PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 DUMAI

Authors

  • Meysha Ziya Eqi Putri
  • Agus Baskara Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/peka.2022.vol10(1).11069

Abstract

Pemanfaatan sumber belajar yang tersedia disekolah seperti buku cetak jarang digunakan oleh siswa dikarenakan selama pandemi covid-19 siswa hanya belajar dari rumah dan lebih fokus pada LKS saja serta siswa lebih banyak mengakses sumber belajar yang berasal dari internet.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfatan sumber belajar dimasa pandemi Covid-19 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 3 Dumai. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif.Populasi dalam penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas XI IPS yang berjumlah 133 siswa yang terbagi dalam empat kelas yaitu IPS 1,IPS 2, IPS 3,dan IPS 4. Dengan menggunakan teknik proportional random sampling didapatkan jumlah sampel sebanyak 101 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan angket dan dokumentasi. Untuk analisis Validitas pada penelitian ini menggunakan bantuan program Microsoft Exel dan reliabilitas menggunakan program SPSS versi 22.0. Teknik analisis data yaitu regresi sederhana.Besarnya pengaruh yang didapat dalam penelitian ini tentang variabel pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI yaitu sebesar 91.1 % dan sisanya sebesar 8,9 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak terdapat didalam penelitian ini. Bagi Sekolah dapat lebih meningkatkan dan memperhatikan sumber belajar yang digunakan oleh siswa, sehingga siswa dapat mencapai hasil belajar yang baik

Kata Kunci    : Sumber Belajar,  Hasil Belajar Ekonomi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Meysha Ziya Eqi Putri, & Agus Baskara. (2022). PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XI IPS SMA NEGERI 3 DUMAI. PEKA, 10(1). https://doi.org/10.25299/peka.2022.vol10(1).11069

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)