Konsep al-Tilmidz dalam Menuntut Ilmu: Perspektif Ahmad Tsalby dalam Kitab At-Tarbiyah Islamiyah

Authors

  • Dedi Ardiansyah Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia
  • Opik Abdurrahman Taufik Badan Riset dan Inovasi Indonesia, Jakarta Pusat, Indonesia
  • Basuki Basuki Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11988

Keywords:

Konsep Murid, Ahmad Tsalby, Kitab At-Tarbiyah Islamiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisa konsep murid dalam perspektif Ahmad Tsalby dalam kitab At-Tarbiyah Islamiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan studi keputakaan dengan pendekatan analisis konsep. Hasil penelitian menunjukan bahwa konsep murid dalam menuntut ilmu perspektif Ahmad Tsalby dalam kitab At-Tarbiyah Islamiyah terbagi menjadi tiga yaitu; Pertama, akhlak pribadi dari seorang murid. Murid sebaiknya membersihkan hati, memiliki kebaikan niat dalam mencari ilmu. Memanfaatkan masa muda untuk kegiatan mencari ilmu, bersifat sederhana, dan pintar dalam pembagian waktu serta memanfaatkan sisa umur dengan hal baik. Selain yang telah disebutkan, makan dan minum secukupnya, bersikap wara’ dan berhati-hati dalam berbagai hal hal, meminimalkan mengkonsumsi makanan yang menyebabkan otak menjadi bebal dan melemahkan panca indera, meminimalkan tidur, dan menjauhi pergaulan yang tidak baik. Kedua, akhlak murid kepada guru. Seorang murid harus mempertimbangkan dulu apa yang harus dilakukan dengan guru yang akan mengajar, mencari guru yang berkompeten dalam bidang ilmu syari’at, mematuhi segala yang dikatakan guru selama tidak berlawanan atau menentang syari’at, hormat dan takzim ketika memandang guru. Ketiga, yaitu akhlak murid dalam belajar. Murid seharusnya mendahulukan belajar hal-hal yang hukumnya fardhu ‘ain, mempelajari Al-Qur’an untuk memperkuat ilmu-ilmu fardhu ‘ain yang telah dipelajari. Dari penelitian ini merekomendasikan mengaplikasikan adab secara pribadi, adab kepada guru dan adab saat menuntut ilmu pada pendidikan di Indonesia

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz. “Komunikasi Pendidik Dan Peserta Didik Dalam Pendidikan Islam.” Mediakita, vol. 1, no. 2, 2017, pp. 173–84, https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i2.365.

Achmad Faisal Hadziq. “Model-Model Pembelajaran Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, vol. 7, no. 1, 2019, pp. 1–28.

Aisyah, Nurul, et al. “Al-Tadzkiyyah: PAI (Islamic Religious Education) Teacher’s Strategy in Improving Student Learning Behavior Through Learning Design.” At-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 13, no. 2, 2022, pp. 261–78.

Ansori. Urgensi Etika Dalam Pendidikan Akhlak Islam Menurut Perspektif Yusuf Al-Makassari Ansori Ansori. 2018.

Asyafah, Abas. Proses Kehidupan Manusia Dan Nilai Eksistensinya. CV Alfabeta, 2019.

Aziz. “Hakikat Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 14–31, https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul/article/view/5492.

Burhanudin, Az-zarnuji. Ta’lim Muta’alim. Damasqus, 1981.

Desmita. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakary, 2011.

Evanirosa, Christina Bagenda, Hasnawati, Fauzana AnnovaKhisna Azizah, Nursaeni, Maisarah, Ramsah Ali, Muwafiqus Shobri, Muhammad Adnan. Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Media Sains Indonesia, 2022.

Fadli, Muhammad Rijal, and Siti Irene Astuti Dwiningrum. “PESANTREN’S DIGITAL LITERACY: An Effort to Realize the Advancement of Pesantren Education.” ULUL ALBAB Jurnal Studi Islam, vol. 22, no. 2, 2021, pp. 338–59, https://doi.org/10.18860/ua.v22i2.14221.

