Pembentukan Karakter Religius Berbasis Neurosains: Konstruksi Upaya Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Authors

  • Fadkhulil Imad Haikal Huda Magister Pendidikan Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11138

Keywords:

Neurosains, Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk konstruksi upaya guru dalam membentuk karakter religius berbasis neurosains dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus dengan melakukan wawancara terstruktur mendalam kepada informan penelitian (guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik). Data dianalis menggunakan display data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan karakter religious berbasis neorosains adalah dengan mengenalkan kecintaan kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Guru pendidikan agama Islam mengajarkan kepada peserta didik arti nilai pendidikan karakter yang berbasis agama sehingga dapat membentuk karakter yang saleh yang menyejukkan jiwa. Guru PAI di sekolah menjadi seorang role model atau suri teladan yang baik di hadapan peserta didik dalam membantuk siswa yang saleh, dan menjadi orang yang saleh. Guru membangun kesadaran emosional dalam mengenali emosi, mengelola emosi dan memberi motivasi diri kepada peserta didik mereka. Dengan demikian peserta didik dapat mengoptimalkan dan memfungsikan seluruh sistem jaringan pada otak secara maksimal sehingga menjadi insan-insan kamil yang memiliki daya berpikir yang paripurna. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan karakter religious peserta didik berbasis neurosains dalam pendidikan Islam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi Kuswandi, Rosichin Mansur, and Siti Masyruhah. "Upaya Guru Pendidikan Aagama Islam Dalam Menanamkan Nilai Karakter Kepedulian Sosial Pada Siswa SMA Negeri 2 Malang". VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7.4 (2022).. Retrieved from http://riset.unisma.ac.id/index.php/fai/article/view/16566

Aiman Faiz. "Program Pembiasaan Berbasis Pendidikan Karakter Di Sekolah Aiman Faiz karena kualitas karakter menentukan". PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon, 5.20 (2019). https://doi.org/https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.741

Aiman Faiz, Bukhori Soleh, Imas Kurniawaty, and Purwati. "Tinjauan Analisis Kritis Terhadap Faktor Penghambat Pendidikan Karakter di Indonesia". JURNAL BASICEDU, 5.4 (2021): 1766–1777. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1014 Article Metrics

Aiman Faiz, & Imas Kurniawaty. "Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme". Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12.2 (2020): 155–164. https://doi.org/https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.973

Amita Diananda. "Psikologi Remaja dan Permasalahannya". Istighna: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 1.1 (2018): 116–133. https://doi.org/https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20

Burhaein, Erik. "Aktivitas permainan tradisional berbasis neurosainslearning sebagai pendidikan karakter bagi anak tunalaras." Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran 3.1 (2017): 55-68.

Citra Trisna Dewi, Nur Wulandari Fitri, and Ovi Soviya. "Neurosains dalam Pembelajaran Agama Islam". TA’ALLUM: Jurnal Pendidikan Islam, 6.2 (2018): 259–280. https://doi.org/https://doi.org/10.21274/taalum.2018.6.2.259-280

Dewi, Citra Trisna, Nur Wulandari Fitri, and Ovi Soviya. "Neurosains dalam Pembelajaran Agama Islam." Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam 6.2 (2018): 259-280.

Ely Manizar HM. "Mengelola Kecerdasan Emosi". TADRIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2.2 (2016): 198–213. Retrieved from http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/Tadrib/article/view/1168

Harahap, Zunaidi M. Rasid, and Suyadi Suyadi. "Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Behaviorisme Berbasis Neurosains Di Sd Muhammadiyah Purbayan." Psikoislamedia: Jurnal Psikologi 5.1 (2020): 38-53.

Hartati Widiastuti. "Peran Guru Dalam Membentuk Siswa Berkarakter". Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers Pendidikan Guru Sekolah Dasar UMS 2012. (2012). Surakarta. Retrieved from http://hdl.handle.net/11617/1670

Intan Mayang Sahni Badry, and Rini Rahman. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menanamkan Nilai Karakter Religius". An-Nuha: Jurnal Pendidikan Islam, 1.4 (2021): 573–583. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/annuha.v1i4.135

Khoirun Nisa’, and Nurie Astari. "Upaya Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Tanggung Jawab Siswa Di SMP Negeri 1 Ploso Jombang". Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 16.4 (2022). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35931/aq.v16i4.1061

Lauralee Sherwood. Fisiologi Manusia dari Sel ke Sistem (4th ed.; Brahm U, ed.). Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC. (2009).

