Dinamika dan Tipologi Pondok Pesantren di Cirebon

Authors

  • Fitri Meliani Institut Agama Islam Bunga Bangsa Cirebon, Jawa Barat, Indonesia
  • Andewi Suhartini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, Indonesia
  • Hasan Basri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10629

Keywords:

Pesantren, Pendidikan Islam, Sejarah Pendidikan Islam

Abstract

Pesantren merupakan lembaga ritual keagamaan, pembinaan akhlak, pendidikan Islam, sekaligus lembaga sosial yang telah mengalami berbagai tantangan zaman yang disesuaikan dengan dinamika pertumbuhan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang tipologi dan dinamika Pesantren di Cirebon dari masa ke masa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah buku Babad Cirebon Carub kandha naskah Tangkil, dan data sekunder didapatdari buku dan jurnal yang berkaitan dengan tipologi dan dinamika Pesantren di Cirebon. Berdasarkan penelitian pustaka yang dilakukan penyusun, didapatkan data tipologi pesantren yang terdapat di Cirebon terdiri dari pesantren salaf dan khalaf. Sebelum masa penjajahan, pesantren secara keseluruhan masih bertipe salaf, namun setelah ada akulturasi pendidikan formal berjenjang dari Belanda, maka mulai bermunculan pesantren khalaf, yang terdiri pendidikan sekolah dan luar sekolah. Pesantren modern baru bermunculan di Cirebon di awal abad 19. Contoh Pesantren Salaf di Cirebon adalah Pesantren Benda Kerep, dan contoh Pesantren Khalaf adalah Pesantren Buntet. Pesantren salaf di Cirebon hingga saat ini cenderung menutup diri pada modernisasi dan masih menggunakan sitem pembelajaran tradisional, tidak ada jenjang pendidikan formal, dan menghindari inovasi teknologi. Sedangkan pesantren khalaf di Cirebon sebaliknya, mendirikan sekolah berjenjang dan melakukan inovasi dalam pembelajaran. Baik pesantren salaf maupun khalaf adalah bagian sejarah dan budaya pendidikan Islam dengan kearifan lokal Indonesia dan perlu dilestarikan dan dikembangkan oleh masyarakat Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, Anzar. “Pendidikan Islam Sepanjang Sejarah: Sebuah Kajian Politik Pendidikan di Indonesia.” SUSURGALUR: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, vol. 1, no. 2, 2013, p. 16.

Amaly, Abdul Mun’im, et al. “Kecakapan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengoptimalkan Pembelajaran Berbasis Teknologi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 1, June 2021, pp. 88–104. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6712.

Anggiani, Mira Mustia. “PONDOK PESANTREN KEBON JAMBU AL-ISLAMY DI DESA BABAKAN KECAMATAN CIWARINGIN KABUPATEN CIREBON SEJARAH BERDIRI DAN PERKEMBANGANNYA DI ERA MODEREN.” Al-Fikra Jurnal Ilmiah Keislaman, vol. 3, no. 2, 2020, pp. 22–34.

Azhar, S. “Pendidikan Agama Islam (Transformasi Potensialitas Ke Aktualitas).” Jurnal Idaarah, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 96–104, https://doi.org/10.24252/IDAARAH.V1I1.4130.

Baso, Ahmad. “SEJARAH LAHIRNYA PESANTREN BERDASARKAN NASKAH BABAD CIREBON KOLEKSI PNRI.” Jumantara: Jurnal Manuskrip Nusantara, vol. 9, no. 1, Aug. 2019, p. 1. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.37014/jumantara.v9i1.231.

Basri, H. Ilmu Pendidikan Islam. 3rd ed., Angkasa, 2003.

Cahyadi, Rahmat Arofah Hari. “Pengembangan Pondok Pesantren.” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 1, no. 1, June 2017, pp. 43–52. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.21070/halaqa.v1i1.820.

Daulay, H. P. Sejarah Pertumbujan Dan Pembaharuan Pendidikan Islam Di Indonesia. Putra Grafika, 2007.

