Pola Kepemimpinan Islami Orang Tua dalam Keluarga: Menuju Pengembangan Pendidikan Karakter Islami Remaja Masa Depan
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11984Keywords:
Kepemimpinan Orang Tua, Pendidikan Karakter, Kenakalan RemajaAbstract
Pembentukan karakter manusia merupakan peranan utama sebuah pendidikan termasuk pendidikan Islam. Pendidikan bertanggung jawab penuh atas terbentuknya sebuah akhlak yang baik terhadap siapapun termasuk remaja di Indonesia. Apalagi pada remaja yang dalam mencari jati dirinya, jika peran pendidikan kurang maka remaja akan kehilangan arah dan terdampak dalam permasalahan sosial. Bukan hanya pendidikan namun peran kedua orang tua juga sangat besar dalam mendidik dan menjaga anaknya. Besarnya pengaruh pola kepemimpinan orang tua pada kenakalan remaja itu sangat berdampak kepada karakter remaja, pola kepemimpinan yang baik akan menciptakan karakter yang baik dan sebaliknya. Banyak faktor yang mempengaruhi kenakalan remaja teman, lingkungan tapi keluarga yang mendominasinya. Pendidikan karakter adalah salah satu solusi dalam menanggulagi kenakalan remaja. Pendidikan juga sangat mempengaruhi akan pembentukan karakter anak ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi lapangan dan wawancara. Penelitian ini di lakukan di salah satu Desa di Kabupaten Lamongan yaitu Desa Moropelang Kecamatan Babat
Downloads
References
Abd Hadi, Asrori, Rusman. Penelitian Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi. Pena Persada, 2021.
Adawiyah, Robiatul, and Siti Suaedah. “Pola Asuh Orang Tua Pada Minat Belajar Siswa Di Smpn 15 Kota Bekasi.” Research and Development Journal of Education, vol. 8, no. 2, 2022, p. 808, https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.12884.
Agung, Albertus, et al. Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS Volume 3 , No 2 , September 2016 ( 105-111 ) Online : Http://Journal.Uny.Ac.Id/Index.Php/Hsjpi PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA , PERGAULAN TEMAN SEBAYA , MEDIA Harmoni Sosial : Jurnal Pendidikan IPS. no. 2, 2016, pp. 105–11.
Ani Siti Anisah. “Pola Asuh Orang Tua Dan Implikasinya Terhadap Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Pendidikan Universitas Garut, vol. 5, no. 1, 2018, pp. 70–84.
Ayun, Qurrotu. “Pola Asuh Orang Tua Dan Metode Pengasuhan Dalam Membentuk Kepribadian Anak.” Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 5, no. 1, 2017, pp. 102–22, https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421.
Cahyaningrum, Eka Sapti, et al. “Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan.” Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta, vol. 6, no. 2, 2021, pp. 203–13.
Engel. “Peran Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja (Studi Kasus Di Kelurahan Mannanti Kecamatan Tellulimpoe Kabupaten Sinjai) Skripsi.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 2014.
Fatimah, Siti, and Muhammad Towil Umuri. “Faktor-Faktor Penyebab Kenakalan Remaja Di Desa Kemadang Kecamatan Tanjungsari Kabupaten Gunungkidul.” Jurnal Citizenship: Media Publikasi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 4, no. 1, 2014, pp. 87–96, http://journal.uad.ac.id/index.php/Citizenship/article/view/6284.
Hasanah, Uswatun. “Pola Asuh Orangtua Dalam Membentuk Karakter Anak.” Jurnal Elementary, vol. 2, no. 2, 2021, pp. 72–82.
Hendrianto, H., and E. P. Dani. “Pengaruh Tipe Kepemimpinan Orangtua Terhadap Proses Sosialisasi Pada Siswa: Studi Kasus SMP Negeri 3 Pematang Jaya Satu Atap.” Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 10, no. 2, 2020, pp. 99–107, https://iocscience.org/ejournal/index.php/Cendikia/article/view/1687.
