Manajemen Pengembangan Mutu Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren Tasawuf

Authors

  • Endah Tejaningsih Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Mudofir Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia
  • Imam Makruf Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9096

Keywords:

manajemen mutu, madrasah berbasis pesantren, karakter lulusan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk; (1) mengidentifikasi profil lulusan madrasah berbasis pesantren tasawuf dan (2) mendeskripsikan manajemen pengembangan mutu lulusan yang efektif diterapkan. Riset dilakukan di MTs Serba Bakti Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya pada bulan Februari 2022. Data dikumpulkan dengan analisis dokumen dan wawancara dengan informan Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah, dan guru secara daring. Data divalidasi dengan triangulasi sumber dan dianalisis menggunakan interactive model. Hasil riset menunjukkan bahwa profil lulusan madrasah mengarah pada pembentukan kader pengamal, pengaman, dan pelestari Tariqah Qadiriyah Naqsyabandiyah (TQN). Untuk mewujudkan profil tersebut, kepala madrasah menerapkan manajemen mutu terpadu (TQM). Keterpaduan manajemen nampak dari perencanaan, pelaksanaan, sampai evaluasinya. Program diturunkan dari rumusan visi, misi, tujuan, dan kebijakan. Program pembinaan materi kepesantrenan menjadi satu kesatuan dengan program ekstrakurikuler dan kokurikuler. Semua pihak terlibat dalam pelaksanaan program baik di madrasah maupun di pesantren dengan terjadwal secara lengkap. Madrasah melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan amaliyah ibadah dan dzikir sesuai panduan TQN untuk mengukur capaian profil lulusan. Hasil riset ini memberikan implikasi bahwa manajemen mutu lulusan madrasah berbasis pesantren efektif jika dilakukan secara terintegrasi dengan prinsip-prinsip TQM

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, Maghfur, et al. “The Sufi Order Against Religious Radicalism in Indonesia.” HTS Teologiese Studies / Theological Studies, vol. 77, no. 4, 2021, pp. 1–11, doi:10.4102/hts.v77i4.6417.

Alam, Masnur. Model Pesantren Modern Sebagai Alternatif Pendidikan Masa Kini Dan Mendatang. Edited by Zulmuqim, Gaung Persada (GP) Press, 2011.

Amir, Amir. “Membangun Budaya Mutu Pada Lembaga Pendidikan Islam Menuju Madrasah Unggul.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, 2019, pp. 1–12, doi:10.33650/al-tanzim.v3i2.676.

Baharun, Hasan. “Konstruksi Pendidikan Karakter Di Madrasah Berbasis Pesantren.” Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, vol. 8, no. 1, 2018, pp. 149–73, doi:http://dx.doi.org/10.22373/jm.v8i1.2860.

Bashori, Bashori. “Kepemimpinan Transformasional Kyai Pada Lembaga Pendidikan Islam.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, 2019, pp. 73–84, doi:10.33650/al-tanzim.v3i2.535.

Basukiyatno, and Fitriyanto. “Effektivitas Ibadah Dalam Pengembangan Kecerdasan Spiritual Santri, Di Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.” Cakrawala: Jurnal Pendidikan, vol. 14, no. 2, 2021, pp. 1–10.

Besterfield, Dale H., et al. Total Quality Management. Third Edit, Dorling Kindersley (India), 2011.

CS, Nurhamzah, et al. “Metode Pencegahan Kekambuhan Luaran Rehabilitasi Berbasis Keagamaan Di Madrasah Tsanawiyah Serba Bakti Suryalaya.” Edutech, vol. 20, no. 3, 2021, pp. 300–17.

Dani Somantri, Muhamad, and Dahwadin Dahwadin. “The Message of Religious Moderation in Tanbih Qadiriyah Naqsyabandiyah (TQNs) Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.” Teosofia: Indonesian Journal of Islamic Mysticism, vol. 8, no. 1, 2019, pp. 51–68, doi:10.21580/tos.v8i1.4404.

Dewi, Ratna. “Konsep Zuhud Pada Ajaran Tasawuf Dalam Kehidupan Santri Pada Pondok Pesantren.” Mawa’izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusaan, vol. 12, no. 2, May 2021, pp. 122–42, doi:10.1111/amet.12914.

