Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multiliterasi dalam Kurikulum Berbasis Riset Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9409Keywords:
pembelajaran, agama islam, multiliterasi, riset, madrasahAbstract
Pengembangan literasi sangat urgen dimiliki oleh peserta didik madrasah dan itu mesti dimulai dengan aktivitas riset. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran agama Islam multilaterasi dalam kurikuum berbasis riset Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian studi kasus. Informan penelitian ini adalah guru madrasah, kepala madrasah, dan peserta didik madrasah. Data dikumpulkan dengan wawancara dan observasi, serta dianalisis menggunakan teknik pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa perencanaan pembelajaran agama Islam multiliterasi di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Doplang Blora memuat konsep multiliterasi yang terdiri dari literasi digital, literasi numerik, dan literasi budaya dengan penekanan utama pembelajaran riset dan budaya pondok pesantren dan diterapkan dalam kegiatan intrakurikuler melalui kegiatan belajar mengajar (Quran Hadits, Akidah Akhlak, Fiqih, SKI, dan ke-NU-an), kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan diri yang berkait erat dengan proses belajar mengajar. Diharapkan banyak madrasah yang melaksanakan pembelajaran agama Islam multiliterasi berbasis riset disesuaikan kondisi setempat di berbagai madrasah Indonesia
Downloads
References
Abidin. Pembelajaran Literasi Dalam Konteks Pendidikan Multiliterasi, Integratif, Dan Berdiferensiasi. PT Rizqi Press, 2015.
Afandi, Mohammad Rizal. Pembelajaran Berbasis Multiliterasi Dalam Meningkatkan Keterampilan PAI (Studi Multikasus Di SMKN 1 Pogalan Dan SMAN 1 Gondang Tulungagung). IAIN Tulungagung, 2019.
Amirudin, Noor. “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital.” Prosiding Seminar Nasional PAI Dengan Pendekatan Multidisipliner, 2019, pp. 181–92.
Aprilia, Wahyu. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum.” Islamika, vol. 2, no. 2, 2020, pp. 208–26, doi:10.36088/islamika.v2i2.711.
Azis, Rosmiaty. Ilmu Pendidikan Islam. Edited by Baharudin, Cetakan Ke, Sibuku, 2019, http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf.
Creswell, John W. Research Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran. 4th ed., Penerbit Pustaka Pelajar, 2019.
Dafit, Febrina. “Pengaruh Model Pembelajaran Multiliterasi Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, vol. 1, no. 1, 2017, pp. 87–100, doi:10.24036/jippsd.v1i1.7937.
Ghony, M. Djuanidi, et al. Analisis Dan Interprestasi Data Penelitian Kualitatif. Edited by Risa Trisnadewi, 1st ed., Refika, 2020.
Ghony, M. Junaid., and Fauzan Almashur. Analisis Dan Interprestasi Data Penelitian Kualitatif. Edited by Risa Trisnadewi, 1st ed., Refika, 2020.
Ginanjar, Ani Yanti, and Wita Widayanti. “Penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa Di Sd/Mi.” Primary : Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, vol. 10, no. 2, 2019, p. 117, doi:10.32678/primary.v10i02.1283.
Gunawan, Heryanto. “Implementasi Model Pembelajaran Multiliterasi Pada Perkuliahan Pembelajaran Berbicara.” Jurnal Metabasa, vol. 1, no. 1, 2020, pp. 38–50, http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/mbsi/article/view/883.
Harahap, Nursapia. Penelitian Kualitatif. Edited by Hasan Sazali, Wal ashri Publishing, 2020.
Hasan, Muhammad Tholchah, et al. Metode Penelitian Kualitatif Tinjauan Praktis Dan Praktis. Visipress Media, 2013.
Islam, Dirjem Pendidikan Agama. “Pentunjuk Teknis Penilaian Hasil Belajar Pada Madrasah Aliyah.” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, 2018, pp. 1689–99.
