Profil Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru

Authors

  • Nursyahrani Lasmana Universitas Islam Riau
  • Tengku Idris Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.25299/baej.2020.14407

Keywords:

Profil Kemampuan, Berpikir Kritis, Berpikir Kreatif, Pembelajaran Biologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitiain ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal, wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Sampel pada penelitian ini sebanyak 108 siswa, diambil dari siswa kelas XI IPA. Soal yang disebarkan terdiri dari 14 pertanyaan. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat bahwa profil kemampuan berpikir kritis dan kreatif pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021 dilihat pada kemampuan berpikir kritis diperoleh rata-rata dengan persentase sebesar 75,0% dalam kategori kurang. Pada kemampuan berpikir kreatif diperoleh rata-rata dengan  persentase  sebesar 71,5% dalam kategori kurang. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru Tahun Ajaran 2020/2021 memiliki kemampuan berpikir kritis dan kreatif dalam kategori kurang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A’yun, Q., Hasasiyah, S H., Subali, B., Marwoto P. 2020. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Pembelajaran IPA pada Materi Tekanan Zat. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains). Vol. 09 No. 02.

Athifah., Syafriani. 2019. Analysis of Students Creative Thinking Ability in Physics Learning. Journal of Physics: Conf. Series 1185

Husamah., Setyaningrum, Y. 2013. Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kono, R., Mamu, H D., Tangge, L N. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Pemahaman Konsep Biologi dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Tentang Ekosistem dan Lingkungan di Kelas X SMA Negeri 1 Sigi. Jurnal Sains dan Teknologi Tadulako, Volume 5 Nomor 1. hlm 28-38.

Kunandar. 2011. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013) Suatu Pendekatan Praktis Disertai dengan Contoh. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. 2017. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Yogyakarta. Gadjah Mada University Press.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Purwanto. 2010. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sani, R A. 2019. Cara Membuat Soal HOTS. Tangerang: Tira Smart.

Setiawan, T B., Dafik., Laili, N. 2017. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII dalam Memecahkan Masalah Matematika Soal Model Pisa Fokus Konten Quantity Berdasarkan Kearifan Lokal. Kadikma. Vol. 8 No. 1.

Published

2020-12-24

How to Cite

Lasmana, N., & Idris, T. (2020). Profil Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 9 Pekanbaru . Biology and Education Journal, 1(2), 77–84. https://doi.org/10.25299/baej.2020.14407