Pemberdayaan Siswa Mts Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang Dalam Menghafal Juz Amma Melalui Permainan Copi Kara (congklak pintar kartu acak)

https://doi.org/10.25299/ceej.v2i1.5523

Authors

Keywords:

Juz ‘Amma, Congklak, Kartu acak

Abstract

Pemanfaatan permainan Congklak Pintar Kartu Acak (Copi Kara) memiliki tujuan yaitu pemberdayaan minat siswa MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang dalam menghafal Juz Amma dan memberikan pengetahuan baru tentang pemanfaatan budaya   permainan congklak sebagai alat bantu pembelajaran menghafal Juz Amma. Melalui permainan congklak sebagai media belajar, mempermudah menghafal dan pemahaman akan pentingnya mempelajari Juz Amma beserta makna yang terkandung di dalamnya. Kegiatan ini juga dapat sebagai nilai tambah dalam menumbuhkan   generasi   mendatang   yang   lebih   berakhlak   karena   dapat   menghafal   dan menerapkan makna dalam Juz Amma, dan sebagai bentuk pelestarian kembali permainan tradisional congklak. Metode pelaksanaannya yakni setelah mempelajari ilmu tajwid dalam Al Qur’an dengan bacaan yang benar dan fasih, pengajar dapat mengkolaborasikan  permainan Copi Kara dalam pembelajarannya. Selanjutnya permainan akan di ajarkan kepada setiap kelompok peserta didik untuk saling mempraktekkan hafalan dalam setiap permainan. Melalui Program Pengabdian, pemanfaatan permainan Copi Kara pada siswa MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang diharapkan dapat terealisasikan. Progam ini menggunakan metode yang rinci dan terjadwal mulai dari persiapan awal sampai dengan praktik pelaksanaan pembelajaran permainan Copi Kara Pada akhirnya, permainan Copi Kara diharapkan dapat menumbuhkan minat siswa MTs Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang dalam menghafal Juz Amma dan memberikan pengetahuan baru tentang pemanfaatan  budaya    permainan  congklak  sebagai  alat  pembelajaran  dalam  menghafal  Juz Amma. Kegiatan pengabdian ini telah dilakukan di MTs Al-Hikmah dan hasilnya hafalan juz amma semua siswa yang mengikuti kegiatan ini  menjadi kembali lagi karena proses membangkitkan hafalannya diselingi dengan permainan congklak pintar kartu acak

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Munadi,Yudhi. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Ashari. 2012. Panduan Rencana Pengajaran Tahfidz Juz ‘AmmaMetode “Khuluqiy”. http://asharilillah.blogspot.com/2012/draf-pqnduan-tahfidz-juz-amma-di-sd.html. Diakses tanggal 15 Pebruari 2020.
Pengertian Juz’amma. http://blogpaser.wardpress.com/2012/05/07/pengertian-juzamma.html. Diakses tanggal 15 Pebruari 2020.
Artikel Budaya Tradisional Indonesia. http://x-4-13- budayatradisionalIndonesia.blogspot.com/2013/05/pengertian-kebudayaan-adalah- kompleks.html. Diakses tanggal 15 Pebruari 2020.
artikel penjaskes permainan tradisional ( congklak). http://andasites.blogspot.com/2012/11/permainan-tradisional-congklak.html. Diakses tanggal 15 Pebruari 2020.
artikel penjaskes permainan tradisional ( congklak). http://andasites.blogspot.com/2012/11/permainan-tradisional-congklak.html.
Diakses tanggal 15 Pebruari 2020.Dikti (2012). Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat edisi IX . Dirjen Dikti Jakarta

Published

2021-01-07

How to Cite

FIIL, S. M. (2021). Pemberdayaan Siswa Mts Al-Hikmah Janti Jogoroto Jombang Dalam Menghafal Juz Amma Melalui Permainan Copi Kara (congklak pintar kartu acak). Community Education Engagement Journal, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.25299/ceej.v2i1.5523

Issue

Section

Articles