Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP

Penulis

  • Rista Rista Universitas Islam Riau
  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau
  • Dedek Andrian Universitas Islam Riau
  • Aulia Sthephani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10185

Kata Kunci:

R&D, perangkat Pembelajaran, Model Pembelajaran Kooperatif, TSTS

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk perangkat pembelajaran matematika berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi bangun ruang sisi datar kelas VIII SMP yang teruji kevalidannya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pegembangan ADDIE yaitu berupa Analysis (analisa), Design (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (pelaksanaan), dan Evaluation (evaluasi). Dikarenakan penelitian dilakukan dimasa pandemi Covid-19, maka peneliti membatasi prosedur pengembangan menjadi 3 tahap yang telah dimodifikasi yaitu Analysis (analisa), Design (perancangan), dan Development (pengembangan). Instrumen pengumpulan data penelitian berupa lembar validasi RPP dan lembar validasi LKPD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik non tes dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi yang diisi oleh validator. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis validasi penelitian oleh tiga validator diperoleh rata-rata validasi per-RPP dari setiap validator sebesar 80,88% dengan kategori sangat valid dan untuk rata-rata hasil validasi per-LKPD dari setiap validator sebesar 84,1% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil penelitian tersebut diperoleh perangkat pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP ini telah teruji kevalidannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Fitriana Yolanda, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Dedek Andrian, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Aulia Sthephani, Universitas Islam Riau

Pendidikan Matematika

Referensi

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.

Alzaber, A., Suripah, S., & Susanti, W. D. (2021). Pengembangan Buku Ajar untuk Memfasilitasi Perkuliahan Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika (DPPM). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4). https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4131

Fitri, M., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Terintegrasi Keterampilan Abad 21 Melalui Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Gantang, 5(1), 77–85.

Herlina, S., Suripah, S., Istikomah, E., Yolanda, F., Rezeki, S., Amelia, S., & Widiati, I. (2021). Pelatihan Desain LKPD dalam Pembelajaran Matematika Terintegrasi Karakter Positif Bagi Guru-Guru Sekolah Menengah/Madrasah di Pekanbaru. Community Education Engagement Journal, 2(2), 27–34. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i2.6561

Huaimi, A., & Hudatullah, M. A. Z. (2017). Pembelajaran Kooperatif Dan Prestasi Belajar: Konsep Model Pembelajaran Structured Dyadic Methods. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 15(1), 1–17.

Janah, M. (2018). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS BERBASIS AUDIO-VISUAL DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA SISWA KELAS XI SMA N 2 KUALA TUNGKAL. UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

Khairani, M. A., Sumargiyani, S., Syahfitri, M., & Sidiq, E. F. (2019). Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Siswa SMK.

Khalisa, A. M., Herlina, S., Suripah, S., & Yolanda, F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Macromedia Flash 8 Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Kelas IX. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 12(2), 128–136.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12.

Kusumaningrum, R., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS), numbered heads together (NHT), dan think pair share (TPS) pada materi lingkaran ditinjau dari kreativitas belajar matematika siswa SMP Negeri di Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(7).

Marsigit, M., Suripah, S., Istikomah, D. A., Utami, N. W., Kurniasih, N., Salamia, S., … Tisngati, U. (2016). Kurikulum Pendidikan Matematika Berbasis Karakter. Yogyakarta: Media Akademi.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The development of online project based collaborative learning using ADDIE model. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812.

Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina, Darmawan, D., & Supriadie, D. (2016). Pengembangan Perangkat Kurikulum dan Rancangan Pembelajaran. PEDAGOGIA, 12(2), 126–135.

Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan komunikasi matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suripah, S., Suyata, S., & Retnawati, H. (2018). Exploration of pedagogical content knowledge preservice teacher for analyzing mathematics understanding in elementary school. AIP Conference Proceedings, 2014 (1). https://doi.org/10.1063/1.5054422

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal IKA, 11(1), 12–26. https://doi.org/10.23887/ika.v11i1.1145

Yolanda, F. (2019). Penerapan pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (nht) untuk meningkatkan self-efficacy siswa. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 8–11.

Yolanda, F., & Wahyuni, P. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Macromedia Flash. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 170–177.

Zagoto, M. M., & Dakhi, O. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika peminatan berbasis pendekatan saintifik untuk siswa kelas XI sekolah menengah atas. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 1(1), 157–170.

Zakiamani, A., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). Validitas dan praktikalitas perangkat pembelajaran matematika: studi pengembangan di SMPN Islam Teknologi Rambah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 211–224.

Diterbitkan

2022-10-06

Cara Mengutip

Rista, R., Yolanda, F., Andrian, D. ., & Sthephani, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Di Kelas VIII SMP. Perspektif Pendidikan Dan Keguruan, 13(2), 52–60. https://doi.org/10.25299/perspektif.2022.vol13(2).10185
Received 2022-08-02
Accepted 2022-09-19
Published 2022-10-06