Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru

Penulis

  • Ari Wibowo Universitas Ahmad Dahlan
  • Achadi Budi Santosa Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004

Kata Kunci:

Strategy, principal leadership, teacher profesionalism

Abstrak

Keberhasilan pendidikan tidak lepas dari upaya kepala sekolah sebagai pemimpin dalam mengarahkan dan memotivasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, sumber data meliputi seluruh guru dan wakil kepala sekolah, sedangkan pengumpulan data melalui teknik wawancara dan dokumentasi. Analisisnya menggunakan teknik partisipatif berkelanjutan, melalui tahapan pengumpulan data, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah dengan mengaktifkan Kelompok Kerja Guru (KKG), memotivasi guru, pelatihan, studi banding, rapat evaluasi guru, supervisi kelas, pemberian punishment dan reward, dan melalui gaya kepemimpinan partisipatif.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Admodiwirio. (2002). Manajemen pelatihan. Jakarta: Pt. Ardadizya Jaya.

Anshori, S. (2020). Upaya Meningkatkan Disiplin Guru melalui Pemberian Reward dan Punishment di SDN 3 Wonoharjo Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Wahana Pendidikan, 7(1), 53–58.

Ariyani, R. (2017). Kepemimpinan kepala sekolah dalam pengembangan profesionalisme guru. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003.tentang sistem pendidikan nasional.

E. Mulyasa. (2006). Manajemen Berbasis Sekolah (x). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Firmadani, F. (2017). Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru. Conference on Language and Language Teaching. Universitas Tidar Indonesia, Hlm, 165–169.

Fitriyah, I., & Santosa, A. B. (2020). Kepemimpinan kepala sekolah dalam menghadapi era revolusi industri 4.0 untuk meningkatkan mutu sekolah. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 5(1), 65–70.

Harapan, E. (2017). Visi Kepala Sekolah Sebagai Penggerak Mutu Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), 133–145.

Istianah, I. (2019). Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMAN 1 Cikarang Utara dan MAN Kabupaten Bekasi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 26(1), 72–87.

Jakariya, Y. (2012). Kajian Pendidikan profesi Guru Dalam Jabatan. Jurnal Kebijakan Pendidikan, Volume 5 N.

Juliantoro, O. M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 5(2).

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa, Cet. 2. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2018). Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Inovasi Pembelajaran. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 3(2), 373–390.

Kurniawan, R. Y. (2016). Identifikasi permasalahan pendidikan di Indonesia untuk meningkatkan mutu dan profesionalisme guru. Konvensi Nasional Pendidikan Indonesia, 1415–1420.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analysis of qualitative data. Jakarta: UI Press.

Mohamad, H. (2017). Kajian Kompetensi Lulusan Melalui Kompetensi Guru dan Kinerja Guru Sebagai Dampak Dari Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi, dan Komunikasi (Survey Pada SMA di Kota Palu dan Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah). UNPAS.

Mukhtar, M. (2015). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru pada SMP Negeri di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Program Pascasarjana Unsyiah, 3(3), 93917.

Nikmah, M., Irawan, D., & Azhar, A. (2017). Peran Kepala Sekolah Sebagai Motivator dalam Meningkatkan Profesionalisme Kinerja Guru Di Sdn 2 Kalirejo Pesawaran: Indonesia. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Al-Idarah, 2(1), 15–21.

Nugraheni, A. S., & Khanifah, S. (2016). Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 15–23.

Otuko, A. H., Chege, K., & Douglas, M. (2013). Effect of training dimensions on employee’s work performance: a case of mumias sugar company in Kakamega County. International Journal of Business and Management Invention, 2(9), 138–149.

Palettei, A. D., & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh kelompok kerja guru (KKG) terhadap peningkatan kompetensi pedagogik dan kemampuan menulis karya ilmiah. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 4(2), 53–58.

Permana, A. W., & Karwanto, K. (2020). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 5(1), 58–67.

Puspuani, A., Susanto, H., & Laksana, S. D. (2017). Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Fiqih di Madrasah Ibtidaiyah Darul Fikri Tahun 2016-2017. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 1(01).

R. Soekarto. (1983). Bgaimana Memimpin Sekolah Yang Efektif. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rahmawati, S. (2015). Pengaruh Pelatihan, Pengalaman Mengajar dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru di SMK Negeri 3 Palu. Katalogis, 3(12).

Raihan, R. (2019). Penerapan Reward dan Punishment dalam Peningkatan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Terhadap Siswa SMA di Kabupaten Pidie. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1), 115–130.

Rohmat. (2010). Kepemimpinan Pendidikan. Yogyakarta: STAIN Press.

Tanjung, D. L. (2019). Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Kinerja Guru MAN Binjai. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah Dan Tinggi [JMP-DMT], 1(1).

Yuneti, A., Hamdan, H., & Prananosa, A. G. (2019). Kepemimpinan Partisipatif dan Komunikasi Kepala Sekolah terhadap Kinerja Guru. Alignment: Journal of Administration and Educational Management, 2(2), 113–125.

Diterbitkan

2022-04-25

Cara Mengutip

Wibowo, A., & Santosa, A. B. (2022). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(1), 14–20. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(1).9004
Received 2022-02-18
Accepted 2022-04-25
Published 2022-04-25