Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim

Authors

  • Cristina Siti Rhomadhoni Universitas K.H. Abdul Wahab Hasbullah, Jombang, Indonesia
  • Siti Sulaikho Universitas K.H. Abdul Wahab Hasbullah, Jombang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).7239

Keywords:

iSpring Suite berbasis android, media pembelajaran, akidah akhlak

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran iSpring Suite pada kisah teladan Nabi Ibrahim. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A, B dan C pada MTsN 4 Nganjuk yang berjumlah 113 siswa. Jenis penelitian adalah RnD dengan model 4D Thiagarajan. Pengumpulan data menggunakan observasi, interview, dan angket. Angket validasi dinilai oleh ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Penilaian tersebut menggunakan skala Likert dengan ketentuan seperti sangat layak, layak, cukup layak, dan kurang layak. Hasil penilaian dari validasi ahli materi adalah 84,83% dengan kategori yang sangat layak, penilaian validasi dari ahli media adalah 73% dengan kategori layak, dan penilian validasi dari ahli bahasa adalah 94% dengan kategori sangat layak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, M. Yusuf, and Syahraini Tambak. "Hubungan metode tanya jawab dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 2.1 (2017): 89-110.

Ahmad, Mawardi, and Syahraini Tambak. "Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid Pada Pelajaran Fiqh." Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 15.1 (2018): 64-84.

Ahmad, Muhammad Yusuf, Syahraini Tambak, and Uswatun Hasanah. "Pengaruh Kecerdasan Emosional terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Thailand." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 15.2 (2018): 16-30

Damayanti, Almira Eka, et al. “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android Pada Materi Fluida Statis.” Indonesian Journal of Science and Matematics Education, vol. 1, no. 1, 2018, pp. 63–70.

Dedi Wahyudi. Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya,. lintang rasi aksara books, 2017.

Gasc, Antonio, et al. “Analisis Respon Siswa Dan Guru Terhadap Penggunaan Multimedia Interakrif Dalam Proses Pembelajaran Matematika.” Photosynthetica, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 1–13, http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht.

Haryanto. “The Utilization Of Multimedia For Character Building.” Curriculum and Education Technology FIP UNY, 2002.

Joenaidy, Abdul Muis. Konsep Dan Strategi Pembelajaran Diera Revolusi Industri 4.0. Edited by Junaidy awanie, laksana, 2019.

Maryana, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan.” Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 3, 2019, pp. 53–61, https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1455.

Nurhairunnisa. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahamn Konsep Matematika Pada Siswa Kelas X.” Tesis UNY, 2017.

R.Tamami. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Powerpont Untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus.” Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, vol. 1(1), 2014, pp. 1–12.

Ramen A Purba, Dkk. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Edited by Alex Rikki, 2021.

Subahri, Subahri. “Aktualisasi Dalam Pendidikan.” ISLAMUNA; Jurnal Studi Islam 2, vol. 2, 2015, p. 169.

Sugiono. Metode Kuantitatif, Kualitatif, Dan RnD, Alfabeta. 2014.

Susanti, Elvia, et al. “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, vol. 4, no. 1, 2020, p. 179, doi:10.29240/jba.v4i1.1406.

Zuhari, Dkk. “Metodik Khusus Pendidikan Agama; Dilengkapi Dengan Sistem Modul Dan Permaianan Simulasi.” Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya Dan Usaha Offset Printing, 1983, p. 27.

Damayanti, Almira Eka, et al. “Kelayakan Media Pembelajaran Fisika Berupa Buku Saku Android Pada Materi Fluida Statis.” Indonesian Journal of Science and Matematics Education, vol. 1, no. 1, 2018, pp. 63–70.

Dedi Wahyudi. Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya,. lintang rasi aksara books, 2017.

Gasc, Antonio, et al. “Analisis Respon Siswa Dan Guru Terhadap Penggunaan Multimedia Interakrif Dalam Proses Pembelajaran Matematika.” Photosynthetica, vol. 2, no. 1, 2018, pp. 1–13, http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0Ahttp://link.springer.com/10.1007/978-3-319-93594-2%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/B978-0-12-409517-5.00007-3%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.jff.2015.06.018%0Ahttp://dx.doi.org/10.1038/s41559-019-0877-3%0Aht.

Haryanto. “The Utilization Of Multimedia For Character Building.” Curriculum and Education Technology FIP UNY, 2002.

Hamzah, Desi Sukenti, Syahraini Tambak, and Wisudatul Ummi Tanjung. "Overcoming self-confidence of Islamic religious education students: The influence of personal learning model." Journal of Education and Learning (EduLearn) 14.4 (2020): 582-589.

Hamzah, Hamzah, Syahraini Tambak, and Nella Ariyani. "Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Kepribadian Islam Siswa di SMA Negeri 2 Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu." Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan 14.1 (2017): 76-95.

Joenaidy, Abdul Muis. Konsep Dan Strategi Pembelajaran Diera Revolusi Industri 4.0. Edited by Junaidy awanie, laksana, 2019.

Maryana, et al. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Powerpoint Dan.” Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, vol. 2, no. 3, 2019, pp. 53–61, https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proximal/article/view/1455.

Nurhairunnisa. “Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahamn Konsep Matematika Pada Siswa Kelas X.” Tesis UNY, 2017.

