Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri

Authors

  • Wisudatul Ummi Tanjung Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia.
  • Dian Namora Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796

Keywords:

Kreativitas Guru, Mengelola Kelas, Kejenuhan Belajar

Abstract

Kreativitas guru dalam mengelola kelas sangatlah penting karena akan mengembangkan keberhasilan guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru bidang studi Pendidikan Islam dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar di Madrasah Aliyah Negeri dan juga untuk mengetahui gejala kejenuhan belajar yang dihadapi oleh siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Subyek penelitian ini adalah guru bidang studi Fiqih 2 orang, al-Qur’an Hadits 2 orang, Akidah Akhlak 2 orang, dan Sejarah Kebudayaan Islam 2 orang dan juga 6 siswa yang mengikuti materi pembelajaran Pendidikan Islam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas guru dalam mengelola kelas untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri ada lima point temuan, yaitu: 1) pengecekan situasi dan kondisi siswa guna untuk memahami dan memastikan bahwa para siswa nyaman dan senang dalam mengikuti pembelajaran, 2) guru juga memanfaatkan media pembelajaran dengan baik dalam pembelajaran, 3) guru penata lingkungan belajar dengan baik, 4) mengembangkan strategi pengajaran, 5) dan strategi pemberian motivasi. Penelitian ini dapat memberikan sumbangsi kepada guru-guru untuk meninjau ulang kembali terhadap keadaan dan kondisi yang dialami siswa saat kegiatan belajar mengajar sedang berlangsung dalam menghandle kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, Nur. Kreativitas Guru PAI Dalam Menghindari Kejenuhan Belajar Siswa Di MTs Bustanul Ulum Desa Kertagena Daya Kecamatan Kadur Kabupaten Pamekasan. Skripsi, STAIN Pamekasan, 2014.

Ali, Mohammad dan Mohammad Asrori. Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: PT Bumi Aksara, 2009.

Arirahmanto, Sutam Bayu. “The Development Of Burnout Reduction Application Based On Android For SMPN 3 Babat Students”. Jurnal: BK UNESA 6.2 (2016): 1-5.

Boylan, James, et al. “Boredom In The COVID-19 Pandemic: Trait Boredom Proneness, The Desire To Act, And Rule-Breaking”. Personality And Individual Differences 171. 110387 (2020).

Bungin, Burhan. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi Format Format Kuantitatif Untuk Studi Sosiologi, Kebijakan Public, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran. Jakarta: Kencana, 2013.

Chan, Simon C.H dan Stephen Ko. “The Dark Side Of Personal Response Systems (PRSs): Boredom, Feedback, Perceived Learning, Learning Satisfaction”. Journal of Education for Business 96.7 (2021): 435-444.

Coskun, Abdullah dan Yucel Yuksel. “Examining English as a Foreign Language Students' Boredom in terms of Different Variables”. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature, and Culture 7.1 (2022): 19-36.

Darmadi, Hamid. Kemampuan Dasar Mengajar Landasan Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta, 2021.

Daryanto. Belajar dan Mengajar. Bandung: CV. Yarma Widya, 2010.

Hakim, Thursan. Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara, 2010.

Hasan, Moch. Sya’roni. “Implikasi Kejenuhan (Burnout) Belajar terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Diwek Jomban”. Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman 10.1 (2020).

Kadir, Abdul. “Peningkatan Kreativitas Guru Dalam Mengajar Melalui Pelatihan Model Assure Dengan Pendekatan Scientific Pada MGMP Pendidikan Agama Islam di SMA Kabupaten Indragiri Hulu”. Jurnal: Akademika 14.1 (2018): 1-19.

Khaira, Nia Alfi. “Penerapan Teknik Self Instruction untuk Mengurangi Kejenuhan Belajar Siswa”. Majelis Pendidikan Aceh: Jurnal Pencerahan 12.2 (2018): 172-200.

Khairani, Yunita dan Ifdil. “Konsep Burnout Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling di Padang”. Jurnal: Konselor 4.4 (2015): 208-214.

Khodabakhshzadeh, Hossein et al. “EFL Teachers' Creativity and Their Teaching's Effectiveness: A Structural Equation Modelling Approach”. International Journal of Instruction 11.1 (2018): 227-238.

Li, Chengchen. “A Control-Value Theory Approach To Boredom In English Classes Among University Students In China”. The Modrens Languange Journal 105.1 (2021): 213-334.

M.Yusuf, Kadar. Kontruksi Teori Belajar Qur’ani. Malang: CV Literasi Nusantara Abadi, 2017.

Munandar, Utami. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1999.

Pawicara, Ruci dan Maharani Conilie. “Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Kejenuhan Belajar Mahasiswa Tadris Biologi IAIN Jember di Tengah Pandemi Covid-19”. Alveoli: Jurnal Pendidikan Biologi 1.1 (2020): 180-201.

Pawlak, Miroslaw et al. “Individual Trajectories Of Boredom In Learning English As A Foreign Language At The University Level: Insights From Three Students’ Self-Reported Experience”. Innovation in Language Learning and Teaching 15.3 (2021): 263-278.

Risna. Reativitas Guru Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Pada SMK Negeri 1 Parepare). Skripsi, IAIN Parepare, 2018.

Rivai, Ahmad dan Nana Sudjana. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2013.

Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualittaif (Qualitative Research Approach). Yogyakarta: CV Budi Utama, 2018.

Sagala, Syaiful. Supervisi, Pembelajaran dalam Profesi Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sudarma, Momon. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2013.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2012.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Susanto, Ahmad. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana, 2011.

Syah, Muhibbin. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT Rosada Karya, 2014.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26.

https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tohirin. Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2014.

Tri Anni, Catharina. Psikologi Belajar. Semarang: UPT Unnes Press, 2007.

Ulrike E, Nett, Goetz Thomas dan Hall Nathan C. “Coping With Boredom In School: An Experience Sampling Perspective”. Contemporary Educational Psychology 36.1 (2011): 49-59.

Wang, Ziqi. “The Relationship Between Boredom Proneness And Recessive Truancy Partial Mediating Effect Of Academic Burnout. Advances In Social Science”. Education And Humanities Research 638 (2021): 815-819.

Wiyani, Novan Ardy. Manajemen Kelas. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.

Y. K., Goldberg et al. “Boredom: An Emotional Experience Distinct From Apathy, Anhedonia, Or Depression”. Journal Of Social And Clinical Psychology 30.6 (2011): 657-677.

Yusuf, A. Muri. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Additional Files

Published

05-07-2022

How to Cite

Tanjung, W. U. ., & Namora, D. . (2022). Kreativitas Guru dalam Mengelola Kelas untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 199–217. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9796