Penanaman Karakter Islami Anak Usia Dini dalam Pendidikan Keluarga: Konstruksi Pemikiran Harry Santosa dan Irwan Prayitno
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10996Keywords:
Misi Keluarga, , Anak Usia Dini, Karakter Islami, Harry Santosa, Irwan PrayitnoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konsep pendidikan karakter islami anak usia dini dalam keluarga dari pemikiran Harry Santosa dan Irwan Prayitno. Metode penelitian kualitatif berupa kajian pustaka dengan pendekatan concept analysis. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa, dalam menanamkan karakter islami sejak anak usia dini Harry Santosa memiliki konsep “mission of life” yang harus dimiliki orangtua dengan dasar keimanan dan Islamic Worldview, sehingga terbangun peradaban keluarga sesuai fitrah sebagai ayah dan ibu, juga harus memiliki visi pendidikan dengan menjadikan generasi Abdullah dan khalifatullah sesuai bakat dari bidang yang diminati anak. Kemudian Irwan Prayitno melengkapi dengan sebuah konsep “pengawasan dan komunikasi” yang harus dilakukan selama 24 jam dengan menjalin komunikasi yang baik kepada para pengasuh dan bergaul bersama anak sesuai potensi dasar perkembangan usia dini. Dengan demikian mendidik anak akan menjadi mudah melalui kesadaran dan kesucian jiwa. Diperlukan penelitian selanjutnya untuk membuat modul pendidikan karakter islami bergaul bersama anak berdasarkan misi hidup
Downloads
References
Aditiya, Novela, and Nur Hidayat. Peran Orangtua Menanamkan Nilai Karakter Islami Pada Anak Selama Pembelajaran Daring. no. 4, 2022, pp. 1385–97, doi:10.35931/aq.v16i4.1109.
Al-Mubarakfury, Syaikh Syafiyyur Rahman. Shahih Tafsir Ibnu Katsir. Edited by Abu Ahsan Sirojuddin Hasan Bashri, 11th ed., Pustaka Ibnu Katsir, 2014.
Arsyadana, Addin, and Rizqa Ahmadi. “Learning Model-Based Digital Character Education in Al-Hikmah Boarding School Batu.” Didaktika Religia, vol. 7, no. 2, 2019, pp. 234–55, doi:10.30762/didaktika.v7i2.2176.
Aryani, Nini, and Nopa Wilyanita. “Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Terintegrasi Pembelajaran Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Sejak Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, 2022, pp. 4653–60, doi:10.31004/obsesi.v6i5.2339.
Astari, Winda, and Sariah Sariah. “Konsep Parenting Pada Anak Usia Dini Menurut Mohammad Fauzil Adhim.” KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, vol. 5, no. 1, 2022, p. 115, doi:10.24014/kjiece.v5i1.16835.
Bali, Engelbertus Nggalu, and Credo G. Betty. “Peran Ayah Dalam Mendampingi Anak Selama Masa Belajar Dari Rumah (BDR) Covid-19.” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, 2022, p. 12, doi:10.35473/ijec.v4i1.1319.
Chasanah, Abidatul. Anak Usia Dini Dalam Pandangan Al-Qur’an, Al-Hadits Serta Pendapat Ulama. no. Mei, 2019, pp. 1–23.
Elmahera, Deti. “Analisis Bullying Pada Anak Usia Dini.” Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 2018.
Eriyanto. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Ilmu Sosial Lainnya. 3rd ed., Prenada Media Group, 2015.
Fariq, Wan Muhammad, et al. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Perspektif Muhammad Taqī Al-Falsafī; Tela’ah Kitab Al-Thifl Baina Al-Waratsah Wa Al-Tarbiyah.” Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, 2021, pp. 105–23, doi:10.24042/ajipaud.v4i1.8401.
Gufron, M. “Transformasi Paradigma Teologi Teosentris Menuju Antroposentris:Telaah Atas Pemikiran Hasan Hanafi.” Millati: Journal of Islamic Studies and Humanities, vol. 3, no. 1, 2018, p. 141, doi:10.18326/mlt.v3i1.141-171.
Hendayani, Meti. “Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik Di Era 4.0.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 7, no. 2, 2019, p. 183, doi:10.36667/jppi.v7i2.368.
Juwita, Dwi Runjani. “At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah , Vol . 7 No . 2 , Juli 2018.” At-Tajdid: Jurnal Ilmu Tarbiyah, vol. 7, no. 2, 2018, pp. 282–314.
Khamim, Nur. Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga Millenial. no. September, 2019, pp. 132–42, doi:10.5281/zenodo.3408603.
LEY. Perpres 60 Tahun 2013. 2013.
Lina Najwatur Rusydi, et al. “Konsep Pendidikan Keimanan Menurut Abdullah Nashih Ulwan Bagi Anak Usia Dini.” Prosiding Bimbingan Konseling, vol. 132, PSBKI, 2018.
Mawarni Purnamasari, and Na’imah Na’imah. “Peran Pendidik Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.” Jurnal Pelita PAUD, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 295–303, doi:10.33222/pelitapaud.v4i2.990.
