Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan

Authors

  • Nada Shofa Lubis Universitas Cendekia Abditama, Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847

Abstract

Pendidikan akhlak sangat diperlukan bagi kehidupan manusia untuk kelangsungan hidup yang bertujuan untuk membangun akhlak manusia yang sesuai dengan tuntunan al-Qur’an dan Hadits. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontribusi lingkungan sekolah, kompetensi guru dan mutu pendidikan terhadap pembentukan akhlak siswa. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, teknik pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 siswa dari seluruh siswa Madrasah Aliyah, dan analisis dengan menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah berkontribusi positif terhadap akhlak siswa sebesar 26,9%, kompetensi guru berkontribusi positif terhadap akhlak siswa sebesar 38,4%, mutu pendidikan berkontribusi positif terhadap akhlak siswa sebesar 36,19%, dan lingkungan sekolah, kompetensi guru dan mutu pendidikan berkontribusi positif (49,4%) terhadap akhlak siswa di madrasah. Penelitian menyimpulkan bahwa lingkungan sekolah, kompetensi guru dan mutu pendidikan berkontribusi positif terhadap akhlak siswa di madrasah Aliyah. Penelitian ini berkontribusi dalam pengembangan akhlak siswa di masa depan dengan menerapkan lingkungan sekolah, kompetensi guru, dan mutu pendidikan di seluruh madrasah Indonesia.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Z. Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara. 2007.

Amin,M.S. Ilmu Akhlak. Jakarta: Amzah. 2016.

Aminuddin, et al., Pendidikan agama iskam untuk perguruan tinggi umum. Bogor: Ghalia Indonesia. 2005.

Arikunto, S. Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2014.

Dahlan,M (2016). Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlaq. Yogyakarta: CV.Budi Utama.

Daradjat, Z (2012) . Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta:PT.Bumi Aksara.

Fathurrohman, M. (2016) Pengembangan Budaya religius dalam Meningkatkan

Mutu Pendidikan, Jurnal Ta’allum, 4 (1), 1-24

Hasbullah (2013). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ismail I(2008). Ilmu Pendidikan Praktis. Ganeca Exact,2008. Kasmuri,Ihsan(2012), Akhlak Tasawuf. Jakarta: Kalam Mulia.

Juliantoro, M. (2017). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Hikmah, 5 (2), 24-38.

Komang, S.N. (2016). Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter melalui Peran

Orang Tua dalam Keluarga, Jurnal Penjamin Mutu, 2 (1), 14-27.

Kurniawan,S(2016). Pendidikan Karakter. Yogyakarta:Ar Ruzz Media.

Ngalimun (2017). Kapita Selekta Pendidikan. Yogyakarta:Parama Ilmu.

Noegroho, A. (2010). Teknologi Komunikasi. Jogyakarta: Graha Ilmu.

Nur, M., Harun, C.H., Ibrahim, S. (2016) Manajemen Sekolah Dalam

Meningkatkan Mutu Pendidikan, Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas Syiah Kuala, 4 (1), 1-11.

Ramayulis. Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Kalam Mulia. 2015.

Ramdhani, “Lingkungan Pendidikan Dalam Implementasi Pendidikan karakter”, Jurnal, Universitas Garut 8. 1 (2014): 1-11.

Selamat, K & Sanusi, I., Akhlak Tasawuf. Jakarta: Radar Jaya Offset. 2015.

Soemanto, W. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. 2003.

Suardi, et. al. Dasar-dasar Kependidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu. 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. 2017.

Syoviana, E., Afrizen., Gustituati, N., & Fitri, N. (2021). Peran Lingkungan Dalam

Meningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Dedikasi Pendidikan, 5(2), 395–402.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Pengembangan profesionalisme guru madrasah dengan penguatan konsep khalifah." Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies 4.1 (2020): 41-66. https://doi.org/10.21009/004.01.03.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

---. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tobing, P. L. Knowledge Management: Konsep, Arsitektur, dan Implementasi. Jogyakarya: Graha Ilmu. 2007.

Yusuf, S. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: PT. Remaja Rasdakarya. 2014.

Additional Files

Published

04-07-2022

How to Cite

Lubis, N. S. (2022). Pembentukan Akhlak Siswa di Madrasah: Kontribusi Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru, dan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 137–156. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8847