Izzaty, Rita Eka, et al. “Hadi, Asrori Dan Rusman.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., no. July, CV. Pena Persada, 1967.
Juwita, Dwi Runjani. “At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah , Vol . 7 No . 2 , Juli 2018.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 7, no. 2, 2018, pp. 282–314.
Karlina, Lilis. “Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja.” Edukasi Nonformal, vol. 1, no. 2, 2020, pp. 147–58, https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/434.
Larasani, Novita, et al. “Hubungan Pola Asuh Orangtua Dengan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak.” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 4, no. 3, 2020, pp. 2368–74.
Latifah, Atik. “Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini.” (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), vol. 3, no. 2, 2020, pp. 101–12, https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785.
Lestari, Erieska Gita, et al. “Peran Keluarga Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, 2019, https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14231.
Magdalena, Ina, et al. “Tiga Ranah Taksonomi Bloom Dalam Pendidikan.” EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, vol. 2, no. 1, 2020, pp. 132–39, https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.
Martini, Eneng, et al. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Di Desa Budiharja Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat.” CIVICS: Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 10–21, https://doi.org/10.36805/civics.v2i1.262.
Masni, H. “Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Diri Dan Kreativitas Siswa.” Jurnal Ilmiah Dikdaya, vol. 6, no. 1, 2016, pp. 58–74.
Muawanah, Lis Binti, and Herlan Pratikto. “Kematangan Emosi, Konsep Diri Dan Kenakalan Remaja.” Jurnal Psikologi, vol. 7, no. 1, 2017, pp. 490–500.
Mubarok, Ramdanil. “Peran Kepemimpinan Dalam Keluarga Pada Pembelajaran Daring Di Desa Sangatta Utara.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, vol. 7, no. 3, 2021, p. 1251, https://doi.org/10.37905/aksara.7.3.1251-1262.2021.
Muchtar, Dahlan, and Aisyah Suryani. “Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan, vol. 3, no. 2, 2019, pp. 50–57, https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142.
Muntolif. “Peran Kepemimpinan Orang Tua Dalam Memotivasi Pelaksanaan Pendidikan Agama Anak.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Universitas Wahid Hasyim, vol. 10, no. 1, 2022, pp. 339–54, https://doi.org/10.31942/pgrs.v10i1.6046.
Nababan, Andrianus. “Pola Asuh Demokratis Orangtua Kristen Dalam Pembentukan Karakter Remaja.” Jurnal Dinamika Pendidikan, vol. 13, no. 2, 2020, pp. 127–34, https://doi.org/10.33541/jdp.v13i2.1584.
Ningsih, Diah Retno, and Tobriyanto Tobryianto. “Kepemimpinan Orang Tua Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa.” Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, vol. 2, no. 1, 2020, pp. 40–53.
Novita, Junaina Bintang, et al. “Implementasi Strategi Pembelajaran Discovery Learningdalam Meningkatkan Keterampilanberfikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sma Muhamamdiyah 2 Sangkapura.” Tadrib, vol. 8, no. 1, 2022, pp. 11–34, https://doi.org/10.19109/tadrib.v8i1.11232.
Peramesti, Ni Putu Depi Yulia, and Dedi Kusmana. “Kepemimpinan Ideal Pada Era Generasi Milenial.” TRANSFORMASI: Jurnal Manajemen Pemerintahan, 2018, pp. 73–84, https://doi.org/10.33701/jt.v10i1.413.
Prasasti FKIP, Suci, et al. “Kenakalan Remaja Dan Faktor Penyebabnya.” Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 28–45, http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SNBK/article/view/110.
Prasasti, S. “Kenakalan Remaja Dan Faktor Penyebabnya.” Prosiding SNBK (Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling, vol. 1, no. 1, 2017.
Rakhmawati, Istina. “Peran Keluarga Dalam Pengasuhan Anak.” Jurnalbimbingan Konseling Isla, vol. 6, no. 1, 2020, pp. 1–18.
Ramdan, Ahmad Yasar, and Puji Yanti Fauziah. “Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Mengembangkan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Sekolah Dasar.” Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, vol. 9, no. 2, 2019, pp. 100–11, https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4501.