Dzikri, Ahmad Dzikri. “Pesantren Dan Perubahan Sosial: Studi Terhadap Peran Pesantren Al-Ishlah, Sidamulya Cirebon.” TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, vol. 5, no. 1, June 2019, pp. 59–80. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.24952/tazkir.v5i1.961.

Fadli, Adi. “PESANTREN: SEJARAH DAN PERKEMBANGANNYA.” EL-HIKAM: Jurnal Pendidikan dan Kajian Keislaman, vol. 5, no. 1, 2019, pp. 29–42.

Fitri, Riskal, and Syarifuddin Ondeng. “PESANTREN DI INDONESIA: LEMBAGA PEMBENTUKAN KARAKTER.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2022, pp. 42–54.

Haeruddin, Haeruddin, et al. “Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren An- Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 4, no. 1, July 2019, pp. 60–73. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3203.

Haningsih, Sri. “Peran Strategis Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia.” el-Tarbawi, vol. 1, no. 1, 2008, pp. 27–39. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art3.

Hayati, Nur. “Tipologi Pesantren: Salaf dan Kholaf.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah, vol. 4, no. 1, 2019, pp. 101–10.

Ihsan, Mahlil Nurul, et al. ISLAMIC BOARDING SCHOOL CULTURE CLIMATE IN FORMING THE RELIGIOUS ATTITUDE OF ISLAMIC STUDENTS IN MODERN AND AGROBUSINESS ISLAMIC BOARDING SCHOOLS. no. 2, 2021, p. 21.

Kampah, Ki. Babad Cirebon Carub Kandha Naskah Tangkil. Rumah Budaya Nusantara Pesambangan Jati Cirebon, 2013.

Makruf, M. Konsep Mewujudkan Kehidupan Yang Seimbang Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan. Al-Makrifat, 2019.

Nata, Abudin. Sejarah Pendidikan Islam. 1st ed., Kencana, 2011.

Purnomo, and Putri Irma Solikhah. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, Dec. 2021, pp. 378–94. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(2).8054.

Rindanah, Rina. “GENEOLOGI PESANTREN BENDA KEREP DAN PESANTREN BUNTET CIREBON; SUATU PERBANDINGAN.” Holistik, vol. 14, no. 2, 2013, pp. 209–30.

Rouf, Muhammad. “Memahami Tipologi Pesantren dan Madrasah sebagai Lembaga Pendidikan Islam Indonesia.” Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 5, no. 1, 2016, pp. 68–92. Zotero, http://dx.doi.org/10.30651/td.v5i1.345.

Siregar, Muammar Kadafi. “Pondok Pesantren Antara Misi Melahirkan Ulama Dan Tarikan Modernisasi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 3, no. 2, Nov. 2018, pp. 16–27. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(2).2263.

Steenbrink, Karel A. Pesantren Madrasah Sekolah: Pendidikan Islam Dalam Kurun Moderen. LP3ES, 1986.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). CV Alfabeta, 2015.

Sunarto, M. Sejarah Peradaban Islam Indonesia. Raja Grafindo Persada, 2005.

Suntiah, Ratu, and H. Maslani. “Sistem Pembelajaran di Pesantren Kebon Jambu al-Islami Babakan Ciwaringin Cirebon.” Jurnal Perspektif, vol. 3, no. 2, Dec. 2019, p. 165. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.15575/jp.v3i2.46.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Syamsiyah, Nur, and Mahmudah Fitriyah ZA. “Wawasan Kebangsaan dan Resolusi Turbulensi Globalisasi: Studi Kasus pada Santri Pesantren Tradisional.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 7, no. 1, July 2022, pp. 127–36. DOI.org (Crossref), https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9122.

Wahid, Din. “A Study of Salafi Pesantren in Contemporary Indonesia.” Wacana, vol. 15, no. 2, 2014, pp. 367–76.

Wahjoetomo, Wahjoetomo. Perguruan Tinggi Pesantren : Pendidikan Alternatif Masa Depan. Gema Insani Pers., 1997.

Yunus, M. Sejarah Pendidikan Islam Di Indonesia. Mutiara, 1979.

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Fitri Meliani, Andewi Suhartini, & Hasan Basri. (2022). Dinamika dan Tipologi Pondok Pesantren di Cirebon. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 297–312. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10629