Tengku Inong dari Dayah Salafiah Aceh: Kearifan Lokal dalam Penguatan Pendidikan Karakter

Authors

  • Mohd. Nasir Institut Agama Islam Negeri Langsa, Aceh, Indonesia
  • Wali al-Khalidi Institut Agama Islam Negeri Langsa, Aceh, Indonesia
  • Muhibuddin Muhibuddin Institut Agama Islam Negeri Langsa, Aceh, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11255

Keywords:

Tengku Inong, Kearifan Lokal, Penguatan Karakter

Abstract

Penelitian tentang Tengku Inong dan pendidikan karakter telah banyak dilakukan, namun mengaitkan dengan strategi kearifan lokal belum ditemukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kearifan lokal Tengku Inong dalam mensukseskan program penguatan pendidikan karakter (PPK). Artikel ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan etnopedagogi pada tiga dayah salafiah (Darul Huda, RAMA, Bustanul Huda). Sumber data melalui wawancara 5 Tengku Inong dan 10 santriwati, observasi serta dokumentasi. Analisa data dilakukan secara kualitatif melalui tiga tahapan: reduksi data, display data, pengambilan kesimpulan/verifikasi menggunakan teori hegemoni Antanio Gramsci. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga strategi Tengku Inong mendidik karakter: Pertama, melalui hareh/asisten tengku sebagai pengontrol yang menguatkan nilai religius; kedua, melalui beut seumeubet untuk menguatkan nilai integritas dan mandiri; ketiga dengan keuramat untuk menguatkan nilai gotong royong. Tengku Inong telah mensukseskan program PPK menggunakan stategi kearifan lokal. Pendidik perlu membangun konsep pendidikan karakter berbasis kearifan lokal seiring tingginya dekadensi moral dan melunturnya nilai lokalitas

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Dardiri, M. Anas Thohir; Alfina C. .. “A Comparative Study on Sheikh Az-Zarnuji Thought and Idealism in the Philosophy of Education.” Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, vol. 12, no. 2, 2017, pp. 411–33, https://doi.org/10.21274/epis.2017.12.2.411-433.

A. Samad Usman, Abdul Hadi. “Manajemen Lembaga Pendidikan Dayah.” Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, vol. 10, no. 2, 2014, pp. 11–23.

Ahmad, Kamaruzzaman Bustamam. “A Current Portrait of Islamic Education in Aceh.” Islamika Indonesiana, vol. 1, no. 1, 2014, p. 1, https://doi.org/10.15575/isin.v1i1.1.

Ansori, Ida Saidah;Ibnu H. “Digitalisasi Kitab-Kitab Virtual Santri Milenial.” Annual Symposium on Pesantren Studies (AnSoPS), 2019, pp. 57–78.

Aslam Nur. “Kearifan Lokal Dan Upaya Penanggulangan Aliran Sesat Di Aceh.” Jurnal Adabiya, vol. 18, no. 35, 2016, pp. 1–16.

Aulianida, Dhea, et al. “Penggunaan Closed Circuit Television Sebagai Mekanisme Pendisiplinan Di SMAN 2 Karanganyar.” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, 2013, pp. 1689–99.

Abdullah, Tengku. Negoisasi Dayah Walidy. 1 12 2021.

Adam, Asiah M. Negoisasi Santriwati di Dayah Salafiah Walidy. 1 Januari 2021.

Bajari, Atwar. “Konferensi Nasional Komunikasi.” Konstruksi Media Republika Online Terhadap Pidato Pelantikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, vol. 01, no. 01, 2017, pp. 657–67, http://pknk.org/index.php/PKNK/article/view/47/52.

Basri, tengku Basyariah. Negoisasi Santri Salafiah di Aceh Walidy. 30 Desember 2020.

Bicker, A., et al. Development and Local Knowledge. Taylor & Francis, 2004, https://books.google.co.id/books?id=yf5-AgAAQBAJ.

Bukhārī, Muhammad bin Ismā’īl al. “Shahih Al-Bukhari Shahih Al-Bukhari.” Dār Ibn Kasīr, Dār Ibn Kasīr, 2002.

Burhan Al-Islam Al-Zarnuji. Ta’lim Al-Muta’alim Thariq Al-Ta’allum. 2004, p. 10.