Muzaki, Iqbal Amar, and Ahmad Tafsir. “Pendidikan Multikultural Dalam Perspektif Islamic Worldview.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 6, no. 1, 2018, p. 57, doi:10.36667/jppi.v6i1.154.
Nafisah, Fiina Tsamrotun, and Ashif Az Zafi. “Model Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga Perspektif Islam Di Tengah Pendemi Covid-19.” Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 1–20, doi:10.21274/taalum.2020.8.1.1-20.
Nemova, Olga Alekseevna, et al. “Sociocultural Mechanisms of Intergenerational Values and Mindset Translation in Modern Family Development and Generational Change.” International Journal of Environmental and Science Education, vol. 11, no. 13, 2016, pp. 6226–37.
Nurhayati, R. “Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Undang–Undang No, 20 Tahun 2003 Dan Sistem Pendidikan Islam.” Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, vol. 3, no. 2, 2020, p. 128.
Othman, Nooraini. “A Preface to the Islamic Personality Psychology.” International Journal of Psychological Studies, vol. 8, no. 1, 2015, p. 20, doi:10.5539/ijps.v8n1p20.
Parina, Parina, et al. “Orang Tua Sebagai Pendidik Dalam Perspertif Abdullah Nasih Ulwan.” Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 14, no. 1, 2021, p. 15, doi:10.32832/tawazun.v14i1.4017.
Prabowo, Sultan Hadi, et al. “Peran Orangtua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam.” Pendidikan Islam, vol. 11, no. 2, 2020, pp. 191–207.
Prasanti, Ditha, and Dinda Rakhma Fitrianti. “Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas.” Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, vol. 2, no. 1, 2018, p. 15.
Prayitno, Irwan. Anakku Penyejuk Hatiku. Edited by Dian Yasmina Fajri et al., 2nd ed., Pustaka Tarbiatuna, 2004.
Putra, Ary Antony. “Konsep Pendidikan Agama Islam Perspektif Imam Al-Ghazali.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 41–54, doi:10.25299/althariqah.2016.vol1(1).617.
Ramadhanti, Dinda Fajar, et al. “Hubungan Antara Kelekatan Pada Ayah Dengan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini.” Edukids, vol. 18, no. 229, 2021, pp. 1–6, doi:10.17509/edukids.v18i1.24295.
Rochim, Abdul, et al. “Tindak Kriminalitas Anak Sangat Memprihatinkan.” Sindo News.Com, 2019.
Rosmasari, Titin. “Anak-Anak ‘Generasi Gadget’ Dan Tantangan Pola Asuh.” CNN Indonesia, 2019.
Rosyadi, Rahmat. Pendidikan Islam Dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini (Konsep Dan Praktek PAUD Islami). 1st ed., Rajagrafindo Persada, 2013.
Salim, Nur Zaidi, et al. Rekonstruksi Pendidikan Karakter Di Era Globalisasi : Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih. no. 1, 2022, doi:10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9468.
Santosa, Harry. Fitrah Based Life: Finding Your Mission Based On Fitrah. Edited by Haniya Nuha Syadzwina, 2nd ed., Yayasan Fitrah Wirabumi Madani, 2021.
Sayyidi, Sayyidi, and Muhammad Abdul Halim Sidiq. “Reaktualisasi Pendidikan Karakter Di Era Disrupsi.” Bidayatuna: Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, vol. 3, no. 1, 2020, p. 105, doi:10.36835/bidayatuna.v3i01.520.
Sinansari, Windi, and Rachma Hasibuan. “Pengaruh Smart Parenting Demokratis Terhadap Kemandirian Inisiatif Anak Usia 5-6 Tahun Di Pakel Tulungagung.” Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 12, no. 1, 2021, pp. 83–92, doi:10.17509/cd.v12i1.33603.
Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif. Edited by Sofia Yustiani Suryandari, 4th ed., Alfabeta, CV, 2021.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552
Abdullah, Anzar. “Pendidikan Islam Sepanjang Sejarah: Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesia.” SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, vol. 1, no. 2, 2013, p. 16.
Amaly, Abdul Mun’im, et al. “Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 1, June 2021, pp. 88–104. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712.
Anggiani, Mira Mustia. “PONDOK PESANTREN KEBON JAMBU AL-ISLAMY DI DESA BABAKAN KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON SEJARAH BERDIRI DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA MODEREN.” Al-Fikra Jurnal Ilmiah Keislaman, vol. 3, no. 2, 2020, pp. 22–34.
Azhar, S. “Pendidikan Agama Islam (Transformasi Potensialitas Ke Aktualitas).” Jurnal Idaarah, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 96–104, https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V1I1.4130.
Baso, Ahmad. “SEJARAH LAHIRNYA PESANTREN BERDASARKAN NASKAH BABAD CIREBON KOLEKSI PNRI.” Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, vol. 9, no. 1, Aug. 2019, p. 1. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.37014/jumantara.v9i1.231.
Basri, H. Ilmu Pendidikan Islam. 3rd ed., Angkasa, 2003.
Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Pondok Pesantren.” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 1, no. 1, June 2017, pp. 43–52. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.820.
Daulay, H. P. Sejarah Pertumbujan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Putra Grafika, 2007.
Dzikri, Ahmad Dzikri. “Pesantren Dan Perubahan Sosial: Studi Terhadap Peran Pesantren Al-Ishlah, Sidamulya Cirebon.” TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, vol. 5, no. 1, June 2019, pp. 59–80. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.961.
Fadli, Adi. “PESANTREN: SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA.” EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, vol. 5, no. 1, 2019, pp. 29–42.
Fitri, Riskal, and Syarifuddin Ondeng. “PESANTREN DI INDONESIA: LEMBAGA PEMBENTUKAN KARAKTER.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2022, pp. 42–54.
Haeruddin, Haeruddin, et al. “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An- Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 4, no. 1, July 2019, pp. 60–73. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3203.
Haningsih, Sri. “Peran Strategis Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia.” el-Tarbawi, vol. 1, no. 1, 2008, pp. 27–39. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art3.
Hayati, Nur. “Tipologi Pesantren: Salaf dan Kholaf.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 101–10.
Ihsan, Mahlil Nurul, et al. ISLAMIC BOARDING SCHOOL CULTURE CLIMATE IN FORMING THE RELIGIOUS ATTITUDE OF ISLAMIC STUDENTS IN MODERN AND AGROBUSINESS ISLAMIC BOARDING SCHOOLS. no. 2, 2021, p. 21.
Kampah, Ki. Babad Cirebon Carub Kandha Naskah Tangkil. Rumah Budaya Nusantara Pesambangan Jati Cirebon, 2013.
Makruf, M. Konsep Mewujudkan Kehidupan Yang Seimbang Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Al-Makrifat, 2019.
Nata, Abudin. Sejarah Pendidikan Islam. 1st ed., Kencana, 2011.
Purnomo, and Putri Irma Solikhah. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, Dec. 2021, pp. 378–94. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8054.
Rindanah, Rina. “GENEOLOGI PESANTREN BENDA KEREP DAN PESANTREN BUNTET CIREBON; SUATU PERBANDINGAN.” Holistik, vol. 14, no. 2, 2013, pp. 209–30.
Rouf, Muhammad. “Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia.” Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, 2016, pp. 68–92. Zotero, http://dx.doi.org/10.30651/td.v5i1.345.
Siregar, Muammar Kadafi. “Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 3, no. 2, Nov. 2018, pp. 16–27. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263.
Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Moderen. LP3ES, 1986.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). CV Alfabeta, 2015.
Sunarto, M. Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Raja Grafindo Persada, 2005.
Suntiah, Ratu, and H. Maslani. “Sistem Pembelajaran di Pesantren Kebon Jambu al-Islami Babakan Ciwaringin Cirebon.” Jurnal Perspektif, vol. 3, no. 2, Dec. 2019, p. 165. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.15575/jp.v3i2.46.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.
Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644
Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527
Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03
Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16
Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.
Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.
Thontowi, Zulkifli Syauqi, et al. “Manajemen Pendidikan Keluarga: Perspektif Al-Quran Menjawab Urban Middle Class Milenial.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, no. 01, 2019, p. 159, doi:10.30868/ei.v8i01.393.
Ulfa, Mutia, and Na’imah. “Peran Keluarga Dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini.” Aulad : Journal on Early Childhood, vol. 3, no. 1, 2020, pp. 20–28, doi:10.31004/aulad.v3i1.46.
Umroh, Ida Latifatul. “Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secaraa Islami Di Era Milenial 4.0.” Ta’lim : Jurnal Studi Pendidikan Islam, vol. 2, no. 2, 2019, pp. 208–25, http://e-jurnal.unisda.ac.id/index.php/talim/article/view/1644.
Wahyuni, Ida Windi, and Ary Antony Putra. “Kontribusi Peran Orangtua Dan Guru Dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 5, no. 1, 2020, pp. 30–37, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854.
Wulandari, Taat, et al. “Pendidikan Karakter Dalam Keluarga Melalui Pola Asuh Orangtua.” Jurnal Kependidikan, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 129–42, doi:https://doi.org/10.21831/jk.v3i1.22392.
Wuryaningsih, Wuryaningsih, and Iis Prasetyo. “Hubungan Keteladanan Orang Tua Dengan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, 2022, pp. 3180–92, doi:10.31004/obsesi.v6i4.2330.
Zaini, Ahmad. “Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 3, no. 1, 2019, p. 118, doi:10.21043/thufula.v3i1.4656.
Zakariya, Din Muhammad. “Teori Pendidikan Karakter Menurut Al-Ghozali.” Tadarus, vol. 9, no. 1, 2020, pp. 92–108, doi:10.30651/td.v9i1.5463.
Zubaedi. “Optimalisasi Peranan Ibu Dalam Mendidik Karakter Anak Usia Dini Pada Zaman Now.” Journal Of Early Childhood Islamic Education, vol. 3, no. 1, 2019, pp. 49–63.