Pelatihan Dasar Arduino Untuk Robotika Cerdas Dengan Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan Untuk Sekolah Menengah

PELATIHAN DASAR ARDUINO UNTUK ROBOTIKA CERDAS

Authors

  • Evizal Abdul Kadir
  • Nesi Syafitri
  • Dedikarni
  • Tu Bagus Dwi Fikri

DOI:

https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14848

Keywords:

Robotika, Arduino, SMAN 1 Kuala Kampar, Kecerdasan Buatan

Abstract

Perkembangan teknologi robotika dan sistem otomasi sudah berkembang di berbagai bidang, pada industri dan manufaktur pada umumnya sudah menggunakan mesin untuk pekerjaan dalam produksi produknya. Pengenalan sistem otomasi dan robotika perlu dilakukan sejak pada siswa-siswi sekolah agar lebih kenal dan mengerti proses kerjanya. Dalam kegiatan pengabdian ini akan dilaksanakan pengenalan dan pelatihan dasar robotika dan mikrokontroller arduino sebagai komponen utama dalam sebuah sistem secara otomatis. Sebagai tambahan dalam kegiatan ini pemaparan materi dasar robotika dan pelatihan bagaimana memprogram sebuah robot untuk aksi yang sederhana dan umum. Penerapan teknologi kecerdasan buatan juga sudah memasuki dalam industri robotika dan otomasi, dimana mesin-mesin produksi diharapkan dapat melakukan instruksi dan mengenal terhadap beberapa kesalahan sederhana agar lebih produktif dan efisien. Dengan menerapkan teknologi kecerdasan buatan maka sebuah mesin atau robot dapat lebih efisien dalam melakukan tugas yang sudah di program. Luaran dalam kegiatan pengabdian ini ditargetkan terbit sebuah makalah atau paper pada jurnal yang minimal terindeks pada google scholar dan luaran tambahan yang menjadi target adalah terbit sebuah berita atau laporan kegiatan pada media masa local. Kegiatan ini rencananya akan dilaksankan di SMAN 1 Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. SMAN 1 tersebut berada pada bagian ujung dari Kabupaten Pelalawan dan memerlukan transportasi yang jauh untuk akses ke lokasi. Total lama kegiatan yang dilaksanakan selama 3-4 hari termasuk transpotasi menuju lokasi. Presentasi dasar dan perkembangan robot, mesin yang mengerakkan robot dan demi mikrokontroller arduino serta pelatihan dasar pemograman. Pada bagian akhir kegiatan ini diharapkan ada tambahan pengetahuan terhadap siswa-siswi dan pahan penerapan robotika serta perkembannya dan mampu melakukan dasar pemograman arduino.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. D. Leotman, D. R. B. Syaka, and Priyono, (2016) “Pengembangan Robot Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Ekstrakurikuler Robotik Studi Kasus Smp Almuslim Bekasi,” J. Pendidik. Tek. dan Vokasional, vol. 2, no. 2, pp. 32–41.

I. Rasyid Munthe, R. Pane, B. Bangun, A. A. Ritonga, and I. C. Panjaitan, (2021) “Penyuluhan dan Pelatihan Teknologi Robotika dan Animasi,” Tridharma Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 4, no. 1, pp. 1–7.

I. Widiastuti, S. Arifin, and B. Widiawan, (2016) “Peningkatan Kreativitas Siswa SD Negeri Karangrejo 2 Melalui Ekstrakurikuler Robotika,” Semin. Has. Penelit. dan Pengabdi. Masy. Dana BOPTN, pp. 323–326.

L. K. P. Saputra and Y. Lukito, (2016) “Pelatihan pengantar Robotika Berbasis Lego NXT Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa SMA, no. 18, pp. 329–338.

M. Rahmi, R. Handayani, M. I. Sani, F. I. Terapan, and U. Telkom, (2019) “Model Robot Edukasi Menggunakan,” vol. 5, no. 3, pp. 2395–2404.

M. F. S. Putra, S. Purnamawati, and A. Hizriadi, (2017) “Pelatihan Rancang Bangun Peralatan Elektronik Menggunakan Raspberry Pi Untuk Siswa,” Abdimas Talent. J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 37–40, doi: 10.32734/abdimastalenta. v2i1.2194.

S. Lestari, (2018) “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” Edureligia; J. Pendidik. Agama Islam, vol. 2, no. 2, pp. 94–100, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

S. Purnama, “Pengasuh Digital untuk Anak Generasi Alpha, (2018) ” Al Hikmah Proc. Islam. Early Child. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 493–502.

W. Setyarsih and L. Rohmawat, (2020) “Edukasi Robotika Siswa SDN Kecamatan Gayungan Surabaya Dan Pengembangan Softskillnya,” Abdi, vol. 6, no. 1, pp. 65–74.

Y. T. J. Samodra, (2021) “Persepsi motorik siswa sekolah dasar kelas 3, 4, dan 5,” J. Pendidik. Olahraga, vol. 10, no. 1, pp. 67–81, doi: 10.31571/jpo.v10i1.2738.

Y. Yolanda and W. Arini, (2018) “Pelatihan Robotic Dan Teknologi Arduino Bagi Guru Mipa Dan Pelajar Sma/Smk Di Wilayah Kabupaten Musi Rawas,” J. CEMERLANG Pengabdi. pada Masy., vol. 1, no. 1, pp. 1–11, doi: 10.31540/jpm.v1i1.74.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Abdul Kadir, E., Nesi Syafitri, Dedikarni, & Tu Bagus Dwi Fikri. (2023). Pelatihan Dasar Arduino Untuk Robotika Cerdas Dengan Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan Untuk Sekolah Menengah: PELATIHAN DASAR ARDUINO UNTUK ROBOTIKA CERDAS. Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Penerapan Ilmu Pengetahuan, 4(2), 22–28. https://doi.org/10.25299/jpmpip.2023.14848

Issue

Section

Articles