Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Eksplorasi Strategi BKPRMI pada Taman Pendidikan Al-Qur’an

Authors

  • Ismaidah Khoirunisaa Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Rusman Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia
  • Asrori Universitas Muhammadiyah Surabaya, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8679

Keywords:

Mutu manajemen, BKPRMI, taman pendidikan al-Qur’an, pendidikan Islam

Abstract

Pentingnya kontribusi sebuah organisasi Islam dalam mendukung kemajuan lembaga pendidikan Islam, baik formal, informal maupun nonformal sehingga berpengaruh terhadap kualitas kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia) dalam meningkatkan kualitas TKA-TPA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang melibatkan pihak Kementerian Agama Kota Tanah Bumbu, pengurus DPK BKPRI, dan 3 lembaga TKA-TPA. Data dikumpulkan menggunakan wawancara dan observasi serta dianalisis menggunakan teknik display data, reduksi data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa strategi yang dilakukan BKPRMI berhasil meningkatkan kualitas TKA-TPA, yaitu memberikan sosialisasi kepada TKA-TPA tentang pengajuan IJOP (Ijin Operasional) dan BOP (Bantuan Operasional Pendidikan) kepada Kementerian Agama, melaksanakan diklat dan standarisasi guru TKA-TPA, mengusulkan dana insentif kepada perangkat desa serta BPJS Ketenagakerjaan untuk guru TKA-TPA, dan melaksanakan munaqosyah dan safari wisuda santri serta FASI (Festival Anak Shaleh Indonesia) tingkat kecamatan. Penelitian ini berimplikasi pada pengembangan manajemen lembaga non-formal ditingkatkan di masa yang akan datang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hamid, Abdulloh. Pendidikan karakter Berbasis Pesantren: Pelajar dan Santri dalam era IT dan Cyber Culture. Imtiyaz, 2017.

Muhaimin, et al. Paradigma Pendidikan Islam: Upaya mengefektifkan pendidikan agama Islam di sekolah. Remaja Rosdakarya, 2001.

Mulyasa, Enco. "Manajemen pendidikan karakter." Jakarta: Bumi Aksara (2011): 165-189.

Zed, Mestika. Metode peneletian kepustakaan. Yayasan Obor Indonesia, 2004.

Agug, Agung. “Konsep Pendidikan Karakter Islami: Kajian Epistimologis” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam. 3.2 (2018).

Alhamuddin, Alhamuddin, and Fahmi Fatwa Rosyadi Satria Hamdani. "Hidden Curriculum: Polarisasi Pesantren dalam Upaya Membentuk Kesalehan Individu Dan Sosial." AL-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman 5.1 (2018): 50-65.

Asrori, Muhamad Abdul Roziq. "Perwujudan nilai-nilai strategis revolusi mental pendidikan pada kearifan lokal pesantren." Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan 14.1 (2017): 23-32.

Budiyanto, Mangun, and Imam Machali. "Pembentukan Karakter Mandiri Melalui Pendidikan Agriculture Di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta." Jurnal Pendidikan Karakter 2 (2014).

Dermawan, Andy. "Internalisasi Core Values Panca Jiwa Pondok Sebagai Budaya Organisasi (Studi Di Pesantren Putri Al-mawaddah, Coper, Ponorogo)." Jurnal MD 2.2 (2016).

Hidayat, Nur. "Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Di Pondok Pesantren Pabelan." Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan 2.1 (2015): 95-106.

Masqon, Dihyatun. "Dynamic of Pondok Pesantren as Indegenous Islamic Education Centre In Indonesia." Tsaqafah 7.1 (2011): 155-168.

Mu'minah, Najwa. "Character Building Dalam Konsep Pendidikan Imam Zarkasyi Ditinjau Dari Filsafat Moral Ibnu Miskawaih." Jurnal Filsafat 25.1 (2015): 100-133.

Masrur, Mohammad. "Figur Kyai dan Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren." Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 1.01 (2018): 272-282.

Nujhan, M. Rifai. "Makna Simbol Panca Jiwa (Analisis Semiotika Roland Barthes)." Jurnal Mediakita: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 3.1 (2019).

Puspitasari, Euis. "Pendekatan Pendidikan Karakter." Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi 3.2 (2016).

Sulaiman, Deded. "Manajemen Pendidikan Pesantren Modern dalam Pembentukan Karakter Anak: Studi Kasus pada Pondok Pesantren Modern Diniyyah Pasia Kabupaten Agam." Al-Fikrah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1.2 (2016): 133-140.

Sumardi, Kamin. "Potret Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Salafiah." Jurnal Pendidikan Karakter 3 (2012).

Suradi, A. "Transformasi Pondok Pesantren (Analisis Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Terhadap Penanaman Panca Jiwa Pondok Pesantren Kepada Santri di Provinsi Bengkulu)." Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 12.2 (2017): 272-297.

Tanshzil, Sri Wahyuni. "Model pembinaan pendidikan karakter pada lingkungan pondok pesantren dalam membangun kemandirian dan disiplin santri (Sebuah kajian pengembangan pendidikan kewarganegaraan)." penelitian-pendidikan 305 (2012).

Ummah, Fiena Saadatul. "Panca Jiwa Pondok Pesantren: Sebuah Analisis Kritis." Joies: Journal of Islamic Education Studies 2.2 (2017): 18-30.

Zuhriy, M. Syaifuddien. "Budaya Pesantren Dan Pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf." Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan 19.2 (2011): 287-310.

Additional Files

Published

30-06-2022

How to Cite

Khoirunisaa, I. ., Rusman, & Asrori. (2022). Pengembangan Mutu Lembaga Pendidikan Islam Non-Formal: Eksplorasi Strategi BKPRMI pada Taman Pendidikan Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 77–88. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8679