Internalisasi Nilai Keislaman pada Peserta Didik: Melibatkan Program Kaleng Filantropis Cilik sebagai Kesalehan Sosial dalam Pendidikan Islam

Authors

  • Kiki Cahya Muslimah Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9777

Keywords:

Filantropi, kaleng filantropis cilik, kesalehan sosial, nilai keislaman

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk membahas program kaleng filantropis cilik, apa kelebihannya serta internalisasi nilai keislaman melalui program dari LAZIZMU Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan bersifat deskriptif. Menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Hasilnya, program Kaleng Filantropis Cilik mampu membangun karakter anak untuk gemar berinfaq sejak dini. Secara teknis, dana infaq dalam Kaleng Filantropis Cilik dari setiap peserta didik disetorkan kepada wali kelas masing-masing yang nantinya akan diserahkan kepada petugas LAZIZMU. Keunggulan program; membangun karakter gemar berbagi, tenggat waktu yang diberikan sebulan dengan pelayanan jemput bola, dan adanya tanda terima serta adanya pelaporan dana dari LAZIZMU. Nilai-nilai keislaman yang ditanamkan ada dua yaitu penanaman nilai ilahiyah dan nilai insaniyah. Pembiasaan berinfaq melalui Program Kaleng Filantropis Cilik LAZIZMU Gresik mampu menciptakan atmofser religi dalam kehidupan peserta didik di perguruan Muhammadiyah yang dibutuhkan anak sejak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Abrasyi, Muhammad ‘Athiyyah. Al-Tarbiyah al-Islāmiyyah wa Falāsatuhā (ttp: ‘Isa al-Bābi al-Jalabī wa Shirkahu), 1996.

Amar, Faozan. “Implementasi Filantropi Islam Di Indonesia”. Al-Urban: Jurnal Ekonomi Syari’ah dan Filantropi Islam. Vol. 1 No. 1. (2017): 3.

Az-Zuhaili, Wahbah. Tafsir Al-Munir Jilid I. Jakarta: Gema Insani, 2013.

Caplin, C.P. Kamus Lengkap Psikologi Terj. Kartini Kartono. Jakarta: Rajawali, 1989.

Farma, Junia dan Khairil Umuri. “Filantropi Islam Dalam Pemberdayaan Ekonomi Umat”. JEIPS: Jurnal Ekonomi Islam dan Perbankan Syariah Vol. 1. No. 1. (2021): 3. https://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/ekispersya/article/view/953.

Ilchman, Warren F. dan Stanley N. Katz, dan Edward L. Queen II (Ed.) “Introduction” dalam Philanthropy in the World’s Traditions. Bloomington. Indiana: Indiana University Press, 1998.

Kamus Webster New World Dictionary. Third College Edition. New York: Prentice Hall, 1991.

Kristianten. Transparansi Anggaran Pemerintah. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Latief, Hilman. “Filantropi dan Pendidikan Islam di Indonesia”. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 28. No. 1. (2013): 124. https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/jpi/article/view/540. ISSN: 2460-8149.

____________. Filantropi Islam dan Ideologi Kesejahteraan Kaum Moderni. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. 2010.

Mahfudh, Sahal. Nuansa Fiqh Sosial. Yogyakarta: LKiS, 1994.

Maliki, Zainuddin. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2010.

Marwanto. “Bermuhammadiyah Melalui Spiritual Amal Saleh Filantropi Cilik LAZIZMU: Literatur Fungsi Bahasa”. Profetika: Jurnal Studi Islam. Vol. 21. No. 1. (2020): 21. https://journals.ums.ac.id/index.php/profetika/article/view/11054. ISSN: 2541-4534.

Mortimer, Edward. Islam dan Kekuasaan. Bandung: Mizan, 1971.

Payton, Robert L. dan Michael P. Moody. Understanding Philanthropy: Its Meaning and Mission. Bloomington and Indianapolis: Indiana University Press, 2008.

Pranawati, Rita Pranawati. “Filantropi untuk keadilan sosial ‘Aisyiyah”. (2005): 11. https://www.researchgate.net/publication/331894894_Rita_Pranawati_Filantropi_untuk_keadilan_sosial_'Aisyiyah.

Raco, J.R. Metode Penelitian Kualitatif Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya. Jakarta: PT. Grasindo, 2010.

Riadi, Sugeng. Abdul Rahman A. ghani (Ed). Muhammadiyah Transformasi Pendidikan; Mencari Format Pendidikan Muhammadiyah Yang Antisipatoris. Jakarta: UHAMKA Press. 2000.

Rohmah, Umi. “Pengembangan Karakter pada Anak Usia Dini (AUD)”. Al-Athfal Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4, No. (2018): 85.

Rozana, Asiatik Afrik., Wahid, Abdul Hamid., dan Muali, Chusnul. “Smart Parenting Demokratis dalam Membangun Karakter Anak”. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4, No. 1. (2018): 1-16.

Sarwat, Ahmad. Fiqih Waqaf. Jakarta: Rumah Fiqih Publishing, 2018.

Satya, Venti Eka. “Pengaturan Sistem Pembayaran Digital Untuk Stabilitas Sistem Keuangan Indonesia”. INFO Singkat Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual dan Strategis. Vol. XIII, No.2. (2021): 20. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info%20Singkat-XIII-2-II-P3DI-Januari-2021-249.pdf. ISSN: 2088-2351.

Sugiyono. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2016.

Suherman. “Penanaman Nilai Filantropi Islam Di Lembaga Pendidikan (Studi Kasus SDI Surya Buana Kota Malang)”. Al-Asasiyya: Journal Basic Of Education. Vol. 03. No. 02. ( 2019): 140. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/article/view/1824/1010. ISSN: 2548-9992.

Sulasmi, Siti. “Peran Variabel Perilaku Belajar Inovatif, Intensitas Kerjasama Kelompok, Kebersamaan Visi dan Rasa Saling Percaya Dalam Membentuk Kualitas Sinergi”. Ekuitas Vol. 13 No.2. (2009): 220. https://ejournal.stiesia.ac.id/ekuitas/article/download/295/277. ISSN: 1411-0393.

Suradi, Ahmad. “Sistem Pendidikan Anak Usia Dini dalam Konsep Islam: Analisis dalam Teoritis dan Praktis”. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, Vol. 4, No. 1. (2018): 61.

Syahidin. Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an. Bandung: Alfabeta, 2009.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tim Peneliti Filantropi Islam Pusat Bahasa dan Budaya UIN Jakarta. Filantropi Untuk Keadilan Sosial Menurut Tuntutan Al-Qur’an dan Hadis. Jakarta: Pusat Bahasa dan Budaya UIN Jakarta, 2003.

Ulum, Raudatul dkk. Indeks Kesalehan Sosial 2019. Jakarta: Litbangdiklat Press, 2020.

UU RI Nomor 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara, 2003.

Yaumi, Muhammad Yaumi. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014.

Zanil, Aini Latifa. Akbar, Ali. Chandra, Agus Firdaus. Masyhur, Laila Sari. “Filantropi dalam Perspektif Al-Qur’an serta Relevansinya terhadap Kesejahteraan Sosial”. Jurnal An-nida’ Vol. 44 No. 2. (2020): 87. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/download/12931/6631. ISSN: 2407-1706.

Additional Files

Published

04-07-2022

How to Cite

Muslimah, K. C., & Asrori. (2022). Internalisasi Nilai Keislaman pada Peserta Didik: Melibatkan Program Kaleng Filantropis Cilik sebagai Kesalehan Sosial dalam Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 182–198. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9777