Integrasi Wawasan Mitigasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Longitudinal Pada Sekolah Menengah Kejuruan

Authors

  • Ulmah Nurhayati Program Doktor Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang, Indonesia; Sekolah Menengah Pertama Karya Fajar Petir, Serang, Banten, Indonesia
  • Muhajir Muhajir Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang, Indonesia
  • Fauzul Iman Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8332

Keywords:

Integrasi Wawasan Mitigasi, Materi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Menengah Kejuruan

Abstract

Upaya mitigasi bencana dapat dilakukan melalui jalur Pendidikan. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan konteks pengintegrasian wawasan mitigasi dalam materi PAI. Penelitian ini bertujuan, untuk mengetahui pegembangan dan mengintegrasikan materi PAI berwawasan mitigasi di jenjang sekolah menengah ke dalam cakupan materi PAI yang relevan, serta mendesain Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah mix method, yaitu penelitian pustaka dan lapangan dan merupakan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya adalah pengumpulan data pustaka dan lapangan dengan menggunakan instrumen penelitian observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pengembangan materi pembelajaran PAI, dapat menambah pemahaman dan memunculkan kesadaran masyarakat khususnya bagi peserta didik, dengan pengintegrasian wawasan mitigasi ke dalam materi PAI, pendidik dan peserta didik dapat memiliki pemahaman yang cukup mengenai wawasan mitigasi bencana, untuk desain pembelajaran PAI pendidik cenderung memilih penerapan model-model pembelajaran aktif (active learning), diskusi dan demonstrasi, dengan tujuan siswa akan lebih cepat memahami dan tidak mudah lupa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad. “Analisis Ruang Lingkup Materi PAI yang Sesuai dengan Mitigasi.” 2021: 0.

Ahmad Nurzakiah. “Mitigasi Bencana Masuk Kurikulum Sekolah, Apa Kata Pakar Jerman?” DW Beranda Indonesia (2019): 5.

Al-Nashr, M. Sofyan. “Integrasi Pendidikan Siaga Bencana dalam Kuriukulum Madrasah Ibtidaiyah.” Magistra 6.2 (2015): 82–101.

Desfandi, Mirza. “Urgensi Kurikulum Pendidikan Kebencanaan Berbasis Kearifan Lokal di Indonesia.” Sosio Didaktika 1.2 (2014): 191–198.

Hasani, Tb. “Analisis Aspek Konten yang di Sajikan.” 2021: 0.

Jamil, Sophal. “Analisis Alokasi Waktu atau Kesesuaian Waktu dengan Kegiatan Pembelajaran.” 2021: 0.

Jamil, Sophal, and Maman Suherman. “Desain RPP PAI Berwawasan Mitigasi.” 2021: 1–5.

Kemendikbud, and RI. Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). Jakarta, 2017.

Kurniawati, NIa. “Pengembangan Materi PAI yang sesuai dengan Mitigasi di Kelas X.” 2021: 0.

M.Arif, Arifuddin. “Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam (PAI) Berwawasan Mitigasi Bencana Alam Pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Palu.” Diskursus Islam 7.3 (2019): 453–465.

Madafi. “Pengembangan Materi PAI yang Sesuai dengan Mitigasi di Kelas XI.” 2021: 0.

Melati, Siti Nenah, Ahmad Faisal, and Surya Wijaya. “Metode Pembelajaran PAI berwawasan Mitigasi dalam Proses Pembelajaran.” 2021: 0.

Musthofa, Zainal, and Setyabudi Indartono. “Disaster Mitigation Curriculum-Based on Local Wisdom to Support Sustainable Development Programs.” ICoSSCE 398.ICoSSCE 2019 (2020): 97–102.

Oktari, Rina Suryani, and Intan Dewi Kumala. “Improving Student Internalization of Disaster Knowledge by Participating in Learning Package Development.” Indonesia Journal of Community Engagement 6.3 (2020): 195–202.

RPP, Dokumen, and Maman Suherman. RPP SMKN 3 Kabupaten Pandeglang. 2021.

Sofiyan, S, F I Aksa, and S Saiman. “An Analysis Climate Change of the Curriculum in Indonesia.” ICMSE 1321.Juli (2019): 1–7.

Subagia, I Wayan, I Gusti Lanang Wiratma, and I Ketut Sudita. “Uji Coba Kurikulum Pendidikan Mitigasi Bencana Alam Gempa Bumi Berbasis Kearifan LOkal Masyarakat Bali di Sekolah Dasar.” Seminar Nasional Riset Inovatif II 2.ISSN: 2339-1553 (2014): 236–244.

Sudiartha, Gede et al. Jangan Panik (Beragam Cerita Praktik Baik Kebencanaan). 1st ed. Ed. Raditya Jati, M. Robi AMri, & Sri Dewanto Pinuji. Jakarta: Kemendikbud RI dan BNPB, 2018.

Suherawati, Wiwin. “Pengembangan Materi PAI di Jenjang Sekolah Menengah.” 2021: 0.

Suherawati, Wiwin, and Dedi Suherman. “Pengintegrasian Wawasan Mitigasi pada Materi PAI.” 2021: 0.

