Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0

Authors

  • Moh Asror Institut Agama Islam Negeri Kudus, Jawa Tengah, Indonesia
  • M. Yunus Abu Bakar Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Ah. Zakki Fuad Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11693

Keywords:

Mahmud Yunus, Mutu Pendidikan Islam, Era Society 5.0, Modernisme Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkonstruk modernisme pendidikan Islam dalam pemikiran Mahmud Yunus dan relevansinya dalam peningkatan mutu pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan analisis konsep. Sumber data berupa karya asli Mahmud Yunus yang berjudul Pokok-Pokok Pendidikan dan Pengajaran dan jurnal atau buku-buku yang relevan dan dianalisis dengan content analysis. Pemikiran modernis Mahmud Yunus bahwa tujuan pendidikan Islam mempersiapkan peserta didik mengerjakan amalan dunia dan akhirat sehingga tercipta kebahagiaan. Kurikulum harus terpadu mencakup agama dan pengetahuan umum serta mengintegrasikan dengan bahasa Arab. Metode pembelajaran harus efektif dan efisien memperhatikan psikologi anak berbasis penanaman moral. Guru mengembangkan ilmu, memperbaiki kehidupan masyarakat, teladan, dan orangtua terhadap siswa. Kelembagaan pendidikan Islam berpengaruh dalam membentuk karakter anak, yaitu: rumah, sekolah, dan lingkungan. Implikasi pemikiran Mahmud Yunus dalam peningkatan mutu pendidikan di Era Society 5.0 pada kolektifitas sistem pendidikan untuk menjamin kualitas input, proses, output, dan outcome sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya penerapan pemikiran Mahmud Yunus dalam pengembangan lembaga pendidikan Islam untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam masa depan

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Muhammad. “Pembaharuan Pemikiran Mahmud Yunus Tentang Pendidikan Islam Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Modern.” AL MURABBI: Jurnal Pendidikan Agama Islam Volume 5.2 (2020): 22–33. Web.

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.

Ahmad, Mawardi. "Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 51-72.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30.

Akyak, Et.al. “Implementation of Teachers Pedagogy Competence to Optimizing Learners Development in Public Primary School in Indonesia Lecturer of State Islamic University ( STAIN ), Tulungagung , East Java , Indonesia . Email . Akhyakyunis@yahoo.Co.Id . Adress : STAIN.” International Journal of Education and Research 1.9 (2013): 1–10.

Alfiansyah, Muhammad. et.al. “Kebijakan Internal Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MI Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.” MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman 11.1 (2020): 52.

Baro’ah, Siti. “Kebijakan Merdeka Belajar Sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan.” Jurnal Tawadhu 4.1 (2020): 1063–1073.

Bolotio, Rivai. et.al. “Dasar-Dasar Pendidikan Islam Dalam Surat Luqman Ayat 12-19 Menurut Tafsir Ibnu Katsir.” Journal of Islamic Education: The Teacher of Civilization 1.2 (2020): n. pag.

Budiman, Sri & Suparjo. “Manajemen Strategik Pendidikan Islam.” Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan 5.3 (2021): 2598–9944.

Bunyamin. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus.” JURNAL PENDIDIKAN ISLAM V 10.2 (2019): 114–132.

Danuri, Muhamad. “Development and Transformation of Digital Technology.” Infokam XV.II (2019): 116–123.

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2014.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Bandung: Darus Sunnah, 2015.

Dewi, Eva. “Potret Pendidikan Di Era Globalisasi Teknosentrisme Dan Proses Dehumanisasi.” Sukma: Jurnal Pendidikan 3.1 (2019): 93–116.

Hamzah, Hamzah, et al. "Implementation of Jigsaw type cooperative learning method to increase student learning activity in Fiqh learning during COVID-19." International Journal of Health Sciences I (2022): 4438-4446.

Hamzah, Hamzah, et al. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.

Hermawansyah, Hermawansyah. “Manajemen Pendidikan Berbasis Informasi Di Era Society 5.0.” Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan 13.1 (2022): 46–57

Husni, Husni et.al. “Islamic Education, Insan Kamil, and the Challenges of the Era of Society 5.0: A Literature Review.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 10.1 (2022): 67.

Igisani, Rithon. “Kajian Tafsir Mufassir Di Indonesia.” Potret Pemikiran 22.1 (2018): n. pag.

Iskandar, Edi. “Mengenal Sosok Mahmud Yunus Dan Pemikirannya Tentang Pendidikan Islam.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 3.1 (2017): 29.