Luh Kompiang Sari. "Pendidikan Berkarakter Perpektif dalm Pembangunan dan Pembentukan Moral Peserta Didik". WIDYACARYA: Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 4.1 (2020): 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.55115/widyacarya.v4i1.554

Mohammad Kosim. "Urgensi Pendidikan Karakter". KARSA: Jurnal Sosial Dan Budaya Keislaman, 19.1 (2012): 84–92. https://doi.org/https://doi.org/10.19105/karsa.v19i1.78

Muhammad Yunus. "Upaya Guru Membentuk Karakter Bangsa Pada Anak Usia Dini Melalui Proses Pembelajaran di Yayasan Raudatul Athfal (RA) Fathun Qarib". Serambi Akademica: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Humaniora, 3.2 (2015): 174–182. https://doi.org/https://doi.org/10.32672/jsa.v7i2

Nani Restati Siregar. “Cool” dan “Hot” Brain Executive Functioning dan Performansi Akademik Siswa". Buletin Psikologi, 26. 2 (2018): 97–110. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.38817

Nasrullah. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa". Kreatif: Jurnal Studi Pemikiran Pendidikan Agama Islam, 13.1 (2015): 52–68. https://doi.org/https://doi.org/10.52266/kreatif.v13i1.75

Nasrullah. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kota Bima)". JIE: Journal of Islam Education, 3.2 (2018): 163–186. https://doi.org/https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.99

Rezky A. Yastab, Taufiq Pasiak, and Sunny Wangko. "Hubungan Kinerja Otak dan Spiritualis Manusia Diukur Dengan Menggunakan Indonesia Spiritual Health Assesment Pada Pemuka Agama di Kabupaten Halmahera Tengah". Jurnal E-Biomedik (EBM), 2.2 (2014). https://doi.org/https://doi.org/10.35790/ebm.v2i2.4700

Riskha Ramanda, Zarina Akbar, and R. A. Murti Kusuma Wirasti. "Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Body Image Bagi Perkembangan Remaja". JURNAL EDUKASI: Media Kajian Bimbingan Konseling, 5.2 (2019): 121–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/je.v5i2.5019

Saifurrahman, Saifurrahman. "Desain Pembelajaran Keagamaan Islam Berbasis Neurosains." AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman 6.1 (2019): 55-73.

Sholichah, Aas Siti. "Urgensi Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini Dalam Tinjauan Neurosains." JECIES: Journal of Early Childhood Islamic Education Study 1.1 (2020): 01-14. https://doi.org/https://doi.org/10.33853/jecies.v1i1.51

Sulastri, and Betty Mauli Rosa Bustan. "Relevansi Filsafat Ilmu pada pembelajaran Pendidikan Islam berbasis Higher Order of Thinking Skill". Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11.1 (2022): 100–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tadibuna.v11i1.6614

Suwandi, and Hendro Widodo. "Penerapan Kurikulum PAI terhadap Pembentukan Karakter Islami Siswa MTs Al-Khairiyah Pulokencana". JURNAL IDEAS: Pendidikan, Sosial Dan Budaya, 7.3 (2021): 127–134. https://doi.org/https://doi.org/10.32884/ideas.v7i3.400

Suyadi, and Mawi Khusni Albar. "Ngrowot Tradition in Neuroscience Study in Luqmaniyah Islamic Boarding School, Yogyakarta". IBDA’: Jurnal Kajian Islam Dan Budaya, 16.1 (2018): https://doi.org/10.24090/ibda.v16i1.1394

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, (2020), doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552

Syaifuddin, Tamam, and Luthfiyah Nurlaela. "Contextual Teaching and Learning (CTL) Model to Students Improve Learning Outcome at Senior High School of Model Terpadu Bojonegoro." IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2.5 (2021): 528-535.

Tamur, Maximus, et al. "Learning from the past: meta-analysis of contextual teaching-learning of the past decade." IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application) 4.1 (2021): 1-10.

Tafsir, Ahmad. Ilmu pendidikan dalam perspektif Islam. Remaja Rosdakarya, 1992.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014):

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Fadkhulil Imad Haikal Huda. (2022). Pembentukan Karakter Religius Berbasis Neurosains: Konstruksi Upaya Guru dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 491–502. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).11138