Dahliyana, Asep. “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sekolah.” Sosio Religi: Jurnal Kajian Pendidikan Umum, vol. 15, no. 1, 2017, pp. 54–64.

Faisal, Muhammad. MANAJEMEN PERENCANAAN PEMBELAJARAN PADA DAYAH DI ACEH. no. 2, 2022, pp. 123–38.

Gramsci, A., et al. History, Philosophy and Culture in the Young Gramsci. Telos Press, 1975, https://books.google.co.id/books?id=16zaAAAAMAAJ.

Gramsci, Antanio. Prison Notebooks Antanio Gramsci (Catatan-Catatan Dari Penjara). Pustaka Pelajar, 2013.

Herry-Priyono, B. Anthony Giddens: Suatu Pengantar. Kepustakaan Populer Gramedia, 2016.

Huberman, Matthew B. Miles dan A. Michael. Analisis Data Kualitatif. UI Press, 1992.

I Gusti Made Lasia, S. P. Geguritan Penguatan Pendidikan Karakter: Sesuai Peraturan Presiden RI No. 87 Tahun 2017. Grapena Karya, 2020, https://books.google.co.id/books?id=3orZDwAAQBAJ.

Ikrimah. Negoisasi Santriwati di Dayah Salafiah Walidy. 31 Desember 2020.

Khutaimah, Cut. Negoisasi Santriwati di Dayah Salafiah Walidy. 1 Januari 2021.

Kausar, M. Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Dayah Ma’had Al - ‘ Ulūm Dīniyyah Al - Islāmiyyah Mesjid Raya Mudi Mesra. no. 1, 2020, pp. 24–35.

Kreps, D. Gramsci and Foucault: A Reassessment. Ashgate Publishing Limited, 2015, https://books.google.co.id/books?id=fp8QBgAAQBAJ.

Kristianto, Paulus Eko. “Peran Ulama Perempuan Dalam Menanggapi Perkawinan Anak Di Indonesia.” Sawwa: Jurnal Studi Gender, vol. 13, no. 2, 2018, p. 165, https://doi.org/10.21580/sa.v13i2.2796.

Lailatussaadah. “Pengembangan Bale Beut Dalam Kepemimpinan Teungku Inong Di Kecamatan Delima Pidie.” Conference Proceedings – ARICIS I, vol. 1, 2017, pp. 126–33.

Ma’rufah, St, et al. “Persepsi Terhadap Kepemimpinan Kiai, Konformitas Dan Kepatuhan Santri Terhadap Peraturan Pesantren.” Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, vol. 3, no. 02, 2014, pp. 97–113, https://doi.org/10.30996/persona.v3i02.374.

Manan, Abdul. Teungku Inong & Tradisi Pengajian Di Aceh. no. October, 2017.

Mohd. Nasir, Syamsul Rizal, Wali Alkhalidi. Jurnal Tarbiyah. no. 1, 2022, pp. 78–91, http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tarbiyah.

Muali, Chusnul, et al. The Role of Sufistic-Based Kiai Leadership in Developing the Character of Santri in the Pesantren. no. 3, 2021.

Muhammad, Syaikh Ahmad bin. Syarah Sâwi ‘ala Jauharata Tauhîd. Dâr Ibnu Kasîr, 1999.

Muhammad, Mahdir, and Nuril Khaira. Kegiatan Beut Seumeubeut Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Pendidikan Dayah Al Misbahul Aziziyah Samalanga. 2022, pp. 303–12.

Muzani, Suprapti. “Gender Dalam Perspektif Syariah Islamiyah.” Jurnal SAWWA, vol. 10, no. 1, 2014, pp. 47–58.

Nasir, Muhammad. “Syariat Islam Dan Ngangkang Style : Mengenal Kearifan Lokal Dan Identitas Perempuan Aceh.” Miqot, vol. XXXVII, no. 1, 2013, pp. 198–213.

Nazaruddin, Karnila. “Aneuk Meudagang Tradition In Dayah ( A Study On Santriwati Meudagang At Dayah Al-Ikhlas ) Tradisi Aneuk Meudagang Di Dayah ( Kajian Santriwati Meudagang Di Dayah Al- Ikhlas Abstrak Pendahuluan Ulam a Aceh Kelom Pok Inform Al Keilm Uan Tradisi Dalam Usia.” Indonesian Journal of Islamic History and Culture, vol. 2, no. 1, 2021.

