ANALISIS PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP KEMAMPUAN PERUSAHAAN UNTUK MENGELUARKAN ZAKAT

Authors

  • Faisal Hidayat Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI SUMBAR) Pariaman
  • Miftahurrahmah Institut Agama Islam Sumatera Barat (IAI SUMBAR) Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.25299/jtb.2021.vol4(2).8137

Keywords:

Zakat, Return on Assets, Return on Equity

Abstract

Perbankan syariah merupakan representasi dari sistem ekonomi Islam yang menegaskan secara ekplisit dan tegas orientasi sosial di dalamnya. Salah satu fungsi sosial tersebut adalah zakat. Pada bank syariah, orientasi akan zakat berbanding lurus terhadap profitabilitas perusahaan tersebut karena untuk meningkatkan kemampuan zakat bank syariah terlebih dahulu meningkatkan profitabilitasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis pengaruh Rasio Profitabilitas terhadap tingkat kemampuan pengeluaran zakat pada Bank Syariah Devisa dengan proksi dari Rasio Profitabilitas yakni Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE).  Data dari penelitian ini berasal dari laporan keuangan tahunan (Annual Report) PT. Bank Muamalat Indonesia, PT. Bank BNI Syariah, PT. Bank Syariah Mandiri, dan PT. Bank Mega Syariah dari tahun 2014 sampai tahun 2017. Adapun untuk variabel penelitian yang digunakan adalah zakat sebagai variabel dependen sedangkan variabel independen adalah Return On Asset (ROA) dan Return On Equity (ROE). Penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan menggunakan Eviews 9 sebagai alat analisis. Setelah dilakukan analisis, hasil dari  penelitian ini membuktikan bahwa Return On Asset tidak berpengaruh terhadap kemampuan pengeluaran zakat, sedangkan Return On Equity mempengaruhi kemampuan pengeluaran zakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Antonio, Muhammad Syafi’i. 2005. Bank Syariah dari Teori ke Praktek. Gema Insani. Jakarta.

Dendawijaya, Lukman. 2003. Manajemen Perbankan. Ghallia Indonesia. Jakarta.

Firmansyah, Irman, dan Rusydiana, Aam S. 2013. Analisis Pengaruh Profitabilitas Terhadap Pengeluaran Zakat Pada Bank Umum Syariah Di Indonesia Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Liquidity, 2(2), p. 110-116.

Hasbi, M. Zidny Nafi’ & Amin, Muhammad. 2021. Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Tingkat Kemampuan Pengeluaran Zakat Pada BUSN Devisa. Jurnal Akuntansi Manajemen Bisnis dan Teknologi, 1(2), p. 89–102.

Hasbi, M. Zidny Nafi’. 2019. Dampak Krisis Keuangan Global Terhadap Perbankan Di Indonesia. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 13(2), p. 385-400.

Indriantoro, Nur., & Supomo, Bambang. 2014. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Edisi Pertama. BPFE. Yogyakarta.

Iswanaji, Chaidir., Hasbi, M. Zidny Nafi'., Salekhah, Fitri., & Amin, Muhammad. 2021. Implementasi Analitycal Networking Process (ANP) Distribusi Zakat Terhadap Pembangunan Ekonomi Masyarakat Berkelanjutan (Studi Kasus Lembaga Baznas Kabupaten Jember Jawa Timur). Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(1), p. 195–208.

Iswanaji, Chaidir., Khotijah, Siti Afidatul., & Hasbi, M. Zidny Nafi'. 2021. Lembaga Keungan Syariah (Buku Ajar Konsentrasi Syariah). Penerbit Adab. Jawa Barat.

Jayanti, Tri Winda., Khairani, Siti., & Pratiei, Raisa. 2015. Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Zakat Bank Umum Syariah Yang Terdaftar Di Bank Indonesia Periode 2010-2014. Jurnal Penelitian. Program Studi Akuntansi STIE MDP Palembang.

Kasmir. 2004. Manajemen Perbankan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muammar, Ahmad Nurul. 2010. Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Terhadap Kemampuan Zakat Pada Bank Syariah Mandiri Dan Bank Mega Syariah. Skripsi. IAIN Walisongo. Semarang.

Mufraini, Arif. 2012. Akuntansi dan Manajemen Zakat: Mengkomunikasikan Kesadaran dan Membangun Jaringan. Kencana. Jakarta.

Muhammad. 2005. Manajemen Bank Syariah. UPP AMP YKPN. Yogyakarta.

Rofiq, Nur. 2021. Implementasi Akad Bai` Bitsaman Ajil Pada BMT UGT (Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri Cabang Pembantu Asembagus Situbondo) Perspektif Hukum Islam. Literasi Hukum, 5(2), p. 81–87.

Sari, Wana Asvera. 2014. Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Pengeluaran Zakat PT Bank Syariah Mandiri Di Indonesia Periode 2010-2012. Skripsi. UIN Sultan Syarif Kasim. Riau

Sartono, Agus. 2001. Manajemen Keuangan: Teori dan Aplikasi. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.

Sholihin, Ahmad Ifham. 2010. Pedoman Lembaga Keuangan Syari’ah. Gramedia. Jakarta.

Siamat, Dahlan. 2005. Manajemen Lembaga Keuangan, Edisi Keempat. Badan Penerbit Fakultas Ekonomi Indonesia. Jakarta.

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Zaitun, Sri. 2001. Analisis Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Zakat Pada PT. Bank Muamalat Indonesia. Tesis. Program Studi Magister Manajemen Universitas Diponegoro. Semarang.

Downloads

Published

2021-11-29