Internalisasi Pendidikan Karakter di Madrasah Diniyah Takmiliyah

  • Ahzab Marzuqi Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, Tulungagung, Indonesia
Keywords: Internalisasi, pendidikan karakter, Madrasah Diniyah

Abstract

Penelitian ini diangkat berdasarkan keumuman problem pendidikan formal yang selama ini dengan berbagai aksi dan evaluasi dalam menanamkann Pendidikan karakter belum memperoleh hasil yang maksimal. Hadirnya Lembaga pendidikan non formal Madrasah Diniyah diliputi dengan rangkaian kegiatan dan pembelajarannya berpotensi positif dalam merawat dan membentuk kedewasaan moral dan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan internalisasi Pendidikan karakter di Madrasah Diniyah. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Analisis keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa internalisasi pendidikan karakter di Madrasah Diniyah meliputi kegiatan sholat berjamaah, pembelajaran kitab kuning, pembiasaan dan keteladanan. Penelitian ini berimplikasi pada teori dan penelitian lebih lanjut mengenai internalisasi Pendidikan karakter di Madrasah Diniyah

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adib, Noblabana “Kebijakan Tentang Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Non Formal: Madrasah Diniyah Takmiliyah”, Jurnal Ilmiah Sustainable 2.1 (2019): 23-45. EISSN: 2615-6334

Akhsanulhaq, Moh “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan” Jurnal Prakarsa Pedagogia 2.1 (2019): 21-23. DOI : 10.24176/Jpp.V2i1.4312

Bahrudin Dan Moh Rifa’I, “Implementasi Pembelajaran Kitab Kuning Sebagai Upaya Pembenatukan Karakter Religious Santri ”, Jurnal Studi Pendidikan Islam: TA’LIM, 2.1 (2021): 2-10. DOI: Http://Dx.Doi.Org/10.21043/Edukasia.V11i1.810

Eko Prasetyo Utomo, “Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Ips Pada Siswa Smp Negeri Model Terpadu Bojonegoro” METAFORA, 2.2 (2016):91-104. Doi: Http://Dx.Doi.Org/10.31571/Sosial.V4i2.675

Fitri, Agus Zaenul Dan Nik Haryati, Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media. 2020.

Furhanudin, Ahmad Dan Muhajir,”Peran Kitab Kuning Dalam Pembentukan Pemikiran Pendidikan Islam Dan Karakter Santri Pada Pesantren Tradisional”, Jurnal Qathruna 7.1 (2020): 103-107. ISSN 2776-5563

Haeruddin. “Implementasi Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren An-Nurîyah Bonto Cini’ Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan.” Jurnal Pendidikan Agama Islam: Al-Thariqah 4.1 (2019): 2-6. DOI: https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2019.vol4(1).3203

Haibah, Mujahidatul Et Al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara”, Jurnal Pendidikan Agama Islam : Al-Thoriqah 5.6 (2020) 23-32 DOI: Https://Doi.Org/10.25299/Al-Thariqah.2020.Vol5(2).5341

Hendriana, Evinna Cinda Dan Arnold Jacobus,” Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan”, Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 1.2 (2016): 25-29. ISSN: 2477-8435

Irwandi, “Madrasah Diniyah Dalam Konteks Globalisasi (Problematika Dan Solusinya)”, Jurnal Pendidikan: PIONIR 6.7 (2017): 16-28 DOI: Http://Dx.Doi.Org/10.22373/Pjp.V6i1.3348

Istarani. 2012. Kurikulum Sekolah Berkarakter. Medan: Media Persada.

Kesuma, Dharma Cepi Triatna Dan Johar Permana. 2011. Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Kosim, Abdul “Internalisasi Pendidikan Karakter Berbasis School Culture”, Jurnal Wahana Karay Ilmiah_Pascasarjana (S2) PAI Unsika 3.1 (2019): 240-245.

Kosim, Mohammad “Urgensi Pendidikan Karakter”, KARSA 19.1 (2011): 86-74, E-ISSN 2442-4285

Kusnoto, Yuver “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidika”, Jurnal Pendidikan Sosial: Sosial Horizontal 4.2 (2017): 217-250

Kusumam,Destiara “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah”, Jurnal Kwarganegaraan 2.2 (2018): 34-40. E-ISSN: 2723-2328

M, Jamhuri, “Upaya Pendidikan Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Fiqih Di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum Pruten Ngembal Pasuruan”, Jurnal Pendidikan Agama Islam: Al-Murabbi 2.7 (2017): 311-315. E-ISSN (Online) : 2548-1371

Majid, Abdul Dan Dian Andayani. 2012, Pendidikan Karakter Persspektif Islam, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya,

Marwiyati, Sri, “Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan”, Jurnal Inovasi Guru RA : Thufula 9.2 (2020):153-156

Maunah, Binti “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa”, Jurnal Pendidikan Karakter, 5.1 (2015) 91-101. E-ISSN: 2527-7014

