Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar: Apakah Efektif dalam Mengembangkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik

Authors

  • Hikmah Hikmah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Abdul Qodir Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia
  • Nurul Wahdah Institut Agama Islam Negeri Palangka Raya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10555

Keywords:

Aktivitas Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar PAI

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis level aktivitas belajar siswa, motivasi belajar siswa, level hasil belajar PAI, mengukur kontribusi aktivitas belajar, motivasi belajar, dan mengukur kontribusi aktivitas belajar dan motivasi belajar secara simultan terhadap hasil belajar. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif jenis expost facto. Sampel penelitian berjumlah 52 siswa, teknik pengumpulan data menggunakan angket dan analisis data menggunakan rumus rata-rata, analisis korelasi, regresi berganda dan koefisien determinan. Hasil menunjukkan bahwa level aktivitas belajar siswa dengan rerata 3, 885 dikategori tinggi, level motivasi belajar rerata 3,953 dikategori tinggi, level hasil belajar rerata 86,481 berada dikategori baik, aktivitas belajar berkontribusi terhadap hasil belajar PAI sebesar 23,3%, motivasi belajar berkontribusi terhadap hasil belajar sebesar 33,1%, aktivitas belajar dan motivasi berkontribusi terhadap hasil belajar PAI sebesar 56,4%, sisanya dipengaruhi variable lain. Dapat disimpulkan aktivitas belajar dan motivasi berkontribusi positif terhadap hasil belajar siswa. Diharapkan penelitian ini mampu memperbaiki konsentrasi belajar siswa melalui aktivitas belajar dan motivasi belajar, sehingga hasil belajar siswa menjadi lebih meningkat

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adz-Zakariey Hamdan Bakran. Psikologi Kenabian, Yogyakarta: Beranda Publishing, 2007.

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Andriani, Rike, and Rasto Rasto. "Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa." Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper) 4.1 (2019):80-86. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anni Catharina Tri. Psikologi Belajar, Semarang : Unnes Press 2004.

Arkoun, Muhammad. Rethinking Islam, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1996.

Biatun, Noor. "Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI di MIN 3 Bantul." Jurnal Pendidikan Madrasah 5.2 (2020): 253-258. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-11

Falah, STAI Wasilatul. "Hubungan Aktivitas Belajar Pendidikan Agama Islam Dengan Prestasi Siswa." https://dx.doi.org/10.55171/jaa.v1i1.733

Hamzah, B. Uno. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan, Cet ke 14, Jakarta : Bumi Aksara, 2016.

Daradjat, Zakiah, dkk. Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta : Bumi Aksara, Cet. Ke 1. 1996.

Dewi, Lus Viana, et al. "Pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan metode scaffolding." Jurnal Pendidikan matematika dan IPA 10.2 (2019): 299-313. http://dx.doi.org/10.26418/jpmipa.v10i2.27630

Dimyati, dan Mudjiono. Belajar & pembelajaran, Jakarta : Rineka Cipta, Cetakan ke 5. 2015.

Fajariyah, Nur. Cerdas Berhitung Matematika Untuk SD/MI Kelas Tiga, Jakarta: Cempaka Putih, 2008.

Fauzi, Ahmad, Psikologi Umum, Bandung: Pustaka Setia, 2004.

Halim, Yeddawati Ahmad Lahmi Syaflin. "MOTIVASI DAN PERHATIAN SISWA SERTA PENGARUHNYA TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA." Inovasi Pendidikan 7.2 (2020). https://doi.org/10.31869/ip.v7i2.2312

Hamalik, Oemar. Psikologi Belajar Mengajar, Cet. Ke 18 Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2016.

Hamalik, Oemar. Metode Belajar Kesulitan–Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 2005.

Hartono. PAIKEM Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan, Pekanbaru: Zanafa, 2008.

Khodijah, Nyanyu. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2014.

Majid, Abdul. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: PT Rosdakarya, 2012.

Manggopa, H. K., and S. Rogahang. "PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR ELEKTRONIKA DASAR SISWA SMK NEGERI 1 RATAHAN." Engineering Education Journal-E2J 5.2 (2017).

Marsudi, Marsudi. "Penerapan Model Konstruktivistik dengan Media File Gambar 3D untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar." Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 23.1 (2016): 16-27. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9351

Moh, User Usman. Menjadi Guru Professional, Bandung : PT Remaja Rusda Karya. 2004.

Novianti, Chatarina, Berty Sadipun, and John M. Balan. "Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik." SPEJ (Science and Physic Education Journal) 3.2 (2020): 57-75. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992

Rifai, Achmad dan Chatarina Tri Anni. Psikologi Pendidikan. Semarang : UNNES PRESS, 2009.

Rohani, Ahmad. Pengelolaan Pengajaran, Edisi Revisi Cet Ke 2, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Sardiman. Interaksi & Motifasi Belajar Mengajar, Cet ke-21, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada, 2012.

Sawaluddin, Sawaluddin. "Konsep Evaluasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 3.1 (2018): 39-52. https://doi.org/10.25299/althariqah.2018.vol3(1).1775

Slameto. Belajar & Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta, 2013.

Sjukur, Sulihin B. “Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK”. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2012, 2.3.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, Cet ke-18, 2014.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Sugiyono. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta. Cetakan ke-30. 2019.

________. Metode Peneletian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, Cetakan ke-23. 2016.

________ . Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta, 2009.

Susanto, Ahmad. Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group, 2013.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Yuliantika, Vista, Yohanes Bahari, and Riama Alhidayah. "PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS MAN 2 PONTIANAK." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa 7.12. http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v7i12.30208

Yunanto, Ary, and Anis Nurul Perdanti. "PENGARUH AKTIVITAS BELAJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR." Sustainable Competitive Advantage (SCA) 9.1 (2019).

Additional Files

Published

30-12-2022

How to Cite

Hikmah Hikmah, Abdul Qodir, & Nurul Wahdah. (2022). Aktivitas Belajar dan Motivasi Belajar: Apakah Efektif dalam Mengembangkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(2), 340–358. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(2).10555