Fanani Achmad. “Urgensi Analisis Conten Dalam Perencanaan Dan Pengembangan Pemblajaran Inovativ.” Jurnal Pendidikan Dasar, 2020, pp. 267–71.

Fauzan, Nata Abuddin and. Pendidikan Dalam Perspektif Hadis. UIN Jakarta Press, 2015.

Gufron, Iffan Ahmad. “Santri Dan Nasionalisme.” Islamic Insights Journal, vol. 1, no. 1, 2019, pp. 41–45, https://doi.org/10.21776/ub.iij.2019.001.01.4.

Haikal, Muhammad Fikri, and Wirani Atqia. “Strategi Pembelajaran Guru Dalam Memotivasi Siswa Untuk Mencari Keberkahan Ilmu Di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara.” Permata : Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 2, no. 2, 2021, p. 125, https://doi.org/10.47453/permata.v2i2.401.

Harahap, Musaddad. “Esensi Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 1, no. 2, 2017, pp. 140–55, https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(2).625.

Izzan, Ahmad. Tafsir Pendidikan. Humaniora, 2015.

Khalid, A. S., et al. “Konsep Dan Klasifikasi Ilmu Pengetahuan Dalam Islam.” Jurnal Dakwah Dan Kemasyarakatan, vol. 21, no. 2, 2020, pp. 1–13, https://doi.org/10.19109/wardah.v21i2.7270.

Gufron, Wikhdatun. “Kewajiban Menuntut Ilmu Dalam Islam.” Jurnal Riset Agama, vol. 1, no. 2, 2021, pp. 296–307, https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568.

Lim, T. A., et al. MUBTADI-IEN YOGYAKARTA. pp. 1–12.

Machsun, Toha. Pendidikan Adab, Kunci Sukses Pendidikan Toha Machsun. 2016.

Maya, Rahendra, et al. Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam Vol . 0 6 No . 12 , Januari 2017 KARAKTER ( ADAB ) GURU DAN MURID PE RSPEKTIF IBN JAMÂ ’ AH AL - SYÂFI ’ Î Karakter ( Adab ) Guru … Karakter ( Adab ) Guru …. no. 12, 2017.

Muhamad Faizul Amirudin dan Yesi Arikarani. Relasi Pendidik Dengan Peserta Didik Di Era Millennial Dalam Pendidikan Islam. 2022.

Nisa, Khairun. “Upaya Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa.” Lentera Pendidikan, vol. 12, no. 1, 2009, pp. 72–86.

Noer, A. L. I., and Syahraini Tambak. Konsep Adab Peserta Didik Dalam Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di Indonesia. no. 2, 2017.

Puniman, Ach., and Kadarisman Kadarisman. “Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam.” Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 1, no. 1, 2018, https://doi.org/10.24929/alpen.v1i1.1.

Ruswandi, Yusup. Etika Menuntut Ilmu Dalam Kitab Ta ’ Lim Muta ’ Alim. no. 1, 2020, pp. 90–100.

Sabri, Indar. “Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5 . 0 Untuk Revolusi Industri 4.0.” Seminar Nasional Pascasarjana 2019, vol. 2, no. 1, 2019, p. 344, https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/302.

Sri Handayani, Nuri, et al. “Akhlak Peserta Didik Dalam Menuntut Ilmu: Sebuah Pemikiran Reflektif KH. Hasyim Asy’ari Dalam Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, pp. 395–411, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8105.

Sunoto, and Inawati. “Karakteristik Guru Profesional Dalam Pembelajaran Luring.” Jurnal Lentera Pedagogi, vol. 6, no. 1, 2022, pp. 44–50.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-

Additional Files

Published

02-07-2023

How to Cite

Dedi Ardiansyah, Opik Abdurrahman Taufik, & Basuki Basuki. (2023). Konsep al-Tilmidz dalam Menuntut Ilmu: Perspektif Ahmad Tsalby dalam Kitab At-Tarbiyah Islamiyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 149–161. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11988