IMPLEMENTASI PROGRAM CYBER PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA DALAM MENGELOLA INFORMASI PUBLIK DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM

  • Anindita Susilo Universitas Mercu Buana
  • Erlina Sari Universitas Mercu Buana
Keywords: Cyber PR, PT. Kereta Api Indonesia, Informasi Publik, PT. Kereta Api Indonesia, Informasi Publik

Abstract

Di tahun 2011, pemberitaan PT. KAI cenderung ke arah negatif dalam memberikan pelayanan. Namun di tahun 2014, hal tersebut menjadi semakin baik. Prestasi yang diperoleh PT. KAI tersebut tidak lepas dari faktor pengelolaan informasi publik yang disosialisasikan lewat media sosial melalui program Cyber Public Relations. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui implementasi program Cyber Public Relations PT. Kereta Api Indonesia dalam mengelola informasi publik di media sosial Instagram @keretaapikita. Penelitian ini menggunakan konsep pengelolaan program Public Relations yang diinisiasi oleh Cutlip yang kemudian dikaitkan dengan konsep Cyber PR. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa implementasi program Cyber Public Relations PT. Kereta Api Indonesia dalam mengelola informasi publik di media sosial Instagram meliputi memberikan informasi tentang PT. Kereta Api Indonesia (Persero), layanan kereta api, layanan stasiun sampai event dan inovasi yang telah dilakukan, bahkan beberapa kali dilakukan kegiatan giveaway. Hal tersebut tidak lepas dari tujuan utamanya, yaitu menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi, membina hubungan harmonis antara organisasi dengan publik eksternal maupun internal, menciptakan komunikasi dua arah secara timbal balik dengan menyebarluaskan informasi dari perusahaan kepada publik dan menyalurkan opini publik kepada organisasi, dan melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi kepentingan umum.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cutlip, S. M. (2013). Effective Public Relations Edisi ke-11. Jakarta: Kencana Media Group.

Djuraid, H. M. (2013). Jonan dan Evolusi Kereta Api Indonesia. Jakarta: BUMN Track.

E.B, G. A. (2014). Strategi Cyber Public Relations dalam Pembentukan Citra Institusi Pendidikan Tinggi Swasta. THE MESSENGER, Volume VI, Nomor 1, 1-7.

Effendy, O. U. (2009). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gabrina, I. d. (2013). Analisis Strategi Cyber PR PT. Pertamina (Persero) untuk Sosialisasi Penyesuaian Harga LPG 12 kg (Studi Kasus pada Kompetisi Blog Kompasiana oleh Pertamina). Journal Communication Spectrum Vol. 3, No. 2.

Iriantara, Y. (2009). Media Relations: Konsep, Pendekatan dan Praktik. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Januarti, D. T. (2014). Kecenderungan Isi Pemberitaan Layanan PT. Kereta Api Indonesia di Harian KOMPAS Periode Januari - Mei 2011. Jakarta: Universitas Mercu Buana.

Kemp, S. (2020, February 18). Digital 2020: Indonesia. Retrieved March 20, 2020, from datareportal.com: https://datareportal.com/reports/digital-2020-indonesia

Kusuma, K. (2018). Activities of Cyber PR of O Channel TV in Promoting their Company on Instagram. American Journal of Humanities and Social Sciences Research, 50-56.

Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitati. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurjanah. (2018). Pemanfaatan Media Sosial Masyarakat Sadar Wisata Dalam Mempromosikan Potensi Wisata Baru. Medium Jurnal Ilmiah Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Islam Riau, Vol. 6 No. 2, 39-50.

Onggo, B. J. (2009). Cyber Public Relations. Jakarta: PT. Media Elex Komputindo (Gramedia Group).

Soemirat, S., & Ardianto, E. (2010). Dasar-Dasar Public Relations. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilo, A., & Putra, R. K. (Juli 2019). Membangun Brand Awareness Menggunakan Strategi Cyber PR. Communicology Vol. 7 No. 1, 32-46.

Published
2020-06-20
Abstract viewed = 30 times
PDF downloaded = 15 times