Pengaruh Pembelajaran Hypnolearning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Harapan Bhakti Makassar

Authors

  • Arwin Arif Universitas Patompo
  • Herlina

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2022.11062

Keywords:

Hypnolearning, Hasil belajar siswa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa SMP Harapan Bhakti Makassar sebelum (pre-test) mengajar dengan Hypnolearning. (2) untuk mengetahui hasil belajar siswa SMP Harapan Bhakti Makassar setelah dilakukan hypnolearning (post test) (3) untuk menguji pengaruh hypno-learning terhadap hasil belajar di SMP Harapan Bhakti Makassar. Tempat penelitian adalah SMP Harapan Bhakti Makassar yang dilaksanakan pada bulan April sampai dengan Mei 2022. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Harapan Bahkti Makassar dari kelas VII, VIII dan IX. Namun sampel yang digunakan adalah sekelompok siswa kelas VIII dengan jumlah siswa sebanyak 30 siswa yang kriterianya memenuhi kebutuhan peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian memberikan skor rata-rata 50,33 kepada siswa sebelum diajar melalui Hypnolearning. Rata-rata siswa setelah Hypnolearning adalah 78,33. Dengan asumsi tingkat ketuntasan hasil dari 30 siswa, 25 orang atau 83,4% memiliki nilai sempurna dan 5 orang atau 16,6% memiliki nilai tidak sempurna serta hasil tes SPSS nilai Thitung 14,73 > nilai Ttabel 2,021 dan derajat kebebasan sebesar 2.750 dengan tingkat kesalahan 5% dan 1%. Hal ini menunjukkan bahwa hypnolearning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bakhtiar Suhaedir. 2021. Keefektifan Model Pembelajaran Hypnolearning Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA. kromatin: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, Volume 2 No.1. https: //journal.unismah.ac.id

Hamalik, 2007. Aplikasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Indra, 2022. Hipnotis, Efektifkah? http: //reducator1.multiply.com/journal/item/18/ hypnoteaching_ Effective//. co.id (22 Oktober 2009)

Rohma, Ummi. 2017. Pengaruh Metode Hypnoteaching Terhadap Sikap Belajar Biologi Pada Organisasi Kehidupan Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Bandar Lampung. Disertasi. Lampu:IAIN Raden Intan, (Online), https:http://repositorty.radenintan.ac.id/780/1/ SKRIPSI-UMINUROKHMAH.pdf, diakses pada 15 Maret 2020.

Sagala, 2009. Konsep dan Pentingnya Belajar. Bandung: alphabet

Saleha, 2020. Pengaruh Penggunaan Hypnolearning Terhadap Hasil Belajar Siswa di SD Madello Inpres Kabupaten Barru. naskah yang diterbitkan. https://repository.unibos.ac.id/ S1 Pendidikan Dasar, FKIP, Universitas Bosowa.

Sugiono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta

Williss dkk. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Yustisa, 2012 . Hypnolearning. Jakarta: Visi Media Pustaka.

Yusril, 2021. Pengaruh Metode Hypnolearning Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Siswa MTS Kelas VIII. Darussalam Impa. Tinjau oleh Dididik dan Dipelajari Vol. 2 N-baris 1. DOI:0.33096/eljour.v2i1.81. Universitas Brawijaya

Downloads

Published

2022-12-31

How to Cite

Arif, A., & Herlina. (2022). Pengaruh Pembelajaran Hypnolearning Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Harapan Bhakti Makassar. Biology and Education Journal, 2(2), 12–21. https://doi.org/10.25299/baej.2022.11062