Pre-Service Teaching dan Ketaatan pada Kyai dalam Pengembangan Keikhlasan Santri di Pondok Pesantren Modern

Authors

  • Muhajir Muhajir Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang, Indonesia
  • Ahmad Zulfi Aali Dawwas Pondok Pesantren Kun Karima Pandeglang, Banten, Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9137

Keywords:

Pre service teaching, ketaatan kepada Kyai, keikhlasan santri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang implementasi pre service teaching dan ketaatan pada Kyai, faktor pendukung dan penghambat, dan  strategi  implementasi pre service teaching dan ketaatan pada Kyai dalam meningkatkan keikhlasan santri di Pondok Modern Al- Iman Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis dalam penelitan ini adalah etnografi dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitiannya adalah implementasi pre service teaching dan ketataan pada kyai dalam pengembangan keikhlasan santri secara filosofis merupakan bentuk aktualisasi visi, misi dan tujuan Pondok Modern. Faktor pendukungnya adalah lingkungan yang religius, keteladanan dari pengasuh, keinginan santri untuk berubah menjadi lebih baik. Faktor penghambatnya adalah dari diri santri sendiri, latar belakang budaya yang berbeda, latar belakang pendidikan, dan pengaruh lingkungan.  Strategi yang diterapkan adalah menanamkan keimanan dan keyakinan santri, melakukan sesuatu tidak karena orang lain dan memperdalam literasi tentang keikhsalan santri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Ma’ani. Terjemahan Dari Arti Pengabdian Di Kamus Istilah Indonesia Arab. 2020.

Anasri, Anasri. “Membentuk Karakter Dengan Al-Qur’an, Satu Perspektif Pendidikan Islam.” Al-Fikra: Jurnal Ilmiah Keislaman, vol. 17, no. 2, 2019, pp. 218–48.

Arsip. Arsip Dokumen Pondok Pesantren Al Iman Ponorogo. 2020.

Bahasa, Badan Pengembangan dan Pembinaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia. 2016.

Burahman, Hendi. Peranan Pondok Pesantren Al Chafidhi Dalam Pembinaan Akhlak Masyarakat Desa Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2008.

Dhofier, Zamakhsari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai. LP3ES, 1984.

Dhofier, Zamaksyari. Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Kyai. Cet. VII, LP3ES, 2011.

Ghafur, Waryono Abdul. Tafsir Sosial. elSAQ Press, 2005.

Jumiat, Aat, and Muhajir Muhajir. “Peran MGMP Dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru PAI SMP Di Rayon 01 Kabupaten Pandeglang (Studi Kasus Di MGMP PAI SMP Rayon 01 Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang).” Jurnal Qathruna, vol. 6, no. 1, 2019, pp. 21–42.

Kemenag. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. Kementerian Agama RI, 2000.

Kuntowijoyo. Perubahan Sosial Dalam Masyarakat Agraris Madura 1850-1940. Matabangsa, 2002.

Mastuhu, Mastuhu. Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Suatu Kajian Tentang Unsur Dan Niai Sistem Pendidikan Pesantren. INIS, 1994.

Muhajir. The Curriculum of Madrasah Aliyah in The National Education System in Indonesia: The Shift Analysis. 2019, pp. 345–49.

Mujab, Saiful. “Teknologi Quantum Ikhlas Dalam Pengelolaan Stres Untuk Meningkatkan ESQ Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah.” ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, vol. 6, no. 1, 2018, pp. 120–38.

Mustofa, Idam. Pendidikan Nilai Di Pesantren: Studi Tentang Internalisasi Pancajiwa Di Pondok Modern Darussalam Gontor Ponorogo. UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

Nafis, Muhammad Wahyuni. Pesantren Daar El-Qolam Menjawab Tantangan Zaman. Daar el-Qolam Press, 2008.

Purwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya, 1993.

Rahardjo, Dawam. Pesantren Dan Pembaharuan. LP3ES, 1995.

Rosyada, Dede. Paradigma Pendidikan Demokratis Sebuah Model Pelibatan Masyarakat Dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Kencana, 2004.

Sardiman, A. M. Interaksi Dan Motivasi Belajar. Rajawali Press, 2010.

Saud, Udin Syaefudin. Pengembangan Profesi Guru. Alfabeta, 2009.

Sobihah, Zulfatus. “Pendidikan Karakter (Akhlak) Menurut Perspektif Islam.” Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 4, no. 1, 2020, pp. 78–90.

Sujuthi, Mahmud. Politik Tarekat Qadiriyah Naqsabandiyah Jombang: Studi Tentang Hubungan Agama, Negara, Dan Masyarakat. Galang Press, 2001.

Suradi, Ahmad. “Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Pesantren Terhadap Penanaman Jiwa Keikhlasan Santri.” Jurnal At-Ta’dib, vol. 13, 2018, pp. 49–66.

---. “Transformasi Pondok Pesantren (Analisis Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Terhadap Penanaman Panca Jiwa Pondok Pesantren Kepada Santri Di Provinsi Bengkulu).” TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 12, no. 2, 2017, pp. 272–97.

Suryosubroto, B. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Rineka Cipta, 2010.

Susanto, Happy, and Muhammad Muzakki. “Perubahan Perilaku Santri (Studi Kasus Alumni Pondok Pesantren Salafiyah Di Desa Langkap Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo).” Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 2, no. 1, 2017, pp. 1–42.

Syarif, Zainuddin. Dinamisasi Manajemen Pesantren Dari Tradisional Hingga Modern. Sunan Kalijaga Press, 2007.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

---. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Wahyudiono, Eko. Peran Pondok Pesantren Terhadap Pengembangan Kecakapan Hidup Santri Di Pondok Pesantren Nurul Huda Desa Peleyan, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo Tahun 2011. 2011.

Zarkasyi, Imam. “Pondok Pesantren Modern Darussalam Gontor Tetap Mempertahankan Panca Jiwa Dan Motto.” Voa-Islam.Com, 2016.

Additional Files

Published

30-06-2022

How to Cite

Muhajir, M., & Aali Dawwas, A. Z. (2022). Pre-Service Teaching dan Ketaatan pada Kyai dalam Pengembangan Keikhlasan Santri di Pondok Pesantren Modern. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 89–106. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9137