Farhan, Lalu Pattimura, and Prosmala Hadisaputra. “Tasawuf Pesantren: Jalan Menuju Revolusi Spiritual.” Al-Fikr: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 6, no. 2, 2020, pp. 53–64, doi:10.32489/alfikr.v6i2.74.

Indonesia, Presiden Republik. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tentang Standar Nasional Pendidikan. 2021, pp. 1–49, https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Salinan PP Nomor 57 Tahun 2021.pdf.

Junaedi, Jujun. “Tarekat Da’wah through the Islamic Educational Institutions at Pesantren Suryalaya.” Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, vol. 14, no. 2, 2020, pp. 363–88, doi:10.15575/idajhs.v14i2.10708.

Juran, Joseph, and A. Godfrey. Juran’s Quality Hanbook. Fifth Edit, McGraw-Hill, 1998.

Makruf, Imam. “Leadership Model in Integrated Islamic Educational Institutions.” Jurnal Pendidikan Islam, 2017, doi:10.14421/jpi.2017.62.331-348.

Masitoh, Siti, and Heri Khoiruddin. “Manajemen Pengendalian Mutu Pendidik Di Madrasah.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 2, no. 2, 2017, pp. 16–32, doi:10.15575/isema.v2i2.4999.

Miles, Matthew B., et al. Qualitative Data Analysis a Methods Sourcebook. SAGE Publications, Inc., 2014.

Nurdin, Arbain, and Akhmad Munir. “Formulasi Mutu Kurikulum Madrasah Unggulan Berbasis Pesantren Di Jember.” Journal of Islamic Education Research, vol. 1, no. 3, 2020, pp. 201–14, doi:10.35719/jier.v1i3.69.

Omachonu, Vincent K., and Joel E. Ross. Principles of Total Quality. Third Edit, CRC Press (Taylor & Francis Group), 2005, doi:10.2307/1271376.

Priatna, Tedi. “Total Quality Manajemen Untuk Peningkatan Mutu Madrasah.” Jurnal Isema : Islamic Educational Management, vol. 3, no. 1, 2018, pp. 1–14, doi:10.15575/isema.v3i1.3316.

Pyzdek, Thomas, and Paul Keller. The Handbook for Quality Management; A Complete Guide to Operational Excellence. Second Edi, McGraw-Hill, 2013.

Ramayulis, D. Administrasi Dan Manajemen Pendidikan Islam. 2017, p. 33.

Sallis, Edward. Total Quality Management in Education. Third Edit, Kogan Page Ltd, 2002, doi:10.4324/9780203423660_chapter.

Sugiyono. “Memahami Penelitian Kualitatif.” Bandung: Alfabeta, 2016.

---. “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif Dan Kombinasi (Mixed Methods).” Journal of Chemical Information and Modeling, 2016, doi:10.1017/CBO9781107415324.004.

Syuhud, Syuhud. “Partisipasi Dalam Pengambilan Keputusan Strategis Di Pondok Pesantren.” Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, vol. 3, no. 2, 2019, pp. 37–48, doi:10.33650/al-tanzim.v3i2.658.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

Wulandari, Anis, et al. “Implementasi Sistemik Pendidikan Karakter Di Lembaga Pendidikan Islam.” Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, vol. 14, no. 2, 2019, pp. 463–82.

Yasin, Nur, and Sutiah. “Penerapan Nilai-Nilai Tasawuf Dalam Pembinaan Akhlak Santri Pada Pondok Pesantren Miftahul Huda Gading Malang.” Al-Musannif: Journal of Islamic Education and Teacher Training, vol. 2, no. 1, 2020, pp. 49–68.

Yudhi, Fachrudin. “Model Pembinaan Karakter Santri Dalam Pendidikan Pesantren.” Dirasah : Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, vol. 3, no. 3, 2020, pp. 53–68, https://stai-binamadani.e-journal.id/jurdir/article/view/149.

Additional Files

Published

14-07-2022

How to Cite

Tejaningsih, E., Mudofir, & Makruf, I. (2022). Manajemen Pengembangan Mutu Lulusan Madrasah Berbasis Pesantren Tasawuf. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 218–230. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9096