Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berupa Permainan Monopoli pada Materi Organisasi Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2017/2018

Authors

  • Rahayu Sri Miranti Universitas Islam Riau
  • Sri Amnah Universitas Islam Riau
  • Tengku Idris Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2021.14402

Keywords:

Media, Pembelajaran, Pengembangan, Monopoli, Organisasi Kehidupan

Abstract

Penelitian pengembengan ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa permainan monopoli, dan mendeskripsikan validitas dan praktikalitas media sebagai media pembelajaran Biologi SMP kelas VII pada materi pokok organisasi kehidupan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penelitian pengembangan yang dilakukan hanya dari tahap Analyze (Analisis) sampai Development (Pengembangan).Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi serta lembar praktikalitas terhadap media permainan monopoli. Hasil penelitian ini berupa media permainan monopoli yang mendapatkan uji validitas dari ahli media 87,3% (valid), ahli materi 86,7% (valid), dan ahli pembelajaran 84,3%(valid)serta uji praktikalitas oleh siswa SMPN Mandau di Duri Kec. Mandau Kab. Bengkalis 87.6% (praktis). Dari hasil uji validasi dan uji praktikalitas disimpulkan bahwa media pembelajaran biologi berupa produk permainan monopoli pada materi organisasi kehidupan untuk siswa kelas VII SMP memiliki kriteria valid dan praktis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta Bandung

Dwiputra, D. H. 2016. Pengembangan Media Monopoli Pembelajaran IPA Penggolongan Hewan Untuk Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Negeri 1 Sinduadi Sleman. Skripsi. FKIP UNY: Yogyakarta. Diakses pada tanggal 20 November 2017.

Depdiknas. 2006. Pedoman Memilih Dan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Depdiknas.

Firdaus, Z., S. Zubaidah, dan Sunarmi. 2015.Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli IPA Mareti Sistem Pencernaan Makanan Untuk Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 4 Malang.Jurnal. Malang. Universitas Negeri Malang. Diakses pada tanggal 25 November 2017.

Jawandi, Ahmad. 2013. Bimbingan Kelompok Dengan Media Permainan “Smart Monopoli” Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa.Jurnal. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.

Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Oetomo, BSD. 2002. E-Education konsep, Teknologi dan Aplikasi Internet Pendidikan. Yogyakarta: ANDI.

Ploomp, Tjeerd and Nieveen, Nienke. 2013. Educational Design Research Part A:An Introduction Enchede, The Netherlands: SLO.

Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Puslitjaknov

Riduwan.2012. Pengantar Statistika Sosial. Bandung: Alfabeta

Sartikaningrum, R. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli AkuntansiUntuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negaeri 1 Tempel. Skripsi. FEKON UNY: Yogyakarta. Diakses pada tanggal 20 November 2017.

Sadiman, Arif; Raharjo, Haryono, dan Rahardjito. 2009. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Setyosari, P. 2015. Metode penelitian pendidikan &pengembangan Edisi Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor- faktor yang Mempengaruhi. PT. Rineka Cipta: Jakarta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Penerbit Alfabeta: Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2011. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Susantini, E. dan Indah, K. 2014. Validitas Permainan Planopoly (Plant Monopoly) Sebagai Sumber Belajar Pada Materi Angiospermae. Jurnal BioEdu. Volume 3. Nomor 3. Hal. 511-514. Diperoleh dari http//ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu.Diakses pada tanggal 25 November 2017.

Susanto, A., Raharjo, dan Prastiwi, M. S. 2012. Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Sub Mareti Sel Pada Siswa SMA Kelas XI IPA. Jurnal BioEdu.Volume 01. Nomor 1. Hal. 1-6. Diperoleh dari http://www.scribd. com/ doc/ 11855373/ Permainan Monopoli- Sebagai- Media- Pembelajaran- Sub- Materi- Sel- Pada- Siswa- SMA- Kelas- XI- IPA#Scribd. Diakses tanggal 27 November 2017.

Syahsiah. 2014. Pengaruh Penggunaan Permainan Monopoli sebagai Media Pengajaran Matematika terhadap Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar.Skripsi Online. FMIPA UIN. Jakarta. Diakses pada tanggal 20 November 2017.

Trianto. 2007. Model- Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto, 2009. Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara: Jakarta.

Trianto. 2014. Model Pembelajaran Terpadu.Bumi Aksara: Jakarta.

Trinovitasari, A. 2015. Penggunaan Permainan Monopoli Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama.Skripsi Online. FKIP UIN. Jakarta. Diakses pada tanggal 20 November 2017.

Yuliani. 2015. Pengembengan Media Pembelajaran Biologi Berupa Permainan Monopoli Pada Materi Sistem Rangka dan Sistem Otot Manusia untuk Siswa SMP. Skripsi. FMIPA UNP. Padang.

Published

2021-10-12

How to Cite

Sri Miranti, R., Amnah, S., & Idris, T. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berupa Permainan Monopoli pada Materi Organisasi Kehidupan untuk Siswa Kelas VII SMP Tahun Ajaran 2017/2018. Biology and Education Journal, 25–37. https://doi.org/10.25299/baej.2021.14402

Issue

Section

Articles