Kebudayaan, Balitbang Kementerian dan. KURIKULUM 2013: Pedoman Implementasi Kurikulum. Balitbang Kemdikbud, 2013.
Kemdikbud. “Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum, 2003, p. 6, http://stpi-binainsanmulia.ac.id/wp-content/uploads/2013/04/Lamp_2_UU20-2003-Sisdiknas.doc.
Kemenag, RI. Petunjuk Teknis Pengelolaan Pembelajaran Riset Di Madrasah. 2019, p. 31.
Lexy J. Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. 35th ed., Remaja Rosdakarya, 2016.
Madrasah, Direktorat Kskk, et al. KMA 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI Dan Bahasa Arab. 2019.
---. Petunjuk Teknis Penyusunan Dan Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Madrasah Aliyah plus Keterampilan. 2019, pp. 0–28.
Miles, Matthew B., and A. Michae. Huberman. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press, 2019.
Munzaini. “Kefektifan Model Pembelajaran Multiliterasi Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah IMAMI Mata Pelajaran Fiqih Kepanjen Kabupaten Malang.” Journal of Chemical Information and Modeling, vol. 53, no. 9, 2018.
Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. “Inovasi Model.” Nizmania Learning Center, 2016.
---. “Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013.” Nizmania Learning Center, edited by Nurdyansyah, Nizamia Learning Center, 2016.
Nurlaeli, Acep. “Inovasi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pada Madrasah Dalam Menghadapi Era Milenial.” Wahana Karya Ilmiah, vol. 4, no. 2, 2020, pp. 622–44.
Pendis, Dirjen. KMA Nomor 184 Tahun 2019 Tentang Implementasi Kurikulum Pada Madrasah. 2019.
Prasetyo, Arif Rahman, and Tasman Hamami. “Prinsip-Prinsip Dalam Pengembangan Kurikulum.” Palapa, vol. 8, no. 1, 2020, pp. 42–55, doi:10.36088/palapa.v8i1.692.
Sagala, Syaiful. “Konsep Dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar Dan Mengajar.” Laboratorium Penelitian Dan Pengembangan FARMAKA TROPIS Fakultas Farmasi Universitas Mualawarman, Samarinda, Kalimantan Timur, no. April, 2016, pp. 5–24.
Siyoto, Sandu. Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publising, 2015.
Sri Wahyuningsih. Metode Penelitian Studi Kasus (Konsep, Teori Pendekatan Psikologi Komunikasi, Dan Contoh Penelitiannya). UTM Press, 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. 27th ed., Alfabeta, 2019.
Sukirman, Dadang, and Ali Nugraha. “Hakikat Kurikulum.” Hakikat Kurikulum, 2011, p. 317, repository.ut.ac.id/3815/1/PGTK2403-M1.pdf.
Sulistyo, Heru. BUKU Model Pembelajaran PAI. no. 60, 2019, pp. 1–183.
Sutrano. “Eksploring Kearifan Lokal Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Madrasah Diniyah Takmiliyah.” Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, pp. 412–31, doi:10.25299/al-thariqah.
Al-AlSyaibany, Omar Muhammad. Falsafah Pendidikan Islam. Bulan Bintang, 2009.
Ali, Muhammad Daud. Pendidikan Agama Islam. Raja Grafindo Persada, 2016.
Baidhawi, Zakiyudin. Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural. Erlangga, 2005.
Covey, Stephen R. The 7 Habits of Highly Eflective People: Restoring the Character Ethic. RosettaBooks, 2004.
Davies, Dan, et al. “Creative Learning Environments in Education—A Systematic Literature Review.” Thinking Skills and Creativity, vol. 8, Elsevier, 2013, pp. 80–91.
Dixon-Woods, Mary. “Systematic Reviews and Qualitative Methods.” Qualitative Research: Theory, Method and Practice. 3rd Edn. London: Sage, 2010, pp. 331–46.
Djamaludin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Setia, 2008.
Fahri, Mohamad, and Ahmad Zainuri. “Moderasi Beragama Di Indonesia.” Intizar, vol. 25, no. 2, 2019, pp. 95–100.
