Pengembangan Konten Materi Shalat Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Prezi Video

Authors

  • Rahmat Mulyadi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia.
  • Yayat Ruhiat Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Banten, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9490

Keywords:

Pengembangan Konten, Materi Shalat, Prezi Video, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan konten materi shalat pada pembelajaran pendidikan agama Islam menggunakan software prezi video pada siswa Sekolah Dasar (SD). Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (reseach and development) atau disebut R&D dengan model pengembangan Hannafin dan Peck dengan tiga tahapan yaitu (a) analisis kebutuhan, (b) desain, dan (c) pengembangan. Penelitian ini menghasilkan konten pembelajaran materi shalat pada siswa Sekolah Dasar (SD) menggunakan prezi video yang berpotensi menjadi media pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dengan fokus pembahasan yaitu materi shalat subuh yang menjelaskan bacaan dan tatacara shalat subuh baik dari niat, takbiratul ihram, ruku, doa qunut, sujud, tahiyat akhir hingga salam

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Astuti, Sri Andri. “Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Program Prezi pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, 2019.

El-Fatih, Syaifurrahman. Panduan Shalat Praktis & Lengkap. (Wahyu Qolbu, 2019.

Gabor Kiss. “MS Power Point vs Prezi in Higher Education.” Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, vol. 15, no. 3, 2016, pp. 126–30.

Haibah, Mujahidatul, et al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 5, no. 2, 2020, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341.

Halifa Haqqi, Hasna Wijayati. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, Da Transformasi Kehidupan Di Era Disruptif. Remaja Rosda Karya, 2019.

Kustandi, Cecep, Darmawan, Deddy. Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana, 2020.

Nadirah, Yahdinil Firda. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Media Madani, 2019.

Prasetiawan, Ahmad Yusuf, et al. “Sikap Keberagamaan Siswa Di Sekolah Islam Terpadu.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 2015.

Rasjid, Sulaiman. Fiqih Islam. Sinar Baru Algensindo, 2015.

Rusyfian, Z. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini Untuk Pelajar, Mahasiswa, Dan Pebisnis. 1st ed., Informatika Bandung, 2016.

Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, 2005.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana, 2014.

Solikhah, Putri Irma. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2017.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini. “Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2015, doi:10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).1458.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

---. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tegeh, I. Made. Model Penelitian Pengembangan. Graha Ilmu, 2015.

Yamin, Moh. Menggugat Pendidikan Indonesia "Belajar Dari Paulo Freire Dan Ki Hajar Dewantara. Ar-Ruzz Media, 2009.

Additional Files

Published

30-06-2022

How to Cite

Mulyadi, R., & Ruhiat, Y. (2022). Pengembangan Konten Materi Shalat Pada Siswa Sekolah Dasar Dengan Prezi Video. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 18–27. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9490