Mubin, Muhamad Sukron, “Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawaih Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi”, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran: Reforma 9.2 (2020): 114-121. E-ISSN: 2621-4172

Muhria, Lanlan,”Peran Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Dalam Pembentukan Mental Anak Yang Berakhlakul Karimah”, Jurnal Jendela Bunda 8.1 (2020): 49-59. ISSN: 2685:5649

Mujiwati, Yuniar, “Peranan Pendidikan Karakter Dalam Pembangunan Karakter Bangsa”, Jurnal Ilmiah Edukasi Dan Sosial 8.2 (2017): 165-170. ISSN: 2087-4804

Mulyasa, E. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter, Bandung: Rosdakarya

Muntaqo, Rifqi. “Tradisi Isra’ Mi’raj Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Generasi Millenial.” Jurnal Paramurobi 1.2 (2018): 4-7

Nadhroh, Fatikhatun,”Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuhur Berjamaah Dan Shalat Dhuha Di SDIT Mutiara Hati Banjarnegara”, Skripsi, IAIN Purwokerto .2018.

Nizah, Nuriyatun “Dinamika Madrasah Diniyah: Suatu Tinjauan Historis”, Jurnal Penelitian Pendidikan Islam: Edukasia 11.1 (2016): 181-184

Novianda Rhyski Et Al.,”Internalisasi Nilai Karakter Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah”FITRAH, 2.2 (2020): 15-20. E-ISSN 2722-7294

Prasetyo, Danang Et Al. “Pentingnya Pendidikan Karakter Melalui Keteladanan Guru”, Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN: Harmony 4.1 (2019): 45-50.

Https://Doi.Org/10.15294/Harmony.V4i1.31153

Puspitasari, Euis. “Pendekatan Pendidikan Karakter”, Jurnal Pendidikan Sosial Dan Ekonomi: EDUEKSOS 3.2 (2014): 78-80 EISSN: 2548-5008

Rachman , Athor Dan Ach. Maimun, “As Relegious Knowledge Institution Of Villager (A Study About The Role Of Mdt In East Gapura Village Gapura Sumenep)”, Jurnal ‘Anil Islam 9.1 (2016) : 57-94. Eissn: 2528-7532

Rasmuin, Saidatul Ilmi. “Strategi Implementasi Pendidikan Karakter Di Masa Pandemi Covid-19; Studi Kasus Di MAN 2 Banyuwangi”, Indonesian Journal Of Islamic Education Studies (IJIES) 4.1 (2021 17-36 Doi: Https://Doi.Org/10.33367/Ijies.V4i1.1629

Samani, Muchlas Dan Hariyanto, 2011, Konsep Dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Santika, I Wayan Eka, “Pendidikan Karakter Pada Pembelajara Daring”, Indonesian Values And Character Education Journal 3.1 (2020): 11-20. DOI: Http://Dx.Doi.Org/10.23887/Ivcej.V3i1.27830

Suharsono, Internalisasi Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Shalat Jamaah Di Masjid Mts Wahid Hasyim 02 Malang, Skripsi. UIN Malang. 2017.

Sukarno Et Al. “Implementasi Pendidikan Karakter Masa Pandemi COVID-19 Di Sekolah Dasar: Kajian Praksis” Jurnal Riset Pedagogik: Dwija Cendekia 5.1 (2021): 168-172. DOI: Https://Doi.Org/10.20961/Jdc.V5i1.53132

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini. “Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2015, doi:10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).145.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3527

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i4.30328

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

---. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Wakid, Abdul, “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Madrasah Diniyah”, Jurnal Tarbawi 15.1 (2018): 1-16. ISSN : 2088-3102

Wardi, Suhra, “Program Pembelajaran Madrasah Diniyah (Madin) Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Pengetahuan Agama Bagi Siswa Sekolah Umum”, Jurnal Pembelajaran Prospektif 4.2 (2019): 120-122

Widyaningsih Titik Sunarti Et Al, “Internalisasi Dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa SMP Dalam Perspektif Fenomenologis ”, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 2.2 (2014): 181-196. EISSN 2502-1648

Yahya, Safarudin Model Pendidikan Karakter Di Pondok Pesantren (Studi Kasus Di Pondok Modern Al-Syaikh Abdul Wahid Koya Baubau Sulawesi Tenggara), Tesis UIN Maulana Malik Ibrahim Malang .2016.

Yusuf, Syaifullah Dan Dzulkifli Hadi Imawan, “Kitab Kuning Dan Pembentukan Karakter Religius Muslim Indonesia ”, Jurnal Keislaman Dan Humaniora: ISLAMIKA INSIDE 6.1 (2020): 14-25. DOI: Https://Doi.Org/10.35719/Islamikainside.V6i1.116

Zaman, Badrus “Urgensi Pendidikan Karakter Yang Sesuai Dengan Falsafah Bangsa Indonesia”, Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam: Al-Ghazali 2.1 (2019): 17-19 E-ISSN : 2599-2724

Published
2022-06-30
Abstract viewed = 403 times
PDF downloaded = 0 times