Kahar, M Iksan et al. Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Vol. 2. N.p., 2021.

Kalsum, Ummi. “Mahmud Yunus Dan Kontribusi Pemikirannya Terhadap Hadis.” Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya 2.1 (2020): 1–15.

Lubis, Nada Shofa. “Pembentukan Akhlak Siswa Di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, Dan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 7.1 (2022): 137–156.

M. Yusuf al-Qardhawi. Pendidikan Islam Dan Madrasah Hasan Al-Banna (Ter). Bustami A. Gani & Zainal Abidin Ahmad. Jakarta: Bulan Bintang, 1980.

Manti, Biltiser Bachtiar et al. “Konsep Pendidikan Modern Mahmud Yunus Dan Kontribusinya Bagi Lembaga Pendidikan Islam Di Indonesia.” Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam 5.2 (2016): 151.

Muliati, Indah et.al. “Teori Pedagogik Pendidikan Mahmud Yunus.” Islam Transformatif : Journal of Islamic Studies 3.2 (2019): 169.

Nata, Abudin. Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam Di Indonesia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2005.

Nurza, Ashfira et.al. “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Mahmud Yunus Dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran PAI Di Sekolah.” TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education 5.2 (2019): 174.

Putra, Pristian Hadi. Tantangan Pendidikan Islam Dalam Menghadapi Society 5.0. Vol. 19. N.p., 2019.

Safiq, Abdulloh et.al. “Relevansi Pemikiran Mahmud Yunus Dalam Kitab At-Tarbiyah Wa At-Ta’lim Dengan Kompetensi Guru (Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005).” journal of education 2.2 (2019): 2620–4355.

Santoso, et. al. “Tipologi Filsafat Pendidikan Islam: Kajian Konsep Manusia Dan Tujuan Pendidikan Berbasis Filsafat Islam Klasik.” Afkaruna: Indonesian Interdisciplinary Journal of Islamic Studies 14.1 (2018): 75–100.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Supriani, Yuli et al. “Peran Manajemen Kepemimpinan Dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5.1 (2022): 332–338.

Syarif. “Building Plurality and Unity for Various Religions in the Digital Era: Establishing Islamic Values for Indonesian Students Syarif 1.” Journal of Social Studies Education Research 11.2 (2020): 111–119. Web. 8 Feb. 2023.

Tamam, Ahmad Chafidut et.al. “Konstruksi Kurikulum Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam.” Tafáqquh: Jurnal Penelitian Dan Kajian Keislaman 10.1 (2022): 1–16.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. "Effectiveness of Blended Learning Model Based on Problem-Based Learning in Islamic Studies Course." International Journal of Instruction 15.2 (2022): 775-792

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. "Profesionalisme Guru Madrasah." Yogyakarta: Graha Ilmu (2020).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014).

Umam, Muhamad Khoirul. “Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam.” Jurnal Al-Hikmah 8 (2020): 61–74.

Wahyudi, W Eka et al. Diskursus Filsafat Barat Dan Islam; Dari Pertarungan Gagasan Sampai Perebutan Makna Dan Arah Pendidikan. Ed. Moh. Irmawan Jauhari. Tuban: Mitra Karya, 2018.

Wibowo, Singgih Satrio. “Relevansi Pemikiran Pendidikan Islam Mahmud Yunus Dengan Pendidikan Islam Era 4.0.” IAIN PONOROGO, 2020.

Yasmansyah et.al. “Modernisasi Pendidikan Islam Awal Abad Ke-20: Pergulatan Ilmiah Akademik Lembaga Pendidikan Di Sumatera Barat.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 6.2 (2021): 185–200.

Yunus, Mahmud. Pokok-pokok pendidikan dan pengajaran. Hidakarya Agung, 1978.

Zaenuri, Ahmad. “Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Konsep Metode Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an).” Jurnal Al Ghazali Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam 2.2 (2019): 19–31.

Zulyadain. “Kerangka Paradigmatik Tafsir Alqur’an Alkarim Karya Mahmud Yunus.” Al A’raf: Jurnal Pemikiran Islam dan Filsafat XV.1 (2018): 127–146.

Additional Files

Published

29-06-2023

How to Cite

Asror, M., M. Yunus Abu Bakar, & Ah. Zakki Fuad. (2023). Modernisme Pendidikan Islam dalam Pemikiran Mahmud Yunus: Analisis dan Relevansinya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam Indonesia Era Society 5.0. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 35–52. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11693