Pengembangan E-Modul Berbasis Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar Islam
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10851Keywords:
e-modul, nilai-nilai pendidikan multikultural, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan validitas dan praktikalitas e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar Islam. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan menggunakan model pengembangan 4-D yaitu define, design, development, dan disseminate. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi oleh 3 orang dosen ahli yaitu ahli materi, ahli desain, ahli bahasa, dan angket respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menghasilkan bahwa aspek kelayakan isi dan keterpaduan e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam penilaian dosen ahli materi adalah sangat valid. Komponen penyajian dan kegrafisan e-modul dalam pandangan dosen ahli desain sangat layak dipergunakan. Penilaian dari dosen ahli bahasa meliputi aspek kebahasaan pada e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural adalah sangat valid. Secara keseluruhan dari penilaian dosen ahli memiliki kelayakan yang sangat baik. Praktikalitas e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar Islam oleh pendidik dan peserta didik diamati sangat praktis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pengembangan e-modul berbasis nilai-nilai pendidikan multikultural di sekolah dasar Islam sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan untuk dapat mengembangkan e-modul pembelajaran berbasis nilai-nilai pendidikan karakter pada materi lainnya di sekolah dasar Islam
Downloads
References
Alfiriani, Adlia. Ellbert Hutabri, Ade Pratama. Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. Seminar Nasional Pendidikan IPA. 2. (2017)
Anam, A. M. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Multikultural Di Perguruan Tinggi Keagamaan Multikultural (Studi Kasus Di Universitas Multikultural Malang)”. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Multikultural 2.2 (2019): 12-27.
Ansori, R. A. M. “Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik”. Jurnal Pusaka 4.2(2017): 14-32.
Azkiya, H., & Mardiana, M. “Peningkatan Minatdan Hasil Belajar Tematik dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 1 SD IT NurulIkhlas Padang”. Jurnal Cerdas Proklamator 7.2 (2019): 145-150.
Azkiya, H., &Syarif, H. “Technology-Based Learning Innovation In the Pandemic Covid-19”. In Proceeding of International Conference on Language Pedagogy (ICOLP). 1.1(2021): 74-82.
Baharun, H., & Awwaliyah, R. “Pendidikan Multikultural dalam Menanggulangi Narasi Islamisme di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies)5.2 (2017): 224-243.
Elvarita, Anna, Tuti Iriani &, Santoso Sri Handoyo. Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil (JPenSil) 9. 1 (2020): 1-7
Herawati, Nita Sunarya & Ali Muhtadi. Pengembangan Modul Elektronik (e-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan. 5. 2, (2018): 180-191
Ibrahim, R. ”Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam. Addin”. Pendidikan Multikultural 7.1 (2015).
Isnanda, R. “Struktur dan Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Kabupaten Tanah DatarProvinsi Sumatera Barat”. Jurnal gramatika, 1.2(2015). 73-79.
Kuncahyono. “Pengembangan E-modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”. Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education. 2.2(2018): 220-231.
Kuncahyono. “Pengembangan Softskill Teknologi Pembelajaran Melalui Pembuatan E-modul Bagi Dosen Sekolah Dasar”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar. 6.2(2019): 128-139.
Kuncahyono. Pengembangan E Modul (Modul Digital) dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar”. JMIE: Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education, 2.2 (2018) 219-231
Mania, S. “Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran”. Lentera Pendidikan, Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. 13.1(2010): 78-91.
Muhaimin, M., Habibi, A., Mukminin, A., Saudagar, F., Pratama, R., Wahyuni, S., Sadikin, A., & Indrayana, B. A sequential explanatory investigation of TPACK: Indonesian science teachers’ survey and perspective. Journal of Technology and Science Education, 9.3 (2019): 269–281.
N. Imansari, dkk. “Pengaruh Penggunaan E-modul Interaktif Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Kesehatan dan Keselamatan Kerja”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro. 1 (2017): 12-16.
Pujiastuti, Pratiwi, Sekar Purbarini Kawuryan, & Unik Ambarwati. Evaluasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 1.2 ( 2017) 187-199
Rahmadi, I. F. “Mengembangkan Pusat Sumber Belajar di Perguruan Tinggi Berdasarkan Masalah dan Kebutuhan Terbaru”. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan. 31. 2 (2017): 90-96.
Salsabila, U. H., Wati, R. R., Masturoh, S., & Rohmah, A. N. “Peran Teknologi Pendidikan Dalam Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Di Masa Pandemi”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2.1(2021): 127-137.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.
Simarmata, Janner. IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMK. repository.upi.edu. |
Sidiq, Ricu & Najuah. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal PENDIDIKAN SEJARAH. 9. 1 (2020)
Syamsuriyanti, & Sukirno. Faktor determinan profesionalisme guru. Jurnal Kependidikan, 2.1 (2018): 56-67.
Santoso, Anang dkk. “Materi dan Pembelajaran Bahasa Indonesia SD”. Banten: Universitas Terbuka. (2014).
Suarsana, I.M. dan G.A. Mahayukti. Pengembangan e-modul berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia Vol. 2.2 (2013): 274.
Sugiyono. “Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development)”. Bandung: Alfabeta (2019).
Tamrin, M., Azkiya, H., & Sari, S. G. “Problems faced by the teacher in maximizing the use of learning media in Padang”. Al-Ta Lim Journal, 24.1 (2017)” 60-66.
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.
Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644
Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527
Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03
Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16
Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.
Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.
Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara, 2021.
Wijaya, Iwan. Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. CV Jejak Publisher, 2018.