Pengembangan E-Modul Pelajaran Ekonomi Berbasis Canva Pada Materi Perkoperasian Kelas X IPS di SMAN 1 Cerenti

Penulis

  • Fitriani Fitriani Universitas Islam Riau
  • Putri Mayang Sari Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10481

Kata Kunci:

E-Modul, Ekonomi, Perkoperasian

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan s e-modul yanglayak dan efektif digunakan oleh peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian pengembangan e-modul pelajaran ekonomi dengan materi perkoperasian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang mencakup: 1) Potensi dan masalah. 2) Mengumpulkan informasi. 3) Desain produk. 4) Validasi desain. 5) Perbaikan desain. 6) Uji coba produk. 7) Revisi produk. 8) Uji coba pemakaian. 9) Revisi produk. 10) Produksi massal. Subjek penelitian yaitu: ahli materi (Pendidik Ekonomi di SMAN 1 Cerenti), ahli media (Dosen Pendidikan Akuntansi Universitas Islam Riau), praktisi pembelajaran (Pendidik Ekonomi di SMAN 1 Cerenti) dan peserta didik di Kelas X IPS 3 SMAN 1 Cerenti. Hasil dari penelitian ini yaitu tersedianya bahan ajar berupa elektronik modul yang telah valid dan juga telah melalui uji coba dari tahapan validasi dan uji kelayakan. Berdasarkan dari hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan hasil 92,7% dengan kategori sangat layak, validasi oleh ahli media pertama mendapatkan hasil 92,5% dengan kategori sangat layak, validasi oleh ahli media kedua mendapatkan hasil 93,6% dengan kategori sangat layak, dan validasi dari peserta didik mendapatkan hasil 97,4% dengan kategori sangat tertarik. Dari hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa produk e-modul pelajaran ekonomi pada materi perkoperasian ini layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Ahmadi, Ahmad. 2010. Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ende, Athika Maisyarah Nilofa, dkk. 2022. Perancangan dan Pembuatan E-Modul Interaktif Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Jurnal Teknik Elektronika dan Vokasional, Vol . 8 No. 2.

Ikhwan, Khairul. 2022. Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran PAI di SMPN 1 Kota Serang. Thesis. UIN Sultan Maulana Hasanuddin. Banten.

Laili, dkk. 2019. Efektifitas pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 3(3): 306-315.

Prastowo, Andi. 2014. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sa’diyah, Kalimatus. 2021. Pengembangan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA.Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol.3.No.4.

Sudijono, Anas. 2015. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Alfabeta.

Wulan, S, D, Fitriani. 2022. Pengembangan Modul Pembelajaran Ekonomi Berbasis Refleksi Inkuiri Pada Materi Pajak Kelas XI Madrasah Aliyah Swasta Nurul Hidayah Bengkalis. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 15(1), 65-73.

Diterbitkan

2022-10-10

Cara Mengutip

Fitriani, F., & Putri Mayang Sari. (2022). Pengembangan E-Modul Pelajaran Ekonomi Berbasis Canva Pada Materi Perkoperasian Kelas X IPS di SMAN 1 Cerenti. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 61–69. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10481
Received 2022-09-08
Accepted 2022-10-07
Published 2022-10-10