Model Pengelolaan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Melibatkan Metode Cooperative Learning
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10579Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Berpikir Kritis, Interprestasi, InferenceAbstract
penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengelolaan pembelajaran berikir kritis siswa melalui model pembelajaran kooperatif Guru PAI pada Sekolah Dasar. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitiatif dengan menetapkan sampel adalah Guru Sekolah Dasar di Kota Kendari sebanyak 144 responden Guru Pendidikan Agama Islam dengan instrument penyebaran Angket dengan teknik analisa data menggunakan Analisa Struktural Equational Model (SEM Amos). Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh posisif dan signifikan pada pembelajaran berpikir kritis peserta didik tingkat Sekolah Dasar, pembelajaran kooperatif sebagai upaya guru PAI Sekolah Dasar berperan sebagai mediator dan fasilitator untuk mengembagkan sikap (Soft Skill) dan mampu mengembangkan suasana kelas yang kondusif, dan memotivasi perserta didik berpikir kritis dalam menjelaskan materi belajar yang baik secara individu ataupun kelompok yaitu menyampaikan tujuan pembelajaran dengan baik, memotivasi kepada peserta didik, penyajian informasi dengan optimal, pembimbingan kelompok dengan intensif, memberikan evaluasi kegiatan pembelajaran dengan efisien, memberikan penghargaan secara universal (langsung) dapat berpengaruh positif dan signifikan pada pengelolaan pembelajaran berpikir kritis peserta didik dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa sebagai cara yang efektif dalam memahami dalam menafsirkan materi serta menganalisis konsep materi pelajaran, dapat menyajikan dan menjelaskan materi secara logis dan sistematis. Olehnya itu ditubuhkan komitmen pimpinan Sekolah Dasar dan Kementerian terkait untuk memfasilitasi dan menganjurkan Guru PAI untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif di sekolah Dasar.
Downloads
References
Ali, Ismun. “Pembelajaran Kooperatif (Cooperativelearning) Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Mubtadiin, vol. 7, no. 01, 2021, pp. 247–64.
Aryani, Eka Desy, et al. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Madrasah Ibtidaiyah Ziyadatul Iman Kota Jambi. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2020.
Badjeber, Rafiq, and Jayanti Putri Purwaningrum. “Pengembangan Higher Order Thinking Skills Dalam Pembelajaran Matematika Di SMP.” Guru Tua : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, Nov. 2018, pp. 36–43, doi:10.31970/gurutua.v1i1.9.
Budhi Handaka, Irvan, and Nindiya Eka Safitri. “Pemanfaatan Metode Experiential Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Belajar.” Prosiding Seminar Nasional“Optimalisasi Active Learning Dan Character Building Dalam Meningkatkan Daya Saing Bangsa Di Era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar dan Prodi Bimbingan dan Konseling, 2016, pp. 157–64.
Cooper, D. R. “Dan Schindler, PS.” Business Research Methods, 2003.
Dharmawati, Indah, et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Berbasis Inkuiri (ABI) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, vol. 6, no. 1, 2018, p. 8, doi:10.33394/j-lkf.v6i1.930.
El-Jor, Claire, et al. “Assessment of the World Food Programme Summer Camps in Lebanon: A Model of Effective Interventions for Vulnerable Adolescents.” British Journal of Nutrition, vol. 125, no. 12, 2021, pp. 1416–26, doi:10.1017/S0007114520003682.
Facione, Peter a. “Critical Thinking : What It Is and Why It Counts.” Insight Assessment, no. ISBN 13: 978-1-891557-07-1., 2011.
Ghozali, Imam. “Structural Equation Modeling Metode Alternatif Dengan Partial Least Square (PLS) Dilengkapi Software SmartPLS 3.00 Xistat 2014 Dan WarpPLS 4.0.” Edisi Ke-4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro Semarang, 2014.
Hair Jr, Joseph F., et al. Advanced Issues in Partial Least Squares Structural Equation Modeling. saGe publications, 2017.
Hasanah, Zuriatun. “Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa.” Studi Kemahasiswaan, vol. 1, no. 1, 2021, pp. 1–13.
Hermawati, Kiki Ayu. “Implementasi Model Inkuiri Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti: Analisis Pada Materi Pembelajaran Toleransi.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 1, 2021, pp. 56–72, doi:10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6159.
Holik, Abdul. “Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Peningkatan Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Metode Cooperative Learning Standar Kompetensi Dzikir Dan Do’a Setelah Sholat Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri Wibawamulya 01 Kabupat.” Pedagogiana: Jurnal Pendidikan Dasar, vol. 9, no. 8, 2021.
Hsu, Fu-Hui, et al. “Effect of Socratic Reflection Prompts via Video-Based Learning System on Elementary School Students’ Critical Thinking Skills.” Computers & Education, vol. 183, Elsevier, 2022, p. 104497.
In’am, Akhsanul, and Eko Sabdo Sutrisno. “Strengthening Students’ Self-Efficacy and Motivation in Learning Mathematics through the Cooperative Learning Model.” International Journal of Instruction, vol. 14, no. 1, Jan. 2021, pp. 395–410, doi:10.29333/iji.2021.14123a.
