Open Ended: Inisiatif Model Pembelajaran Tajwid di Lembaga Pendidikan Islam

Authors

  • Kipty Aviatri Marta Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Rusman Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9757

Keywords:

Open ended, tajwid, lembaga kursus Al-Qur’an, model pembelajaran

Abstract

Urgensi pemilihan dan penggunaan model pembelajaran dalam sebuah lembaga pendidikan merupakan suatu hal yang esensial. Jika penerapan model pembelajaran tepat, maka akan berimbas pada peningkatan kompetensi pembelajar. Penelitian ini bertujuan untuk menggali seputar penggunaan model Open Ended (OE) dalam pembelajaran tajwid di lembaga kursus al-Qur’anAl-Falah Surabaya. Peneliti berpijak pada metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 10 santri yang mengikuti kelas tadārus al-quran. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, (1) OE bukanlah satu-satunya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dalam pembelajaran tajwid al-quran. (2) OE sebagai penunjang model pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman santri dalam materi tajwid. (3) Terdapat kelebihan dalam penerapan OE, di antaranya aspek psikogi, sosial, dan pedagogi. (4) Adapun kendala yang dijumpai di antaranya aspek andragogi, motivasi, dan perbedaan individu. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan model pembelajaran pendidikan Islam di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abizard Rafli Asrafzani, Kipty Aviatri Marta, dan Surasit Singkhala. Laporan Observasi Pendidikan Islam Luar Sekolah di Lembaga Kursus Al-Qur'an Yayasan Masjid Al-Falah Surabaya. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surabaya. 2021.

Aeni, Ani Nur. Pengembangan Model Pembelajaran Fahm Al-Qur'an Pada Perkuliahan Pendidikan Agama Islam (PAI) Untuk Meningkatkan Sikap Religius. Universitas Pendidikan Indonesia, (2016).

Aeni, Ani Nur, and Asbabun Nuzul. Yaitu Tercapainya Tujuan PAI: Beriman Dan Bertaqwa Yang Diukur Dengan Terjadinya Peningkatan Sikap Religius. (2016).

ALIF ALWAN, UBAIDILLAH. “Pengelolaan Lembaga Kursus Al Quran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Di Lembaga Kursus Al Quran Al Falah Surabaya.” Unesa, vol. 8, no. 1 (2019): 1–12.

Andriani, Rike, and Rasto Rasto. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, vol. 4, no. 1 (2019): 80, https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958.

Asrori. Psikologi Pendidikan Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada, 2020.

Azimah, Nahdliyyatul, and Rahman Hakim. “Eksplorasi Pembelajaran M-Learning Fiqh Pada Masa Pandemi Di UIN Sunan Ampel Surabaya.” Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, vol. 5, no. 2 (2020): 255–69, https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.9349.

Christoper, Gloria. “Peranan Psikologi Dalam Proses Pembelajaran Siswa Di Sekolah.” Jurnal Warta, vol. 58 (2018): 63–72.

Fay, Daniel Lenox. “Kompetensi Pedagogik Guru Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Huda Di Desa Mendalo Darat Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi.” Angewandte Chemie International Edition, 6. 1 (2019): 951–952.

Hadi, Abd., et al. “Penelitan Kualitatif: Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnografi, Biografi.” CV.Pena Persada, 2021.

Halili, Heri Rifhan. “Kajian Metode Pembelajaran Membaca Al-Qur'an Usia Dewasa Dengan Pendekatan Konsep Andragogi.” Imtiyaz: Jurnal Ilmu Keislaman, vol. 5, no. 2 (2021): 98–108.

Hanafi, Yusuf, et al. “Student’s and Instructor’s Perception toward the Effectiveness of E-BBQ Enhances Al-Qur’an Reading Ability.” International Journal of Instruction, vol. 12, no. 3 (2019): 51–68, https://doi.org/10.29333/iji.2019.1234a.

Irawan, Edy Bambang, et al. OPEN- ENDED PROBLEMS. no. 2 (2018): 160–72.

Kambela, Adam Dwi. “Pengaruh Pemahaman Ilmu Tajwid Terhadap Keterampilan Membaca Al-Qur’anPada Mata Pelajaran PAI Siswa Kelas VII SMP Neheri 17 Kota Bengkulu.” Skripsi, 2021, pp. 7–70.

Komarudin, Komarudin, et al. “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis: Dampak Model Open Ended Dan Adversity Quotient (AQ).” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, vol. 10, no. 2 (2021): 550, https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3241.

Lestari, Kadek Dita, et al. “Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa.” Journal of Education Technology, vol. 1, no. 3 (2017): 169, https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501.

Mujahidin, Endin, et al. “Tahsin Al-Qur’an Untuk Orang Dewasa Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, vol. 14, no. 1, (2020): 26. https://doi.org/10.32832/jpls.v14i1.3216.

Mumayyizah, M. Seluk Beluk Lembaga Kursus Al-Falah Suarabaya. 2021.

Ningsih, Evi Wahyu, et al. “Model Pembelajaran Open Ended Sebagai Solusi Untuk Memaksimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa SD.” JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), vol. 4, no. 2, (2020): 234, https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.192.

Rudyanto, Hendra Erik, et al. “Open Ended Mathematical Problem Solving: An Analysis of Elementary Students’ Creative Thinking Abilities.” Journal of Physics: Conference Series, vol. 1254, no. 1 (2019): https://doi.org/10.1088/1742-6596/1254/1/012077.

Sofian Effendi. Sejarah Dan Perkembangan Metode Pembelajaran Baca Al-Qur'an Di Indonesia. Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta, 2021.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini, et al. "How Does Learner-Centered Education Affect Madrasah Teachers' Pedagogic Competence?." Journal of Education Research and Evaluation6.2 (2022). https://doi.org/10.23887/jere.v6i2.42119.

Wahyu Khafidah, Maryani. “Aspek Sosial Dalam Pendidikan.” Jurnal Studi Pemikiran, Riset Dan Pengembangan Piendidikan Islam, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 67–86.

Witoko, R., and W. Wardono. “Analisis Model Pembelajaran Open-Ended Learning (OEL) Dengan Assessment for Learning (AfL) Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Matematika.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional. vol. 2, 2019, pp. 748–53, https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29262.

Additional Files

Published

04-07-2022

How to Cite

Marta, K. A., Asrori, & Rusman. (2022). Open Ended: Inisiatif Model Pembelajaran Tajwid di Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 169–181. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9757