Rijali, Ahmad. “Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali.” Jurnal Alhadharah, vol. 17, no. 33, 2018, pp. 81–95.
Risthantri, Putri, and Ajat Sudrajat. “Hubungan Antara Pola Asuh Orang Tua Dan Ketaatan Beribadah Dengan Perilaku Sopan Santun Peserta Didik.” Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 191–202, https://doi.org/10.21831/hsjpi.v2i2.7670.
Sajadi, Dahrun. “Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam.” Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 16–34, https://doi.org/10.34005/tahdzib.v2i2.510.
Saman, Abdul. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi 2010, Vol. III, No.1: 1-14. no. 1, 2010, pp. 1–14.
Saputra, Wisnu. “Pendidikan Anak Dalam Keluarga.” Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, 2021, pp. 1–6, https://doi.org/10.32923/tarbawy.v8i1.1609.
Sari, Popy Puspita, et al. “Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini.” Jurnal Paud Agapedia, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 157–70, https://doi.org/10.17509/jpa.v4i1.27206.
Shidiq, Alima Fikri, and Santoso Tri Raharjo. “Peran Pendidikan Karakter Di Masa Remaja Sebagai Pencegahan Kenakalan Remaja.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 5, no. 2, 2018, p. 176, https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369.
Sumara, Dadan, et al. “Kenakalan Remaja Dan Penanganannya.” Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, vol. 4, no. 2, 2017, pp. 346–53, https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393.
Suriansyah, Ahmad. “The Leadership Strategies of School Principals , Teachers , Parents ,.” Cakrawala Pendidikan, vol. Th. XXXIV, 2015, pp. 234–47.
Suriansyah, Ahmad, and . Aslamiah. “Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah, Guru, Orang Tua, Dan Masyarakat Dalam Membentuk Karakter Siswa.” Jurnal Cakrawala Pendidikan, vol. 2, no. 2, 2017, pp. 234–47, https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.4828.
Suryandari, Savitri. “Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kenakalan Remaja.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 23–29, https://www.researchgate.net/profile/Rully_Prahmana/publication/304022469_PENINGKATAN_KEMAMPUAN_PENALARAN_MATEMATIS_SISWA_MENGGUNAKAN_PENDEKATAN_PENDIDIKAN_MATEMATIKA_REALISTIK/links/5763a4e508ae192f513e458e.pdf.
Triyanto, Muhamad, and Badarudin Badarudin. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Orang Tua Authoritive Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII MTs Mualimat NW Pancor.” Educatio, vol. 8, no. 1, 2019, pp. 1–21, http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/view/1.
Wahyudin, Ujang. “Pola Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Akhlak Peserta Didik.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 11, no. 1, 2018, p. 52, https://doi.org/10.32832/tawazun.v11i1.1659.
Winarti, Suyadi. “Pelaksanaan Model Discovery Learning Jerome Bruner Pada Pembelajaran PAI Di SMPN 3 Depok Sleman Yogyakarta.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, vol. 12, no. 2, Nov. 2020, https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.503.
Yanti, Susi, and Siti Zahara Nasution. “Pola Asuh Keluarga Dan Tipe Kepribadian Remaja Di Smpn 7 Medan.” Jurnal Keperawatan Holistik, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 47–51, https://jurnal.usu.ac.id/index.php/jkh/article/view/55/72.
Yunita, Yuyun, and Abdul Mujib. “PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF ISLAM.” Jurnal TAUJIH, vol. 14, no. 01, 2021, pp. 78–90, https://doi.org/10.53649/jutau.v14i01.309.
Yusria, Irinne Fauz, et al. “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Otoriter Pada Usia Remaja.” At-Tajdid : Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, vol. 4, no. 01, 2020, p. 67, https://doi.org/10.24127/att.v4i01.1189.
Zamroni, Amin. “Strategi Pendidikan Akhlak Pada Anak.” Sawwa: Jurnal Studi Gender, vol. 12, no. 2, 2017, pp. 241–64,