Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning

Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning

Penulis

  • Winanda Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Yana Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).9386

Kata Kunci:

kemampuan kognitif, pembelajaran jarak jauh, e-learning

Abstrak

Kemampuan kognitif merupakan kemampuan intelektual siswa dalam berfikir, mengetahui dan memecahkan masalah, dan tingkat keberhasilan siswa merupakan hasil dari belajar kognitif. Hasil belajar tersebut dapat dilaksanakan di kelas maupun jarak jauh jika kondisi tidak memungkinkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi literatur dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengarui hasil belajar kognitif siswa dalam pembelajaran jarak jauh berbasis e-learning yaitu (1) faktor motivasi belajar, (2) faktor kesiapan belajar, (3) faktor lingkungan keluarga, dan (4) faktor media pendukung pembelajaran jarak jauh.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Chandrawati, S. R. (2010). Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 8(2), 172-181.

Cucus, A. d. (2016). Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia Untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Sistem Informasi dan Telematika, 7(2), 1-5.

Haqien, D. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1), 51-56.

Naimnule, L. (2016). Peningkatan Aktivitas dari Hasil Belajar Kognitif Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) di SMUK. Jurnal Pendidikan, 1(10), 2050-2053.

Natipulu, R. M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kepuasan Pembelajaran Jarak Jauh . Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 23-33.

Nugroho, A. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web . Jurnal Transformatika, 9(2), 72-78.

Purandina, I. P. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270-290.

Putri, K. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Google Classroom. Al-Fikrah: Jurnal Ilmu Studi Pendidikan dan Keislaman, 60-79.

Rijal, S. d. (2015). Hubungan antara Sikap, Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Bioedutika, 3(2), 15-20.

Sari, W. d. (2020). Analisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid-19. Jurnal Mappesona, 2(2), 1-13.

Wiresti, R. D. (2019). Implementasi Permainan Jump Count Abacus Tangga Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 129-140.

Diterbitkan

2021-10-28

Cara Mengutip

Winanda, V., & Yana, E. . (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning: Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 147–152. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).9386
Received 2022-04-25
Accepted 2022-04-26
Published 2021-10-28