Hamalik, Oemar. Kurikulum Dan Pembelajaran. Bumi Aksara, 2011.
Hilmy, Masdar. “Whither Indonesia’s Islamic Moderatism? A Reexamination on the Moderate Vision of Muhammadiyah and NU.” Journal of Indonesian Islam, vol. 7, no. 1, 2013, pp. 24–48.
Hiqmatunnisa, Hani, and Ashif Az Zafi. “Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih Di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning.” Jipis, vol. 29, no. 1, 2020, pp. 27–35, http://ejournal.unis.ac.id/index.php/JIPIS/article/view/546.
Hornby, A. S. Oxford Advenced, Dictionary of Current English. Oxford University Press, 2000.
Karwadi, Karwadi. “Deradikalisasi Pemahaman Ajaran Islam.” Al-Tahrir: Jurnal Pemikiran Islam, vol. 14, no. 1, 2014, pp. 139–56.
Katni, and Al Ikhwanah. “CONFERENCE on ISLAMIC.” Masa Keemasan Anak Dan Cara Meresponnya, no. 62253, 2017, p. 47.
Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka, 1990.
Kementrian Agama RI. Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama RI, 2019, https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/buku-moderasi-beragama.
Kisbiyanto, Kisbiyanto. “Manajemen Kurikulum Dalam Perspektif Anti-Radikalisme.” Addin, vol. 10, no. 1, 2016, p. 181, doi:10.21043/addin.v10i1.1134.
Koehler, Daniel. “Understanding Deradicalization.” Understanding Deradicalization, Routledge, 2017, doi:10.4324/9781315649566.
Lickona, T. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. Random House Publishing Group, 2009, https://books.google.co.id/books?id=QBIrPLf2siQC.
Mubin, Muhammad Nurul. “Konstruksi Pendidikan Nilai Al-Tawassut WaL I’Tidal Dalam Deradikalisasi Pemahaman Agama.” PROSIDING GLOBALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: Multikulturalisme, Moderasi Beragama, Inklusif, Dan Deradikalisasi PAI, Adab Pres, 2021, pp. 183–92, http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/jpai/announcement/view/52.
Muqowim. “Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama, Prosiding Webinar Nasional 2021 ‘Globalisasi Pendidikan Agama Islam.’” Jurnal Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga, vol. 1, no. 1, 2021, p. 146.
Muqoyyidin, Andik Wahyun. “Membangun Kesadaran Inklusif Multikultural Untuk Deradikalisasi Pendidikan Islam.” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2013, p. 134.
Nuhrison, M. “Faktor-Faktor Penyebab Munculnya Paham/Gerakan Islam Radikal Di Indonesia.” Jurnal Multikultural & Multireligius, vol. 8, no. 1, 2009, p. 35.
Rubaidi, A. Radikalisme Islam, Nahdatul Ulama Masa Depan Moderatisme Islam Di Indonesia. Logung Pustaka, 2007.
Saifuddin, Lukman Hakim. Moderasi Beragama. Badan Litbang dan Diklat Kementerian RI, cet. I, 2019.
Saifudin, Ahmad. “MANAJEMEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF MODERASI ISLAM WASATHIYYAH.” Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, vol. 3, 2015, pp. 103–11.
Saputra, Muhammad Nur Adnan, and Muhammad Nurul Mubin. “URGENSI KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM FENOMENA RADIKALISME DI INDONESIA.” SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, vol. 3, no. 1, 2021, pp. 16–28.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.
Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.
Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03
Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.
Tambak, Syahraini. “Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2015, doi:10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).1458.
Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.
Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.
Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527
Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328
Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644
Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184
Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16
Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.
---. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif: Konsep, Landasan, Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Edited by Kencana Prenada Model Group, 2010.
Warsito. Antropologi Budaya. Ombak, 2015.
Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Dan Program Pembelajaran.Pdf. 10th ed., Pustaka Pelajar, 2019.