Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.25299/peka.2023.vol11(2).15828Keywords:
Hasil Belajar, Project Based Learning, Mata Pelajaran EkonomiAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sample dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 1 Pekanbaru pada kelas X.5 dan X.6, dengan populasi 57 peserta didik. Teknik pengambilan data hasil belajar penelitian ini adalah pretest dan posttest. Dalam penelitian ini dilakukan uji hipotesis Mann-Whitney dengan taraf signifikan 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh signifikan 0,759 > 0,05. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Ho diterima, dan Ha ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran project based learning tidak cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Dewi, M. R. (2022). Kelebihan dan kekurangan project-based learning untuk penguatan profil pelajar pancasila kurikulum merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226.
Fadhilah, U., Azizah, M., Roshayanti, F., & Handayani, S. (2023). Analisis Model PJBL Dalam Dimensi Kreatif Profil Pelajar Pancasila Pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pandean Lamper 04 Semarang. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 5(2), 4435-4440.
Fauziyah, F. F. Implementasi Kurikulum Sekolah Penggerak Terhadap Motivasi Siswa.
Handrianto, C., & Rahman, M. A. (2019). Project based learning: a review of literature on its outcomes and implementation issues. LET: Linguistics, Literature and English Teaching Journal, 8(2), 110-129.
Matsun, M., Permana, R., & Prihadi, A. (2022). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Lembar Kerja Siswa (Lkpd) Berbasis Kurikulum Merdeka Di Smpn 3 Sungai Kakap. Jurnal Abdi Insani, 9(3), 906-914.
Milla Minhatul Maula, M., Jekti Prihatin, P., & Kamalia Fikri, F. (2014). Pengaruh Model PjBL (Project-Based Learning) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengelolaan Lingkungan.
Putri, F. P. W., Koeswanti, H. D., & Giarti, S. (2021). Perbedaan Model Problem Based Learning Dan Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 496-504.
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal basicedu, 6(4), 6313-6319.
Taupik, R. P., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Pencapaian Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1525-1531.
Wirda, Y., Ulumudin, I., Widiputera, F., Listiawati, N., & Fujianita, S. (2020). Faktor-faktor determinan hasil belajar siswa.