Upaya Peningkatan Minat Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Melalui Metode Discovery Inquiry
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).12025Keywords:
Discovery Inquiry, Minat belajar siswa, Pendidikan Agama IslamAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya meningkatkan minat belajar siswa melalui metode discovery inquiry. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan penelitian kualitatif atau metode pendekatan studi kasus, dalam hal ini peneliti memperoleh data melalui wawancara dan observasi langsung. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, terdapat (1) Minat belajar yang berbeda beda dalam mempelajari Pendidikan Agama Islam. (2) Upaya meningkatkan minat belajar siswa di antaranya: Guru memberikan pertanyaan atau soal kepada murid yang kemudian dijawab oleh siswanya, Murid diberikan permainan edukasi oleh guru agar mereka semangat untuk belajar. Melalui metode discovery inquiry, guru sangat berusaha untuk dapat mengupayakan metode pembelajaran siswa dengan menggunakan metode tersebut. (3) Faktor pendukung minat belajar siswa yaitu Guru mengadakan praktek dan membawa murid ke perpustakaan. Faktor penghambat minat belajar siswa yaitu kurangnya motivasi atau dukungan dari orang tua
Downloads
References
Amelia, Putri. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp Citra Bangsa.” Thesis, 2018, p. 87.
Angriani, Andi Dian, and A. Sriyanti. PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MASA PANDEMI COVID-19 THE TEACHERS ’ ROLE IN INCREASING THE LEARNING INTEREST OF CLASS IV STUDENTS IN THE COVID-19. no. 2, 2020, pp. 215–27.
Arsyad, Arsyad, and Salahudin Salahudin. “Hubungan Kemampuan Membaca Al Qur’an Dan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Pai).” EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, vol. 16, no. 2, 2018, pp. 179–90, https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.476.
Asmi, Ali, et al. “Meningkatkan Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Melalui Metode Bermain Pada Kelas Viii-4 Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Batusangkar.” Jurnal MensSana, vol. 3, no. 1, 2018, p. 33, https://doi.org/10.24036/jm.v3i1.64.
Asrori, and Rusman. “Classroom Action Reserach Pengembangan Kompetensi Guru.” Pena Persada, 2020.
Fathuroji, Ahmad, et al. “Efektivitas WhatsApp Group Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Pembelajaran PAI Di SMKN 2 Kota Cirebon.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 7, no. 1, 2021, pp. 38–49, https://doi.org/10.32489/alfikr.v7i1.121.
Fatmasari, K. N., et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Terhadap Peningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Fisika Pada Siswa SMA.” Jurnal Kreatif Online, vol. 9, no. 4, 2021, pp. 77–85.
Frima, Fina Khaerunnisa, et al. PENGARUH METODE DISCOVERY-INQUIRY TERHADAP PROFIL. no. 1, 2020, pp. 41–49.
Harianto, Jimi, and Putri Agung. “Peningkatan Pembelajaran Pai Melalui Discovery Inquiry Pada Sekolah Dasar Di Bandar Lampung.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 10, no. 2, 2020, pp. 203–17, https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i2.4793.
Ishak, Muhamad, et al. “Pengaruh Minat Belajar Dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Pai.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, vol. 3, no. 2, 2016, p. 120, https://doi.org/10.17509/t.v3i2.4515.
Islam, Pendidikan Agama, et al. PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Oleh : Siti Maesaroh. no. 1, 2013, pp. 150–68.
Isnain, Anita Septariani, et al. “Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Berbantuan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Rasional Peserta Didik.” Jurnal Tadris IPA Indonesia, vol. 1, no. 3, 2021, pp. 314–22, https://doi.org/10.21154/jtii.v1i3.144.
Mukkaromah, Lailatul, and Melly Amalia Vardia. “Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP NU Al-Fudloli.” Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, vol. 1, no. 2, 2021, pp. 117–24, https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i2.733.
Mutamimmah, S. P. Wawancara. 2023.
Oktaviani, Bella Anandya Yovita, et al. “Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Discovery Learning Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 8, no. 2, 2018, pp. 132–41, https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p132-141.
Permatasari, Ayu Anggrelia Intan. “Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kepuasan Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Viii Di Smpn 1 Pilangkenceng Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020.” Skripsi, no. April, 2020.
Rahma Fitri, Upik, et al. “Pengembangan Modul Berbasis Discovery-Inquiry Untuk Fisika SMA Kelas XII Semester 2.” Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, vol. 01, no. 1, 2015, pp. 47–54, https://doi.org/10.21009/1.01107.
Rahmadi. “Pengantar Metodologi Penelitian.” Antasari Press, 2011.
Rohim, Abdur. “Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Bidang Studi PAI.” Skripsi, 2011, p. hlm. 2.
Salbiah, Salbiah. “Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Pembelajaran Discovery Inquiry Pada Konsep Koloid.” JTK (Jurnal Tadris Kimiya), vol. 2, no. 1, 2017, pp. 109–15, https://doi.org/10.15575/jta.v2i1.1367.
Siswa. Observasi. 2023.
Smp, D. I., and Bani Muqiman. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Di Smp.” Junal Pendidikan Islam, vol. 4, 2015.
Syahrum, Salim &., et al. Metodologi Penelitian Kualitatif.Pdf. no. March, 2019, pp. 11–11.
Tiarina, Yuli. “Pengajaran Puisi Dengan Metode Discovery-Inquiry.” Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa, Sastra, Dan Seni, vol. 10, no. 2, 2012, https://doi.org/10.24036/komposisi.v10i2.61.
Wartini, Atik, et al. “Menggagas Model Pembelajaran Discovery-Inquiry Pada Pendidikan Anak Usia Dini.” Intizar, vol. 23, no. 1, 2017, pp. 151–64, https://doi.org/10.19109/intizar.v23i1.1614.
Yadain, Zul. “Pendekatan Discovery Inquiry Pada Pembelajaran Fikih.” Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, vol. 9, no. 1, 2017, pp. 1–40.
Yanti, Evi, et al. “Pengembangan Bahan Ajar Koloid Bermuatan Karakter Berbasis Discovery-Inquiry Untuk Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa SMA.” Journal of Innovative Science Education, vol. 4, no. 1, 2015, pp. 1–9.