Ismail, Nurul Syazwani, et al. “The Effect of Mobile Problem-Based Learning Application DicScience PBL on Students’ Critical Thinking.” Thinking Skills and Creativity, vol. 28, Elsevier Ltd, 2018, pp. 177–95, doi:10.1016/j.tsc.2018.04.002.
Januariawan, I. Wayan, et al. “Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pendekatan Open-Ended.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 3, no. 2, 2020, pp. 125–40, doi:10.37329/cetta.v3i2.444.
Katminingsih, Yuni. “Vygotsky Dan Teorinya Dalam Mempengaruhi Desain Pembelajaran Matematika.” Malang, STKIP PGRI Blitar, 2009.
Mahmud, Abdurrahman. Hakikat Berpikir Kritis Dan Pentingnya Bagi Peserta Didik. Kompasiana, 2015.
Maison, Maison, et al. “Assessing Students’ Attitudes towards Physics through the Application of Inquiry and Jigsaw Cooperative Learning Models in High Schools.” International Journal of Instruction, vol. 14, no. 4, Oct. 2021, pp. 439–50, doi:10.29333/iji.2021.14426a.
Mansur, Rosichin. “Filsafat Mengajari Manusia Berpikir Kritis.” Elementeris: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Islam, vol. 1, no. 2, 2019, pp. 29–37.
Murwanto, Sri. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT ( Numbered-Head-Together ) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IX B SMP Negeri 4 Alla Enrekang.” Jurnal Sainsmat, vol. 9, no. 1, 2020, pp. 14–28.
Mutakinati, Lely, et al. “Analysis of Students’ Critical Thinking Skill of Middle School through STEM Education Project-Based Learning.” Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, vol. 7, no. 1, Apr. 2018, pp. 54–65, doi:10.15294/jpii.v7i1.10495.
Park, Young Joon, et al. “Multi-Agent Reinforcement Learning with Approximate Model Learning for Competitive Games.” PLoS ONE, vol. 14, no. 9, 2019, pp. 1–20, doi:10.1371/journal.pone.0222215.
Parwati, GAPU, et al. “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, vol. 10, no. 1, 2020, pp. 49–60.
Perdani, Wahyu Setiya Roning, et al. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Dengan Model Inkuiri Pada Materi Sistem Indera.” BIO-PEDAGOGI, vol. 8, no. 1, Nov. 2019, p. 52, doi:10.20961/bio-pedagogi.v8i1.35551.
Pohan, Albert Efendi. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Penerbit CV. Sarnu Untung, 2020.
Punaji, Syarifuddin*, et al. “The Effect of the Community of Inquiry (CoI) Learning Model and Learning Style towards Social Skills.” European Journal of Educational Research, vol. 9, no. 2, Apr. 2020, pp. 569–78, doi:10.12973/eu-jer.9.2.569.
Rahman, Mhd Habibu, and Rita Kencana. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.” Musamus Journal of Primary Education, vol. 2, no. 2, Apr. 2020, pp. 67–75, doi:10.35724/musjpe.v2i2.2177.
Saepullah, Saepullah, et al. “Kaji Tindak Model Pemebelajaran Cooperatif Script Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pembelajaran Pai Materi Ikhlas, Sabar Dan Pemaaf Siswa Kelas Vii Smp Muara Ilmu Tahun Pelajaran 2018-2019.” Jurnal Qiroah, vol. 9, no. 1, 2019, pp. 30–39.
Shiau, Wen-Lung, et al. “Internet Research Using Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM).” Internet Research, vol. 29, no. 3, June 2019, pp. 398–406, doi:10.1108/IntR-10-2018-0447.
Silva, Rita, et al. “Cooperative Learning Contribution to Student Social Learning and Active Role in the Class.” Sustainability, vol. 13, no. 15, Aug. 2021, p. 8644, doi:10.3390/su13158644.
Sulastri, Eti. 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Guepedia, 2019.
Susanto, Ahmad, et al. “Application of Cooperative Learning Models and Interaction Patterns in an Effort to Improve Student Learning Outcomes.” International Journal of Early Childhood Special Education, vol. 13, no. 2, 2021, pp. 394–99, doi:10.9756/INT-JECSE/V13I2.211076.
---. Filsafat Ilmu: Suatu Kajian Dalam Dimensi Ontologis, Epistemologis, Dan Aksiologis. Bumi Aksara, 2021.
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527
Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03
Tran, Carrie, et al. “A Virtual Patient Model for Students’ Interprofessional Learning in Primary Healthcare.” PLoS ONE, vol. 15, no. 9 September 2020, 2020, pp. 1–14, doi:10.1371/journal.pone.0238797.
Trianto. Model Pembelajaran Terpadu : Konsep, Strategi Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara, 2013.
Uno, Hamzah B. Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara, 2021.
Wijaya, Iwan. Professional Teacher: Menjadi Guru Profesional. CV Jejak Publisher, 2018.