Konstruksi Berpikir Kritis dalam Pendidikan Islam: Analisis Tafsir Maudhu’i Berdasarkan Al-Qur’an

Authors

  • Muslim Fikri Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia
  • Elya Munfarida Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11469

Keywords:

Pendidikan Kritis, Tafsir Maudhu’i, Al-Qur’an

Abstract

Pola pendidikan pedagogik telah menghambat daya kritis peserta didik sehingga membatasi kreativitas mereka. Sudah selayaknya keterampilan berpikir kritis ditingkatkan seiring dengan perkembangan dunia pendidikan. Al-Qur’an selalu menganjurkan keutamaan berpikir dalam kehidupan manusia, dan banyak ayat dalam al-Qur’an yang mengajak manusia untuk berpikir (ulul albab). Tujuan penelitian ini guna mempelajari secara lebih rinci pada: pendidikan berpikir kritis dalam al-Qur’an; dan implikasi berpikir kritis dalam al-Qur’an pada pendidikan Islam kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian pustaka (library research). Upaya pengumpulan datanya menggunakan data primer dan data sekunder. Serta menganalisis ayat-ayat literasi dalam al-Qur’an menggunakan metode content analysis dengan pendekatan tafsir maudhu’i (tafsir tematik). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan berpikir kritis dalam al-Qur’an adalah proses berkesinambungan yang mengikat pengetahuan melalui tafakkur, tafaqquh, tadzakkur dan tadabbur. Sedangkan implikasi pendidikan kritis dalam pendidikan Agama Islam kontemporer melalui konsep taksonomi Bloom dan pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), semakin kritis berpikir peserta didik diharapkan semakin paham konsep penciptaan dan semakin dekat dengan Allah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afida, Ifa. “Implikasi Pendidikan Kritis Dalam Pendidikan Islam.” FALASIFA: Jurnal Studi Keislaman, vol. 7, no. 1, 2016, pp. 1–20, http://ejournal.staifas.ac.id/index.php/falasifa/article/view/1.

Al-Fadhil, Musa. “Mazhab Pendidikan Kritis.” Mudarisuna, vol. 6, no. 1, 2016.

Anwar, Bakri. “Pendidikan Islam Melalui Kemahiran Berfikir Membentuk Moral Dan Akhlakul Karimah Pelajar Islam.” Al Daulah : Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, vol. 5, no. 2, 2016, pp. 341–51, doi:10.24252/ad.v5i2.4853.

Arifin, Muhammad Patri. “Makna Syifa’ Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dengan Sains Modern.” Rausan Fikr, vol. 16, no. 2, 2020, pp. 243–65.

Arifin, Zainal. “Perspektif Psikologi Islam Tentang Konsep Critical Thinking Dalam AlQuran.” Jurnal Warta, vol. 62, 2019, pp. 146–61, http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/juwarta/article/download/516/506.

Datunsolang, Rinaldi. “Konsep Pendidikan Pembebasan Dalam Perspektif Islam (Studi Pemikiran Paulo Freire).” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, 2017.

Dinni. HOTS (Higher Order Thingking Skills) Dan Kaitannya Dengan Literasi Matematika. Prima 1, 2018.

Eran, Martin. Pendidikan Yang Membebaskan. Melibas, 2001.

Erpida, Juni, et al. “Konsep Pendidikan Dalam Al Quran.” Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, vol. 19, no. 1, 2022, pp. 1–12, doi:10.46781/al-mutharahah.v19i1.384.

Fahrurrozi, Muhammad. “Urgensi Penguatan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Qur’an Hadist.” Jurnal Penelitian Keislaman, vol. 17, no. 1, 2021, pp. 39–50, doi:10.20414/jpk.v17i1.3369.

Hamzah, Hamzah, et al. "Implementation of Jigsaw type cooperative learning method to increase student learning activity in Fiqh learning during COVID-19." International Journal of Health Sciences I (2022): 4438-4446.

Hamzah, Hamzah, et al. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.

Holimi, Muhammad. “Implementasi Metode Pembelajaran Al-Quran Usia Tamyiz Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (Tpq) Al-Firdaus Malang.” Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 176–89, doi:10.51339/muhad.v2i2.202.

Hunsouw, M. Taib. “Ulul Albab Dalam Tafsir Fi Zhilal Al-Qur’an Kitab Tafsir Sayyid Quthb.” Tahkim, vol. IX, 2013, pp. 172–97.

Jamaluddin, et al. Paradigma Pendidikan Kritis Dalam Perspektif Pendidikan Islam Di Madrasah Aliyah Kota Makassar. no. 2, 2022, pp. 925–36.

Julianai, Wikanti Iffah, et al. “Tafsir Ayat-Ayat Neurosains Dan Implikasinya Bagi Pengembangan Dalam Pendidikan Islam.” Muaddib, vol. 10, no. 01, 2020, pp. 84–96.

Kurniasih, Imas. “Urgensi Literasi Dalam Al-Qur’an Perspektif Tafsir Maqashidi.” Living Islam: Journal of Islamic Discourses, vol. 5, no. 1, 2022, pp. 17–34.

Kurniawan, Irpan. Etika Pola Komunikasi Dalam Al-Qur’an. UIN Jakarta, 2011.

