Rekonstruksi Pendidikan Karakter di Era Globalisasi: Studi Analisis Konsep Pemikiran Ibnu Miskawaih

  • Nur Zaidi Salim Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Maragustam Siregar Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
  • Mufrod Teguh Mulyo Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia
Keywords: Pendidikan Karakter, Era Global, Konsep Ibnu Miskawaih

Abstract

Pendidikan karakter penting karena krisis moral pada era globalisasi. Dampak yang ditimbulkan ada sisi positif dan negative. Ibnu Miskawaih adalah tokoh filosof Islam yang menyentuh konsep pendidikan karakter, bukunya tahzib al-akhlak wa tathir al-a’raf. Penelitian bertujuan mendeskripsikan dan menganalsis: konsep pendidikan karakter Ibnu Miskawaih, rekonstruksi pendidikan karakter di Era global. Penelitian kepustakaan mengacu pada kepustakaan primer; kitab Tahdzibul Akhlaq (Ibnu Miskawaih). Pendekatan menggunakan kualitatif, obyektif dan pragmatik, metode content analisis. Kesimpulan metode deduktif. Hasil Penelitian: konsep karakter Ibn Miskawaih the Golden (The Doctrin of the Mean). Karakter manusia dibangun dari empat landasan; menahan diri, keberanian, kebijaksanaan, dan keadilan. Memandang pendidikan sebagai sarana penanaman akhlak mulia, memanusiakan manusia, sosialisasi individu, dan penanaman rasa malu, harus direonstruksikan diera global, dan mampu mengajarkan dan menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik dengan dibekali iman, sesuai dengan hakikat pendidikan yaitu help student become smart and good

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abiddin, A. Mustika, “Penerapan Pendidikan Karakter pada Kegiatan Ekstrakurikuler melalui Metode Pembiasaan,” Didaktika 2.12 (2018).

Arifin, Barmawi, Pendidikan Karakter, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2012.

Arifin, Imran(ed.), Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan, Malang: Kalimasada, 2015.

Badawi, Abd al Rahman, “Miskawaih dalam History of Muslim Philosophy, Wiesbaden: Otto Harrasowits, 1. (2015).

Bafadhol, Ibrahim, “Pendidikan Akhlak dan Perspektif Islam,” Jurnal Edukasi Islami Jurnal Pendidikan Islam 6.12 (2017): 60–61.

Basyir, Ahmad Azharr, Miskawaih, Yogyakarta: Nur Cahaya, 5. (2014).

Busroli, Ahmadi, “Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih dan Imam al-Ghazali dan Relevansinya dengan pendididkan Karakter di Indonesia,” At-Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam 10, 2. (2019).

H. A.R. Tilaar, Pengembangan Sumber Daya manusia Dalam Era Globalisasi. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia, (2004).

Hidayatullah, M. Furqon, Pendidikan karakter Ibnu Miskawaih, Yogyakarta, cantrik Pustaka,1. (2018).

Jurnal Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 15. (01 Juli 2019).

Koesoema, Doni, Pendidikan Karakter; Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grafindo (2010).

Kurniawan, Syamsul, Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Implementasinya secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat, cet. III.Yogyakarta, Amruzz Media, (2016).

Kusuma, Dharma, dkk, Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja, (2015).

Matanari, Ratimah, “Pemikiran Pendidikan Islam ibn Miskawaih (Studi tentang Konsep Akhlak dan Korelasinya dengan Sistem Pendidikan),” Al-Fikru: Jurnal Ilmiah 15.2(2021).

Mahmud. Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia (2011).

Ibn Miskawaih, Tahdzib al Akhlak, Diedit Hasan Tamim, Beirut: Mansyurat Dar Maktabat al-Hayat, (1398 H).

Miskawaih, Ibnu, Kitab al-Sa’adat, Mesir: al-Mathba’at al-Arabiyyat, (1928).

Nata, Abuddin, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers, (2006).

Nur Aeni, Ani Pendidikan NIlai, Moral, dan Karakter, Pertama, Bandung, UPI Press, (2018).

Samani, Muchlas dan Hariyanto, Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, (2012).

Siregar, Maragustam, “Filsafat Pendidikan Islam Menuju Pembentukan Karakter,” Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga, (2018).

Suhartono, Suparlan, Wawasan Pendidikan Sebuah Pengantar Pendidikan, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, (2008).

Suwito, Filsafat Pendidikan Akhlak Ibnu Miskawaih, Yogyakarta: Belukar.1. (2004)

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini. “Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2015, doi:10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).1458.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

---. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Wiyani, Novan Andy, Konsep, Praktik dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, (2013)

Published
2022-06-30
Abstract viewed = 393 times
PDF downloaded = 0 times