R.Tamami. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif (MPI) Powerpont Untuk Visualisasi Konsep Menggambar Grafik Persamaan Garis Lurus.” Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, vol. 1(1), 2014, pp. 1–12.

Ramen A Purba, Dkk. Media Dan Teknologi Pembelajaran. Edited by Alex Rikki, 2021.

Subahri, Subahri. “Aktualisasi Dalam Pendidikan.” ISLAMUNA; Jurnal Studi Islam 2, vol. 2, 2015, p. 169

Sukenti, Desi, Syahraini Tambak, and Ermalinda Siregar. "Learning Assessment for Madrasah Teacher: Strengthening Islamic Psychosocial and Emotional Intelligence." AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 13.1 (2021): 725-740.

Sukenti, Desi, and Syahraini Tambak. "Developing Indonesian Language Learning Assessments: Strengthening the Personal Competence and Islamic Psychosocial of Teachers." International Journal of Evaluation and Research in Education9.4 (2020): 1079-1087.

Susanti, Elvia, et al. “Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa.” Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, vol. 4, no. 1, 2020, p. 179, doi:10.29240/jba.v4i1.1406.

Tambak, Syahraini. "Pendidikan Agama Islam; Konsep Metode Pembelajaran PAI." (2014).

Tambak, Syahraini. "The Method of Counteracting Radicalism in Schools: Tracing the Role of Islamic Religious Education Teachers in Learning." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 45.1 (2021): 104-126.

Tambak, Syahraini. "Metode bercerita dalam pembelajaran pendidikan agama Islam." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 1.1 (2016): 1-26.

Tambak, Syahraini, M. Yusuf Ahmad, and Desi Sukenti. "Strengthening Emotional Intelligence in Developing the Madrasah Teachers’ Professionalism (Penguatan Kecerdasan Emosional dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru Madrasah)." Akademika 90.2 (2020).

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening Islamic behavior and Islamic psychosocial in developing professional madrasah teachers." Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmiah Pendidikan 39.1 (2020): 65-78.

Tambak, Syahraini, et al. "Profesionalisme Guru Madrasah: Internalisasi Nilai Islam dalam Mengembangkan Akhlak Aktual Siswa." Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah 5.2 (2020): 79-96.

Tambak, Syahraini, Amril Amril, and Desi Sukenti. "Islamic Teacher Development: Constructing Islamic Professional Teachers Based on the Khalifah Concept." Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam 4.1 (2021): 117-135.

Tambak, Syahraini, Muhammad Yusuf Ahmad, and Hamzah. "Pelaksanaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada MTs Negeri di Kota Pekanbaru." Al-Hikmah 11.1 (2014): 30-60.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Kontribusi Motivasi Mengajar dan Kecerdasan Emosional dalam Penggunaan Metode Ceramah Guru Madrasah Tsanawiyah." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 10.1 (2020): 143-156.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Strengthening linguistic and emotional intelligence of madrasah teachers in developing the question and answer methods." MIQOT: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman 43.1 (2019): 111-129.

Tambak, Syahraini, and Desi Sukenti. "Exploring Methods for Developing Potential Students in Islamic Schools in the Context of Riau Malay Culture." ICoSEEH 2019 4 (2020): 343-351.

Tambak, Syahraini, et al. "Internalization of Islamic Values in Developing Students' Actual Morals." JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 10.4 (2021): 690-709

Tambak, Syahraini. Profesionalisme Guru Madrasah. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2020.

Tambak, Syahraini. "Metode ceramah: Konsep dan aplikasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam." Jurnal Tarbiyah 21.2 (2014): 78-96.

Tambak, Syahraini, et al. "Professional Madrasah Teachers in Teaching: The Influence of Gender and the Length of Certification of Madrasah Teachers." Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan (2021): 417-435.

Zuhari, Dkk. “Metodik Khusus Pendidikan Agama; Dilengkapi Dengan Sistem Modul Dan Permaianan Simulasi.” Biro Ilmiah Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Surabaya Dan Usaha Offset Printing, 1983, p. 27.

Ramadhani.D.,Fatmawati.E.,Oktarika.D. 2019. Pelatihan Pembuatan MediaEvaluasi dengan Menggunakan Ispring Suite 8 di SMA Wisuda KotaPontianak. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.3. No.1

Kusuma.R.N., Mustami.K.M., Jumadi.O. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Powerpoint Ispring Suite 8 pada Konsep Sistem Eksresi di Sekolah Menengah Atas.

Juraev, A.R. 2019. Using The Ispring Sui Using The Ispring Suite Software To Evaluate Future Teachers Professional Competencies. Central Asian Problems of Modern Science and Education. Vol 4. NO.2

H. Asnawir dan M. Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, (Cet. I; Jakarta: Ciputat Pers, 2002), h. i.

Azhar Arsyad, Media Pembelajaran, (Cet. XIII; Jakarta: PT. Rajagrafindi Persada, 2010), h. 3.

Nana Sudjana, Media Pembelajaran, (Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1990), h. 37.

Additional Files

Published

30-06-2022

How to Cite

Siti Rhomadhoni, C. ., & Sulaikho, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran iSpring Suite Berbasis Android Pada Kisah Nabi Ibrahim. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 1–17. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).7239