Lestari, Rani. “High Order Thinking Skills (HOTS) Dalam Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains.” Tadrib, vol. 7, no. 1, 2021, pp. 61–70.

Liwaul, et al. “Model Pengelolaan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Melibatkan Metode Cooperative Learning.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 7, no. 2, 2022, pp. 265–77, doi:10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10579.

Mariana, Wan, and Kamarul Shukri. “Pembelajaran Abad Ke-21 Dalam Al-Quran: Satu Manual Pendidikan Istimewa Daripada Allah.” Journal of Educational and Indigeneous Studies, vol. 2, no. 1, 2019.

Mohamed, Aminudin, et al. “Creativity and Inovation As an Indigenous Pedagogy Method.” Journal of Educational Research and Indigenous Studies, vol. 1, no. 1, 2019, p. 2019, www.jerisjournal.com.

Nuraripah, P., et al. “Konstruksi Pendidikan Moderat Melalui Pendidikan Kritis: Studi Atas Al-Talim Wa Tarbiyah Fi Al-Islam Muthahhari.” Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, vol. 2, 2020, pp. 471–81, http://sunankalijaga.org/prosiding/index.php/kiiis/article/view/442.

Nuryatno, Agus. Madzhab Pendidikan Kritis; Menyingkap Relasi Pengetahuan Politik Dan Kekuasaan. Resist Book, 2011.

Prihadi, Edi. “Pengembangan Keterampilan 4C Melalui Metode Poster Comment Pada Mata Pelajarann PAI Dan Budi Pekerti.” Jurnal Pendidikan Islam Rabbani, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 464–79.

Prihantoro, Agung, and Fuad Arif. Politik Pendidikan: Kebudayaan, Kekuasaan, Dan Kebebasan. Pustaka Pelajar, 2004.

Putri, Nur Azizah. “Urgensi Pendidkan Kritis Bagi Pendidikan Islam.” At-Tazakki, vol. 5, no. 1, 2021, pp. 160–74.

RI, Kemenag. Al-Qur’an Bayan. Bayan Qur’an, 2009.

Rofdli, Muhammad Faiz, and Suyadi Suyadi. “Tafsir Ayat-Ayat Neurosains (‘Aql Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Terhadap Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam).” JURNAL At-Tibyan Jurnal Ilmu Alquran Dan Tafsir, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 138–52, doi:10.32505/tibyan.v5i1.1399.

Sariman, et al. “Pengembangan Mutu Peserta Didik Dalam Pembelajaran : Implementasi Profesionalisme Guru Madrasah.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, doi:10.25299/al-.

Setiarsih, Ari. “Diskursus Pendidikan Kritis (Critical Pedagogy) Dalam Kajian Pendidikan Kewarganegaraan.” Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, vol. 5, no. 2, 2017, pp. 76–85, doi:10.25273/citizenship.v5i2.1310.

Soyomukti, Nurani. Teori-Teori Pendidikan. Ar-Ruzz Media, 2015.

Susanto, Ahmad. Teori-Teori Pembelajaran Di Sekolah Dasar. PRENADAMEDIA GROUP, 2013.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Sukenti, Desi, Syahrul Ramadhan, Mukhaiyar Mukhaiyar, Syahraini Tambak. "Writing Assessment Construction for Madrasah Teacher: Engaging Teacher Faith and Identity Processes." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 11.3 (2022): 448-456. https://doi.org/10.23887/jpiundiksha.v11i3.40995.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, Choirul Mahfud, Eva Latipah, and Desi Sukenti. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, Desi Sukenti, Yusuf Hanafi, Rianawati Rianawati, and Amril Amril. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. "Effectiveness of Blended Learning Model Based on Problem-Based Learning in Islamic Studies Course." International Journal of Instruction 15.2 (2022): 775-792

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, http://doi.org.10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, Hamzah hamzah, Desi Sukenti, and Mashitha Sabdin. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, Hamzah Hamzah, M. Yusuf Ahmad, Erma Linda Siregar, Desi Sukenti,Mashitah Sabdin, and Ratu Bai Rohimah. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Amril Amril, Desi Sukenti, Hamzah Hamzah, and St. Marwiyah. “Madrasa Teacher Professionalism: Effect of Gender and Teaching Experience in Learning.” International Journal of Evaluation and Research in Education 11.3 (2022): 1490-1499. https://doi.org/10.11591/ijere.v11i3.22539.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, Desi Sukenti, and Ermalinda Siregar. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. "Profesionalisme Guru Madrasah." Yogyakarta: Graha Ilmu (2020).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014).

Wulandari, Apri, and Suyadi Suyadi. “Pengembangan Emosi Positif Dalam Pendikan Islam Perspektif Neurosains.” Tadrib, vol. 5, no. 1, 2019, pp. 51–67, doi:10.19109/tadrib.v5i1.3016.

Additional Files

Published

30-06-2023

How to Cite

Muslim Fikri, & Elya Munfarida. (2023). Konstruksi Berpikir Kritis dalam Pendidikan Islam: Analisis Tafsir Maudhu’i Berdasarkan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 8(1), 108–120. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2023.vol8(1).11469