Implementasi Literasi Data Digital Untuk Pendidikan Pada Sekolah Menengah

Authors

  • Evizal Abdul Kadir
  • Dedi Karni
  • Wira Satria Ramdani
  • M Amin Roidbafi

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2022.11059

Keywords:

Literasi Data Digital, SMPN 1 Kuala Kampar, Pendidikan, Konten Kreatif

Abstract

Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 (SMPN 1) yang terletak di Kelurahan Teluk Dalam, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Dimana SMP tersebut yang berlokasi jauh di pinggir ibu kota dan minimumnya akses informasi dan pengetahuan serta fasilitas sekolah. Untuk membantu menyelesaikan permasalahan atau meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dan masyarakat maka akan dilakukan bimbingan melalui Literasi Data secara Digital dan tutorial mencari informasi pembelajaran dengan tujuan agar siswa menperoleh pengetahuan tambahan disamping kelas regular yang di dapat di sekolah, kondisi pandemik membuat tidak maksimumnya pertemuan pembelajaran disekolah sehingga menambah permasalahan. Pendampingan untuk siswa SMPN yang mengalami permasalahan untuk mencari informasi pembelajaran melalui Literasi Data Digital dan membuat tugas-tugas sekolah. Tambahan beberapa informasi atau mengetetahui cara antisipasi terhadap masalah penggunaan internet dan informasi secara tidak wajar untuk siswa perlu lakukan sosialisasi agar informasi yang diakses hanya yang bermanfaat saja. Dengan adanya beberapa solusi tersebut di harapkan meningkatkan pengetahuan siswa sekolah yaitu SMPN 1 Kuala Kampar untuk memperoleh ilmu pengetahuan baik untuk ilmu regular sekolah dan tambahan lainnya seperti kreativitas membuat video dan konten promosi kreatif melalui aplikasi sederhana atau media social yang bermanfaat untuk usaha kecil rumah tangga masyarakat sekitar sekolah. Solusi untuk masyarakat umum dengan adanya kegiatan ini dapat membantu menambah ilmu pengetahuan untuk membuat konten kreatif untuk memasarkan produk dan mengatasi permasalahan pertanian yang dihadapi petani secara umum. Luaran dari kegiatan ini berupa buku panduan atau modul bagaimana cara membuat konten kreatif tahap demi tahap dan mencari informasi melalui aplikasi Literasi Data Digital. Disamping itu luaran berupa publikasi pada jurnal merupakan salah satu luaran lainnya yang ditargetkan agar meningkatkan dan penerapan ilmu pengetahuan pada masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Badan Pusat Statistik, “Jumlah Desa/Kelurahan Menurut Provinsi, 2019“Peraturan Badan Pusat Statistik Nomor 3 Tahun, Jakarta, 2020.
Wikipedia Indonesia, “Daftar kecamatan dan kelurahan di Riau “, Online, 2021.
Badrudin, “Dasar-Dasar Manajemen“, Bandung”: Alfabeta, 2015.
Manullang, “Dasar-Dasar Manajemen Usaha”, UGM Press, Yogyakarta, 2012.
Sri Rahayu, "Perancangan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Akademik Framework Togaf," Jurnal Algoritma, 2015.
Vidya Kharisma, dan Herdhita. “Literasi Digital di Kalangan Guru SMA di Kota Medan”. Jurnal Libri-Net 6(4), 2017.
Suyono, Titik Harsiati, dan Ika Sari Wulandari. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Sekolah Dasar 26(2), 2017.
Ukwoma, Scholastica C., dkk. “Digital Literacy Skills Possessed by Students of UNN, Implications for Effective Learning and Performance: A Study of The MTN Universities Connect Library.“ New Library World 117(11), 2016.
Tim Gerakan Literasi Nasional, “Materi Pendukung Literasi Digital “, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, 2017.

Downloads

Published

2022-11-28

How to Cite

Abdul Kadir, E., Dedi Karni, Wira Satria Ramdani, & M Amin Roidbafi. (2022). Implementasi Literasi Data Digital Untuk Pendidikan Pada Sekolah Menengah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 3(2), 23–29. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2022.11059

Issue

Section

Articles