Suherman, Maman. “Analisis Aspek Perumusan Tujuan Pembelajaran.” 2021: 3 maret 2021.

Supartini, Eny, Novi Kumalasari, and Dian Andry. Membangun Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan dalam Menghadapi Bencana. 2nd ed. Ed. Novi Kumalasari et al. Jakarta: BNPB, 2017.

Susandi, Dedy Wara. “Menyusun Rencana Materi PAI Berwawasan Mitigasi.” 2021: 0.

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. PT Raja Grafindo Persada, 2013.

Astuti, Sri Andri. “Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Program Prezi pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah.” Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 4, no. 1, 2019.

El-Fatih, Syaifurrahman. Panduan Shalat Praktis & Lengkap. (Wahyu Qolbu, 2019.

Gabor Kiss. “MS Power Point vs Prezi in Higher Education.” Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, vol. 15, no. 3, 2016, pp. 126–30.

Haibah, Mujahidatul, et al. “Pembiasaan Membentuk Karaktek Peserta Didik Madrasah Miftahul Huda Musi Rawas Utara.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 5, no. 2, 2020, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5341.

Halifa Haqqi, Hasna Wijayati. Revolusi Industri 4.0 Di Tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, Da Transformasi Kehidupan Di Era Disruptif. Remaja Rosda Karya, 2019.

Kustandi, Cecep, Darmawan, Deddy. Pengembangan Media Pembelajaran. Kencana, 2020.

Nadirah, Yahdinil Firda. Psikologi Belajar Dan Mengajar. Media Madani, 2019.

Prasetiawan, Ahmad Yusuf, et al. “Sikap Keberagamaan Siswa Di Sekolah Islam Terpadu.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. Kalam Mulia, 2015.

Rasjid, Sulaiman. Fiqih Islam. Sinar Baru Algensindo, 2015.

Rusyfian, Z. Prezi Solusi Presentasi Masa Kini Untuk Pelajar, Mahasiswa, Dan Pebisnis. 1st ed., Informatika Bandung, 2016.

Sagala, Syaiful. Konsep Dan Makna Pembelajaran. Alfabeta, 2005.

Sanjaya, Wina. Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana, 2014.

Solikhah, Putri Irma. “Konsep Kurikulum Pendidikan Islam Berbasis Ketahanan Bencana.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, vol. 6, no. 2, 2021, https://doi.org/10.25299/al-thariqah.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta, 2017.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Charlina. “Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers.” International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 9, no. 4, 2020, doi:10.11591/ijere.v9i4.20677.

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. “Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, vol. 13, no. 1, 2021, doi:10.35445/alishlah.v13i1.552.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020). https://doi.org/10.17576/akad-2020-9002-03

Tambak, Syahraini, Amril Amril, et al. “Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on The Khalifah Concept.” Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4. 1 (2021), doi:10.31538/nzh.v4i1.1055.

Tambak, Syahraini. “Kebangkitan Pendidikan Islam: Melacak Isu Historis Kebangkitan Kembali Pendidikan Islam.” Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 2015, doi:10.25299/al-hikmah:jaip.2015.vol12(2).1458.

Tambak, Syahraini. “Metode Bercerita Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 1. 1 (2016): 1-26. https://doi.org/10.25299/althariqah.2016.vol1(1).614.

Tambak, Syahraini, Mawardi Ahmad, et al. “Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam Dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2020, doi:10.25299/al-thariqah.2020.vol5(2).5885.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu 21.2 (2021): 417-435.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709.

Tambak, Syahraini, et al. "Discussion method accuracy in Islamic higher education: the influence of gender and teaching duration." Jurnal Cakrawala Pendidikan 41.2 (2022): 507-520. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.40644

Tambak, Syahraini, et al. "Faith, Identity Processes and Science-Based Project Learning Methods for Madrasah Teachers." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 14.1 (2022): 203-216. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i1.1184

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 375-401. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v21i2.16

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78. doi:10.21831/cp.v39i1.26001.

---. “Strengthening Linguistic and Emotional Intelligence of Madrasah Teachers in Developing the Question and Answer Methods.” MIQOT: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 2019, doi:10.30821/miqot.v43i1.672.

Tyas, Rizki Arumnig, Pujianto, and Suyatna. “Volcanoes Disaster Risk Reduction in Science Education Curriculum A Systematic Review.” ICRIEM 528.Icriems 2020 (2020): 675–683.

Tyas, Rizki Arumning, Pujianto, and Suyanta. “Integrating disaster risk reduction with science education to student of junior Integrating Disaster Risk Reduction with Science Education to Student of Junior High School in Merapi Mountain Areas , Indonesia.” International Journal of Engineering Research and Technology 13.12 (2021): 4551–4557.

Widiawati, Tuti. “Pengembangan Materi PAI yang Sesuai dengan Mitigasi di Kelas XII.” 2021: 0.

Additional Files

Published

30-06-2022

How to Cite

Nurhayati, U., Muhajir, M., & Iman, F. (2022). Integrasi Wawasan Mitigasi Dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Longitudinal Pada Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 40–60. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).8332