 4507–18, https://doi.org/10.31004/obsesi.vxix.xxx.
Syaroh, Lyna Dwi Muya, and Zeni Murtafiati Mizani. “Membentuk Karakter Religius Dengan Pembiasaan Perilaku Religi Di Sekolah: Studi Di SMA Negeri 3 Ponorogo.” Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), vol. 3, no. 1, 2020, pp. 63–82, https://doi.org/10.33367/ijies.v3i1.1224.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03
Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16
Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328
Zikry, Septoyodi, et al. “Penanaman Nilai-Nilai Religiusitas Melalui Kegiatan Keagamaan Di Kalangan Remaja Dusun Candirejo Kelurahan Sardonoharjo Yogyakarta.” Jurnal Mahasiswa FIAI-UII, at-Thullab, vol. 3, no. ISSN: 2685-8924. e-ISSN: 2685-8681, 2021, pp. 807–26.