Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru

Authors

  • Fitriana Yolanda Universitas Islam Riau

Keywords:

model pembelajaran kooperatif,Numbered Heads Together, hasil belajar matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah dilaksanakan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 30 orang siswa dengan 23 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan dengan kemampuan heterogen. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan kesadaran guru untuk menerapkan suatu model pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 5 Mei 2011 sampai dengan 9 Juni 2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan teknik pengamatan dan tes. Lembar pengamatan dianalisis secara deskriptif naratif yang bertujuan untuk mendiskripsikan tentang aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran berlangsung, sedangkan tes hasil belajar akan dianalisis dengan analisis Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) analisis rata-rata dan analisis distribusi frekuensi, untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Hal ini terlihat dari jumlah siswa yang mencapai KKM mengalami peningkatan pada ulangan harian I dan II dari skor dasar, dimana pada skor dasar siswa yang mencapai KKM sebanyak 11 orang atau 36,67% meningkat pada ulangan harian I yaitu siswa yang mencapai KKM sebanyak 16 orang atau 53,33%, dan meningkat pada ulangan harian II yaitu siswa yang mencapai KKM sebanyak 20 orang atau 66,67%. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIII2SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru tahun pelajaran 2010/2011.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2017-07-24

Issue

Section

Articles