Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX

Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX

Penulis

  • Aqilla Maudy Khalisa Universitas Islam Riau
  • Sari Herlina Universitas Islam Riau
  • Suripah Suripah Universitas Islam Riau
  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).9371

Kata Kunci:

media pembelajaran, macromedia flash 8, bangun ruang sisi lengkung

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran dengan menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi bangun ruang sisi lengkung kelas IX. Model pengembangan ini menggunkan model R & D, yang telah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan dari peneliti menjadi (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) produksi akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik non tes berupa angket. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen validasi berupa lembar validasi, serta instrumen kepraktisan berupa lembar angket respon peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data validasi dan data kepraktisan media pembelajaran. Hasil analisis validasi penelitian oleh tiga orang validator diperoleh rata-rata validasi media pembelajaran menggunakan skala Likert sebesar 88,56% yang termasuk kategori sangat valid dan hasil analisis angket respon peserta didik oleh 12 orang peserta didik terhadap media pembelajaran diperoleh rata-rata sebesar 86,45% yang termasuk kategori sangat praktis. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran menggunakan Macromedia Flash 8 pada materi bangun ruang sisi lengkung yang teruji sangat valid dan sangat praktis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Sari Herlina, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Suripah Suripah, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Fitriana Yolanda, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Referensi

Aholongan, A., Suripah, S., Amelia, S., & Yolanda, F. (2021). Minat Peserta Didik Terhadap Penggunaan Software Algebrator Sebagai Media dalam Proses Pembelajaran Daring pada Materi Bilangan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1834–1841.

Alwi, Z., Ernalida, & Lidyawati, Y. (2020). Kepraktisan Bahan Ajar Perencanaan Pembelajaran Berbasis Pendidikan Karakter Dan Saintifik. Fon : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 16(1), 10–21. https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2312

Andrizal, A., & Arif, A. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Sistem E-Learning Universitas Negeri Padang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 17(2), 1–10. https://doi.org/10.24036/invotek.v17i2.75

Awaludin, A. A. R., Hartuti, P. M., & Rahadyan, A. (2019). Aplikasi Cabri 3D Berbantu Camtasia Studio untuk Pembelajaran Matematika di SMP. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(1), 68–75.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, Juliana, Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, & Simamarta, J. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Handayani, H., Yetri, & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash. Jurnal Tatsqif, 16(2), 186–203.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178. https://doi.org/10.36226/jrmb.v2i2.47

Khairani, M., & Febrinal, D. (2016). Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk macromedia flash materi tabung untuk SMP kelas ix. Jurnal Ipteks Terapan, 10(2), 95–102.

Lestari, N. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Lakeisha.

Liberna, H., & Nusantari, D. O. (2018). the Influence of Macromedia Flash Learning on the Students’ Mathematic Concept Understanding. Journal of Mathematics Education, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.31327/jomedu.v3i1.440

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171–187.

Sakanti, N. P., Herlina, S., & Yolanda, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition ( AIR ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XII IPA di SMAN 12 Pekanbaru dengan Media Microsoft Office Powerpoint. AKSIOMATIK: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 8(2), 20–26.

Saputro, B. (2017). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Aswaja Pressindo.

Suripah, & Heri Retnawati. (2019). Investigating Students’ Mathematical Creative Thinking Skill Based On Academic Level And Gender . International Journal of Scientific &Technology Research, 8(8), 227–231.

Susanti, W. D., & Suripah, S. (2021). The Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01), 73–83. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12225

Yenti, I. N. (2014). Kepraktisan Bahan Ajar Berbasise-Learning Untuk Mata Kuliah Kalkulus Peubah Banyak 1 (Kpb 1). Ta’dib, 17(1), 14–24. https://doi.org/10.31958/jt.v17i1.253

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177.

Diterbitkan

2021-10-28

Cara Mengutip

Khalisa, A. M. ., Herlina, S., Suripah, S., & Yolanda, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX: Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 128–136. https://doi.org/10.25299/perspektif.2021.vol12(2).9371
Received 2022-04-23
Accepted 2022-04-28
Published 2021-10-28