PENGARUH STRATEGI MURDER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS DI SMAN 4 PEKANBARU

  • Fitri Munawaroh
  • Purba Andy Wijaya

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bermaksud untuk melihat adanya dampak penggunaan strategi MURDER dengan model pembelajaran Peer Tutoring terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Ekonomi kelas XI IIS di SMAN 4 Pekanbaru. Berdasarkan observasi atau pengamatan dilapangan bahwasanya hasil belajar peserta didik masih kurang memadai padahal pendidik telah melakukan uji coba model pembelajaran. Salah satu cara yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik adalah dengan melakukan pengembangan strategi dan model pembelajaran dalam proses belajar. Subjek pada penelitian ini merupakan peserta didik kelas XI IIS 2 dan XI IIS 3. Subjek penelitian ditentukan dengan melakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrument pengumpulan data penelitian ini berbentuk tes dengan pilihan ganda yang terdiri dari 25 soal yang telah diuji kevalidannya dan kereliabelannya. Uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji Independent-test. Hasil penelitian terhadap strategi dan model pembelajaran yang dilakukan, maka diperoleh kesimpulan bahwa ada divergensi secara signifikan antara hasil belajar peserta didik dalam penggunaan strategi MURDER kolaborasi model pembelajaran Peer Tutoring dengan hasil belajar peserta didik yang menggunakan metode konvensional dengan nilai sig 0,001<0,05, sehingga Ho ditolak. Hasil dari analisis data dapat disimpulkan bahwa ada dampak strategi MURDER dengan model pembelajaran Peer Tutoring terhadap hasil belajar peserta didik.

Kata kunci: Strategi MURDER, Peer Tutoring, Hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-06-30
How to Cite
Munawaroh, F., & Wijaya, P. A. (2019). PENGARUH STRATEGI MURDER DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PEER TUTORING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IIS DI SMAN 4 PEKANBARU. PEKA, 7(1). Retrieved from https://journal.uir.ac.id/index.php/Peka/article/view/4647
Section
Articles
Abstract viewed = 13 times
Pdf downloaded = 6 times