Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Menggunakan Pendekatan Analogi dapat Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa kelas VII SMP Madani Makassar
Keywords:
Model Pembelajaran Induktif, Pendekatan Analogi, Aktivitas dan Hasil belajar SiswaAbstract
Tujuan penelitian ini merupakan untuk mengetahui pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analogi dapat meningkatkkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP MADANI Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan untuk mengkaji penggunaan model pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analog. Untuk mendapatkan data-data dalam penelitian ini diperlukan lembar observasi, dokumentasi dan tes hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analog memiliki dampak positif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam setiap siklus. Pada siklus I nilai ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 36,52% dan hasil siswanya 30,89% meningkat pada siklus II dengan ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan rata-rata 73,04% dan hasil belajar siswanya 88,23%. menurun pada siklus II dengan rata-rata 11,77%. Penggunaan model pembelajaran induktif dengan menggunakan pendekatan analogi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII SMP MADANI.
Downloads
References
Arif, A., & Pendidikan Biologi, J. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hypnolearning terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Harapan Bhakti Makassar Infomasi Artikel ABSTRAK. Biology and Education Journal, 2(2), 12–21.
Ary, P., Wati, P., & Pujiastutik, H. (2018). Pengembangan Petunjuk Praktikum Biologi Berbasis Guide Inquiry Materi Interaksi Makhluk Hidup Dengan Lingkungan Development of a Biological Practicum Guide Based on Guide Inquiry Materials of Living Beings with the Environment. Proceeding Biology Education Conference, 14, 403–408.
Derici, R. M., & Susanti, R. (2023). ANALISIS GAYA BELAJAR PESERTA DIDIK GUNA MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI KELAS X SMA NEGERI 10 PALEMBANG. Research and Development Journal of Education, 9(1), 414. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.16903
Hamalik, O. (2005). Pengembangan Sumber Daya Manusia Manajemen Pelatihan Ketenagakerjaan Pendekatan Terpadu. In Proses Belajar Mengajar.
Herak, R., Biologi, P., Katolik, U., & Mandira, W. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDUKTIF DENGAN PENDAHULUAN Bagi peserta didik prestasi belajar sangat penting karena prestasi belajar merupakan salah satu gambaran tingkat keberhasilan dari kegiatan selama mengikuti pelajaran . Salah satu tujuan dalam prose. 4(April), 41–51.
Herak, R., Biologi, P., Katolik, U., Mandira, W., Analogi, P., & Belajar, P. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Induktif Dengan Pendekatan Analogi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Ipa. Jurnal Bio Educatio, 4(April), 41–51. https://jurnal.unma.ac.id/index.php/BE/article/view/1551
Mertasih, N. K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Induktif dengan Pendekatan Analogi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Teknologi Layanan Jaringan. Mimbar Ilmu, 25(1), 132. https://doi.org/10.23887/mi.v25i1.24770
Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar (Vol. 05, Issue 1).
Sugiono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. (1st ed., Vol. 4). CV. Alfabeta.
Win, A. A. (2019). The Effectiveness of Using Multiple Intelligences Learning Models on Biology Learning Outcomes of Class VII Students in Madani Junior High School of Makassar. Journal of Applied Science, Engineering, Technology, and Education. https://doi.org/10.35877/454ri.asci1150