Nirzalin Armia. “Teungku Dayah Dan Kekuasaan Panoptik.” Substantia, vol. 16, no. 1, 2014, pp. 13–34, https//:jurnal.ar-raniry.ac.id › substantia › article.

---. “Teungku Dayah Dan Kekuasaan Panoptik.” Substantia, vol. 16, no. 1, 2014, pp. 13–34.

Nur Aini, Muyaisirah, Fatimah, Zakiatun Nufus, Dara Aulia. Negoisasi Santriwati di Dayah Salafiah Walidy. 24 Mei 2020.

Nuruddin ‘Ali Al-Haitami. Majma’ Al-Zawâ’id Wa Manba’ Al-Fawâ’id. Dār al-Fikr.

Prasetyo, Eko Wahyu. The Effectiveness of Surveillance System Through CCTV ( Close Circuit Television ) in Improving Campus Environment Security. 2022, pp. 76–81.

Risdiana, Aris, et al. “Transformasi Dakwah Berbasis ‘Kitab Kuning’ Ke Platform Digital.” Jurnal Lektur Keagamaan, vol. 18, no. 1, 2020, pp. 1–28, https://doi.org/10.31291/jlk.v18i1.682.

Silahuddin, Silahuddin. “Budaya Akademik Dalam Sistem Pendidikan Dayah Salafiyah Di Aceh.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 40, no. 2, 2016, https://doi.org/10.30821/miqot.v40i2.296.

Siregar, Muammar Kadafi. “Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 3, no. 2, 2018, pp. 16–27, https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Spradley, James P. The Ethnographic Interview. Waveland Press, Inc, 2016.

Srimulyani, Eka. “Nyai Dan Umi Dalam Tradisi Pesantren Di Jawa Dan Dayah Di Aceh : Achieved and Derivative Power.” Jurnal Masyarakat & Budaya, vol. 11, no. 1, 2009, pp. 51–64.

Subakat, Rahayu. “Peranan Dayah Dan Moenasah Di Aceh Dalam Membentuk Masyarakat Religius. Jurnal As-Salam.” As-Salam, vol. 1, no. 3, 2017, pp. 68–79, https://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/view/20%0Ahttps://jurnal-assalam.org/index.php/JAS/article/download/20/17.

Susanti, R., et al. “Agency Perempuan Pada Pondok Pesantren Di Kalimantan Selatan.” Al-Banjari: Jurnal …, vol. 20, no. 1, 2021, pp. 1–20, https://doi.org/10.18592/al-banjari.v20i1.5596.

Suseno, F. M. Dalam Bayang-Bayang Lenin. Gramedia Pustaka Utama, 2016, https://books.google.co.id/books?id=csdGDwAAQBAJ.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation 6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tullah, Rachmat. “Upaya Pengembangan Sistem Pendidikan Islam Di Aceh (Studi Kasus Pada Ma’hadal Al ’Ulum Diniyah Islamiyah Mesjid Raya (MUDI MESRA), Samalanga, Aceh).” Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, vol. 4, 2017, pp. 9–15.

Ula, Multazimatul. Pelaksanaan Kewajiban Privat Untuk Meningkatkan Mutu Santri Dalam Memahami Ilmu Munakahat (Pengabdian Di Dayah Putri Muslimat Samalanga Bireuen). 2022, pp. 141–57.

Umaimah Wahid, Abdul Rozak, Rachmi Kurnia Siregar. Tengku Inong Sebagai Role Model Dalam Pengembangan Masyarakat Gampong. no. 01, 2018, pp. 737–45.

Utami, Rizka. “Integrasi Kurikulum Di Indonesia Dalam Menghadapi Era Society 5.0.” Jurnal FTIK, 2019, pp. 213–18.

ZA, Tabrani, et al. “Parameter Transformasi Kurikulum Dayah Salafiyah Di Aceh.” Tazkir : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial Dan Keislaman, vol. 7, no. 1, 2021, pp. 91–110, https://doi.org/10.24952/tazkir.v7i1.4218.

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Nasir, M., Wali al-Khalidi, & Muhibuddin Muhibuddin. (2022). Tengku Inong dari Dayah Salafiah Aceh: Kearifan Lokal dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 382–397. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11255